CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebf473eaf7e9303e15a1b5d/jangan-asal-cabut-aki-ecu-bisa-teriset-bikin-elektrikan-error

Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikal Error

Engine Control Unit (ECU) adalah alat control elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan serangkaian actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti: ignition dan injection. Secara singkat, ECU merupakan otak dari suatu kendaraan yang telah di-computerize. Selain sebagai fungsi control, ECU juga berfungsi sebagai alat protection system pada suatu kendaraan. Jika terdapat sesuatu hal yang aneh, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada ECU untuk mematikan seluruh sistem yang ada pada kendaraan tersebut.
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error

Sumber Gambar : Google

Setiap pengguna kendaraan roda empat pasti pernah dan akan mengalami proses yang di namakan penggantian suku cadang yakni aki, tetapi untuk beberapa kendaraan penggantian aki tidak boleh asal cabut saja loh.

Misal, untuk kendaraan modern yang mengandalkan fitur full elektrikal, untuk penggantian mobil - mobil seperti ini tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan terjadinya error pada sistem eletrikan mobil tersebut.

Terisetnya ecu akan mengakibatkan beberapa terjadinya error yang di timbulkan, ecu sendiri layaknya otak, pemprograman eletrikan tersimpan di sana, hal umum jika ecu teriset biasanya jendela mobil tidak mau terbuka, jam pada dashboard mobil menjadi ngaco, semprotan bahan bakar menjadi tidak normal (Boros bahkan Kering) dan lainnya.

Untuk memperbaiki ecu yang teriset harus menggunakan Tools Bengkel dan Tools tersebut harus di jalankan dengan mekanik yang berpengalaman sehingga aman.
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error
Sumber Gambar : Google


Lalu bagaimana untuk mengganti aki mobil modern yang sudah menggunakan fitur full eletrikal dan ecu tidak teriset? ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Ganti Aki Di Bengkel Spesialis Aki
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error

Sumber Gambar : Google

Datanglah ke bengkel spesialis aki yang terpercaya, serta di lengkapi dengan alat yang lengkap, minimal yang di miliki adalah alat Battery Tester. Sebelum kamu membeli dan mengganti aki tanyakan terlebih dahulu kepada mekanik di bengkel tersebut tentang Terisetnya aki saat penggantian, jika mekanik tersebut menjelaskan dengan detail di pastikan bengkel itu adalah bengkel yang dapat di percaya.

Keuntungan kamu mengganti di Bengkel Spesialis Aki tentu akan menghemat pengeluaran isi dompet kamu ketimbang datang ke bengkel resmi, karena harga aki yang lebih murah, serta pasti ada keunggulan dalam pelayanannya seperti Bergaransi resmi, Gratis antar dan pasang, Potongan harga tukar tambah, dll.

Biasanya beberapa bengkel spesialis aki mempunyai SOP dan tata cara proses penggantian aki untuk menghindari sistem eletrikal Error.

2. Pergih Ke Bengkel Resmi
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error

Sumber Gambar : Google

Dengan cara ini kamu dapat dengan tenang untuk penggantian aki mobil yang telah menerapkan fitur full eletrikal, yup tentu mekanik di sana pasti telah di bimbing untuk memahami tentang persoalan ecu yang teriset, namun tentu harga nya juga jauh lebih mahal ketimbang kamu datang ke Bengkel Spesialis Aki.

3. Minta Jasa Kepada Orang Yang Berpengalaman
Jangan Asal Cabut Aki, Ecu Bisa Teriset Bikin Elektrikan Error

Sumber Gambar : Google


Cara ini memang tidak terlalu efisien karena tidak adanya jaminan, namun jika kamu telah mempercayai orang tersebut tidak masalah, bahkan bisa lebih menghemat pengeluaran isi dompet kamu.

Pada prinsipnya, ECU di mobil atau motor yang sudah terintegrasi dengan sistem kelistrikan, itu wajib tak kehilangan tenaga. Jika kehilangan pasokan tenaga, maka akan membuat ECU harus disetel ulang.

Jadi untuk kamu jangan asal mengganti aki, memang terlihat mudah tinggal kendurkan baut dan lepaskan, namun akan banyak kerugian yang di timbulkan jika mengganti aki mobil yang telah menerapkan fitur eletrikal, untuk menyetel ulang ecu yang teriset biasanya kamu akan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit jumlahnya.


Nah itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada kamu, semoga bermanfaat ^_^
Diubah oleh akibosch
ane setiap ganti fiter solar (innova diesel) selalu cabut kabel minus accu.....sampe sekarang nggak apa2 tuh....trus power window dan jam tidak ada hubungannya dengan ecu.
Lihat 1 balasan
Bentuk solusi dari orang dagang sih

emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di