CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Membuat Konten Positif Yang Efektif Bersama Bang Oktora (Siberkreasi)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebea855337f93160e14b69b/membuat-konten-positif-yang-efektif-bersama-bang-oktora-siberkreasi

Membuat Konten Positif Yang Efektif Bersama Bang Oktora (Siberkreasi)

Membuat Konten Positif Yang Efektif Bersama Bang Oktora (Siberkreasi)

Hai agan dan sista!
Siang tadi aku bersama Kumpulan Emak-Emak Blogger mengadakan aktivitas KEBelajar bersama bang Oktora (Siberkreasi) yang membahas dan sharing mengenai sebuah konten yang positif namun efeketif.

Efektif disini dimaksudkan adalah konten tersebut tersampaikan kepada audience. Sehingga bang Tora mengatakan kalo saat kita membuat konten itu harus tau sasaran audience seperti apa yang akan kita sasar. Karena saat ini sudah banyak sekali berbagai jenis konten dan langsung mencuri perhatian audience yang kebanyakan kontennya itu kurang posiitf.

Artinya konten prank, membuat sebuah kontroversial sehingga mengundang beberapa orang untuk menonton atau meng-klik nya sehingga atensi audience mau ga mau akan berpusat pada orang tersebut. Namun ya itu terkadang hanya berlaku sementara waktu, tidak dalam jangka panjang karena tentu ekosistem dari sebuah konten itu juga memiliki kadar kualitas.

Disini aku menangkap bahwa bang Tora itu melakukan berbagai macam reset untuk membuat kontennya dalam sosial media. Dan jujur aja kita ini sedang berada fase dimana orang-orang atau netizen ini butuh atensi hanya 8 detik saja. Jadi, curilah atensi orang-orang itu untuk bisa terpikat sama konten kita, apalagi seorang blogger, yang mengandalkan tulisan, bisa memanfaatkan quoted atau alinea pertama yang mengundang orang tersebut untuk meneruskan membacanya hingga akhir dan betah berlama-lama pada home atau website kita.

Saat ini hadirnya social media itu sebagai rujukan dari bagaimana kita bisa melakukan branding diri. Kita ini dikenal sebagai apa sih. Makanya ketika Facebook itu hadir seperti majalah, artinya yang menarik-menarik saja seperti orang akan datang ketika melihat kapan si A ulang tahun, lalu twitter itu ibarat seperti Newspaper dengan banyak hadirkan thread-thread informatif dan bisa kita layangkan website kita di laman tiwtter kita ketika tensi follwer kita itu banyak interaksi disana.

Bagaimana dengan instagram dan juga Youtube yang sangat mengandalkan visual ini? tentu sangat butuh sebuah trick copywriting yang baik dari kalimat awal sebagai opening yang menarik perhatian orang untuk memberikan like, yang paling utama memang kualitas dari foto yang kita suguhkan itu. 

Bahkan, kita bisa saling mempromote postingan kita misal, kita ingin mempromote postingan blog kita melalui laman Youtube atau Tiktok, bikinlah sekreatif mungkin video singkat dan pendek mengenai apa yang sedang kita bahas mengenai tema dalam blog tersebut dan mempromosikan di kedua laman tersebut.

Lalu bang Tora juga memberikan insight yang bagus banget dan selalu aku ingat nih mengenai interaksi hingga kepada fanbase. Ada orang yang membuat konten, namun tidak begitu melihat kuantitas angka jumlah follower nya, tapi melihat bagaiman ia menyuguhkan konten yang sampai dihati audience nya dan lama-lama pengikutnya akan bergerak secara organik. Begitu juga dengan engagement dalam instagram yang perlu diperhatikan ketika kita sudah mau ada di ranah digital, baiknya after post itu kita diam sejenak selama satu jam untuk bisa membalas atau berinteraksi dengan komennya tersebut, hingga kemungkinan postingan kita akan naik, karena bagusnya engegement kita.

Bang Tora juga mencontohkan RIa Ricis, yang tidak akan lebih dari satu jam ketika bang Tora DM kepada beliau, akan selalu dibalas. Waw kece banget!

Dan melihat ekosistem dari pergerakan dan perubahan masyarakat saat ini selama dua bulan melakukan kegiatan dari rumah yang pada awalnya mungkin fokus pada beres-beres rumah, namun saat ini sudah mencari kegiatan yang menghibur dan ga membuat ia menjadi boring selama di rumah aja. 

Kehadiran media juga membuat kita saat ini homeless media lho, artinya kita bisa branding diri kita menggunakan media-media besar dan menitipkan brand nama kita atau webiste kita. Ini cukup work pada beberapa orang-orang yang aku kenal sebelum ia hits dengan blog nya, karena cukup terkenal melalui laman platform sebuah media karena kontennya yang dibagikan selalu ditunggu-tunggu oleh audience. 

Gimana agan dan sis, semoga postingan share aku dari hasil menimba ilmu bersama KEB dan juga bang Tora ini dapat memberikan insight baru buat agan dan sis ya!


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di