CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Makin Ngebut: 5+ Cara Jitu Meningkatkan Performa Laptop
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebea5f95cf6c414207aa396/makin-ngebut-5-cara-jitu-meningkatkan-performa-laptop

Makin Ngebut: 5+ Cara Jitu Meningkatkan Performa Laptop

Makin Ngebut: 5+ Cara Jitu Meningkatkan Performa Laptop

Sering kali kita kesal karena laptop kita miliki terasa lambat. Apalagi disaat kita sedang mengejakan tugas yang harus segera diselesaikan atau mengerjakan perkerjaan yang dikejar deadline. Hal itu akan sangat menghambat.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara meningkatkan performa laptop. Cara ini bisa dilakukan di berbagai jenis laptop, komputer maupun notebook dan di berbagai sistem operasi seperti Windows 7, Window 8, Windows 10, Linux, Mac dan yang lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Untuk meningkatkan kinerja atau kecepatan laptop, lakukan beberapa hal yang di bawah ini.

1. Merawat Media Penyimpanan

Media penyimpanan merupakan alat vital pada perangkat laptop yang biasanya menggunakan HDD atau SSD. Semua program aplikasi dan bahkan sistem operasi disimpan di media penyimpanan ini.

Tidak hanya menjadi media penyimpanan data dan aplikasi saja, media penyimpanan juga berguna untuk menyimpan cache dan data pemprosesan pada suatu aplikasi atau sistem operasi.

Bagaimana cara merawatnya?Lihat selengkapnya...

2. Uninstal Program Yang Tidak Terpakai

Coba sekarang cek di laptop anda, apakah terdapat program aplikasi yang sudah tidak terpakai atau memang tidak pernah dipakai sama sekali?

Sebaiknya uninstal saja aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan ruang pada media penyimpanan laptop anda. Hal ini juga bertujuan untuk mempercepat kinerja laptop saat booting. Lihat selengkapnya...

3. Instal Aplikasi Sesuai Spesifikasi

Akan menjadi percuma jika kita menginstal aplikasi atau game yang melebihi spesifikasi dari laptop yang kita miliki. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan laptop itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tidak akan merasa nyaman dalam menggunakannya.

Memaksa laptop untuk menjalankan aplikasi yang melebihi kemampuannya akan menyebabkan laptop menjadi panas. Panas tersebut biasanya ditimbukan oleh pemprosesan data di dalam RAM, HDD, VGA dan prosesor. Lihat selengkapnya...

4. Memilih Sistem Operasi yang Sesuai

Kebanyakan orang selalu menggunakan sistem operasi yang terbaru tanpa melihat spesifikasi laptopnya. Contohnya adalah menggunakan sistem operasi Window 10 dengan prosesor Intel Atom. Meskipun hal ini bisa untuk dilakukan, laptop tidak akan menjalankan sistem operasi dengan baik. Lihat selengkapnya...

5. Gunakan Anti Virus yang Sesuai

Kalau saya menginstal 10 anti virus di laptop saya apakah itu semakin bagus?

Tentu saja tidak. Hal tersebut malah akan memperlambat laptop anda. Karena 10 aplikasi akan berjalan sekaligus.

Perlu anda ketahui, tugas utama dari aplikasi anti virus adalah melindungi sistem secara berkala dari aktivitas yang ditimbukan oleh virus komputer. Oleh kerena itu, aplikasi anti virus akan terus berjalan di belakang layar. Lihat selengkapnya...

6. Upgrade Hardware Laptop

Meng-upgrade perangkat merukan cara paling efektif dalam meningkatkan performa laptop.

Jika sudah merasa bahwa perangkat anda sudah lambat dan jadul, sebaiknya anda menggantinya dengan yang lebih baik. Contohnya seperti mengganti HDD ke SSD atau menambah kapasitas RAM jika tersedia slot RAM tambahan di laptop anda.

Diubah oleh fanesahadi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di