CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe9419f4d6953e8261ee7e/hewan-vertebrata-terkecil-dari-jenisnya-hewan-bertulang-belakang-terkecil

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)

   Kita tahu kalau dalam dunia hewan itu ada subfilum hewan vertebrata (bertulang belakang). Di dalam vertebrata itu ada 5 jenis hewan yaitu mamalia (hewan menyusui), burung,reptilia (hewan melata), amphibia (hewan yang hidup di dua alam) dan ikan. Seperti apakah jenis yang terkecil dari masing-masing 5 jenis itu? Kita simak bersama.



Mamalia terkecil
Tikus Celurut Etruskan


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

      Mamalia (hewan menyusui) ini termasuk jenis dari celurut, dengan nama latin Suncus etruscus.Dalam bahasa inggris disebut etruscan shrew atau etruscan pygmy shrew. Berat badannya cuma 1,3 - 2,5 gram dengan panjang tubuh 3 - 5,2 cm. Meskipun kecil, tapi jumlah makanan yang di makan hewan ini adalah 2x berat badannya setiap harinya, karena metabolisme tubuhnya sangat cepat hingga harus makan terus menerus. 

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

     Makanannya adalah invertebrata (hewan tak bertulang belakang) kecil, seperti serangga dan siput. Tapi kebanyakan mangsanya adalah serangga. Mampu berburu mangsa yang sama besar dengan tubuhnya. Hewan ini tersebar luas di benua Afrika, Eropa, Asia, sampai ke Asia Tenggara. Meskipun tersebar luas, tapi hewan ini sangat jarang dijumpai dimanapun.

source



Burung terkecil
Kolibri Lebah


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

   Hewan bernama latin Mellisuga Helenae ini yang jantan cuma seberat 1,95 gram dan panjang tubuhnya 5,5 cm. Sedangkan yang betina lebih besar, yaitu seberat 2,6 gram dan panjang  6,1cm. Dalam bahasa inggris, burung ini dikenal dengan nama Bee Hummingbird, Zunzuncito, atau Helena Hummingbird. Hewan ini adalah spesies endemik yang hanya terdapat di kepulauan negara Kuba dan pulau Isla de la Juventud. 

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

     Makanan utamanya adalah nektar bunga, dan kadang juga memakan serangga. Burung ini juga berperan penting dalam penyerbukan tanaman buah. Dalam 1 hari, burung ini bisa mengunjungi sekitar 1500 bunga. Burung ini berwarna indah, dengan warna hijau du punggung, tergantung sudut cahaya, terkadang bisa terlihat berwarna biru. Bagian dada berwarna putih. Pada yang jantan ada warna merah terang di leher. Ujung ekor pada yang betina berwarna putih.

Source



Reptil terkecil
Bunglon Brookesia Micra


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

  Hewan yang bernama latin Brookesia Micra ini cuma sepanjang  29mm. Termasuk dalam subordo iguana. Bunglon ini adalah spesies endemik yang hanya ada di pulau Madagaskar. Pada tanggal 14 Februari 2012, hewan ini dinobatkan sebagai bunglon terkecil dan juga reptil terkecil didunia

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

Diet makanannya ada serangga yang sangat kecil. Pada siang hari, hewan ini bersembunyi dibawah daun-daunan kering di atas tanah, dan pada malam hari, hewan ini memanjat pohon untuk tidur. Populasinya sekarang terancam punah karena kerusakan habitat.

Source



Amphibi terkecil
Katak Paedophryne amauensis


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

   Hewan yang mampu hidup di dua alam ini cuma sepanjang 7,7mm. Katak ini merupakan spesies endemik yang hanya ditemukan di Papua Nugini. Hidup di bawah daun-daunan basah di dasar hutan. Memakan berbagai macam serangga kecil. Hewan ini Termasuk jenis spesies yang baru. 

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

    Spesies  ini ditemukan pada Desember 2009 dan dikenalkan pada khalayak umum pada Januari 2012. Katak ini adalah pemegang rekor untuk katak terkecil didunia, sekaligus rekor hewan bertulang belakang terkecil didunia.

source



Ikan terkecil
Ikan Paedocypris Progenetica


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

      Dari jenis ikan goby, ikan ini hanya memiliki panjang 7,9 milimeter untuk betinanya dan rata-rata 9,8 milimeter untuk jantannya. Memiliki tubuh memanjang serta tembus pandang (transparan). Ikan kecil ini dtemukan di rawa gambut pulau Sumatera, dan pulau Bintan. Paedocypris progeneticamemiliki keunikan yaitu mampu bertahan hidup ketika musim kering dengan cara berlindung di genangan air dangkal di rawa-rawa.

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

    Ikan ini hidup dengan mengkonsumsi plankton di dasar rawa berair gelap kecoklatan, tempat mereka hidup. Hewan ini terancam kepunahan oleh kerusakan habitat hidup mereka akibat tindakan manusia.

source



BONUS


Primata terkecil
Lemur  Tikus Berthe


Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic


  Lemur kecil ini termasuk ke dalam spesies primata (kera) yang bernama latin Microcebus berthae. Dalam bahasa inggris sering disebut Madame Berthe Mouse Lemur. Panjang tubuhnya cuma 9,2 cm dengan berat tubuh 30 gram. Primata endemik ini hanya bisa di temukan di hutan Kirindy, di pulau Madagaskar sebelah barat. 

Hewan vertebrata terkecil dari jenisnya. (hewan bertulang belakang terkecil)
pic

    Lemur ini sangat terkenal karena keunikan dan kelucuannya. Hewan ini adalah salah satu dari banyak spesies lemur Malagasy yang kondisinya rentan kepunahan karena perubahan lingkungan.

Source


Semoga nggak repost

profile-picture
profile-picture
profile-picture
beqichot dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mbahjoyo911
emoticon-Wakaka Geli lihat tikusnya cuk!
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Diubah oleh panjialiansyah
Kataknya bisa kecil banget gitu yak..
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Quote:


Itu celurut gan..
Cuma lihat bentuknya aja udah bikin geli..
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Quote:


Yaa namanya aja hewan terkecil gan..
emoticon-Cape d...
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Tikus demenan orang Tomohon.
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Quote:

Mungkin lain padang lain belalang kali gan..
emoticon-Bingung
profile-picture
beqichot memberi reputasi
anjir yang katak kecil pake banget yak
...yg bunglon imut parah
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Quote:

Gedenya cuma seujung kuku itu gan..
profile-picture
beqichot memberi reputasi
waduh imut2 ya kayak bayi kelihatannya emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Itu burung kecil bgt emoticon-Big Grin

Trit nambah pengetahuan ini emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Quote:


Padahal udah dewasa itu gan.. ukuran maksimal segitu..

Quote:


Makasih gan udah mampir..
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Nunut nyendoli.....emoticon-Wakaka
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
Quote:

maturnuwun..
dawetnya nggak sekalian gan?
emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di