CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Cara Kerja dan Sistem Koperasi Simpan Pinjam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe90edc8393a0e1f1cdd13/cara-kerja-dan-sistem-koperasi-simpan-pinjam

Cara Kerja dan Sistem Koperasi Simpan Pinjam

Sistem koperasi simpan pinjam bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya dengan cara meminjamkan sejumlah dana ke sesama anggota dengan bunga ringan. Koperasi simpan pinjam secara garis besar mengumpulkan dan menyimpan dana para anggotanya lalu meminjamkannya ke anggota yang memerlukan dengan terlebih dahulu menyepakati besaran angsuran dan bunga.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam menjadi alternatif selain meminjam dari bank konvensional. Dalam koperasi simpan pinjam, biasanya cakupan anggota lebih terbatas sebab pada umumnya melayani sebuah perusahaan atau korporasi saja. Lain halnya dengan bank konvensional yang melayani berbagai lintas masyarakat.

Selain pengertian secara luas di atas, ada sistem koperasi simpan pinjam yang menerapkan sistem kerja dimana dia menyimpan tabungan anggotanya dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Anggota koperasi tersebut dapat meminjam dengan syarat mudah dan membayar bunga ringan, dua hal yang membuat jenis usaha koperasi ini memudahkan dan menarik.

Salah satu contoh koperasi simpan pinjam adalah koperasi pegawai. Staf suatu perusahaan dapat memperoleh dana segar tanpa harus melalui persyaratan yang berlipat ganda seperti saat harus meminjam di bank konvensional.



Sumber: kitadigi.com


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di