CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPPU Temukan Dugaan Permainan Harga BBM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe8a189a972e37bb30e12b/kppu-temukan-dugaan-permainan-harga-bbm

KPPU Temukan Dugaan Permainan Harga BBM

KPPU Temukan Dugaan Permainan Harga BBM

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan dugaan terjadi permainan dalam penentuan harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri sehingga tidak turun-turun meskipun minyak dunia terus melemah. Permainan mereka duga dilakukan oleh lima pelaku usaha di sektor migas.

Komisioner KPPU Guntur Saragih menyebut permainan tersebut diduga telah dilakukan sejak Maret 2020. Pihaknya juga telah mengantongi bukti yang bisa menjadi dasar penegakan hukum terhadap pelaku usaha tersebut.

"KPPU mulai menyelidiki penetapan harga jual eceran BBM oleh lima pelaku usaha di sektor tersebut. Dugaan diawali tidak adanya penurunan harga BBM non-subsidi sejak Maret 2020 walau minyak dunia telah mengalami penurunan sejak awal tahun," ucapnya seperti dikutip dari surat resmi yang diterima CNNIndonesia.com pada Jumat (15/5).

Guntur tak merinci pelaku usaha yang dimaksudnya tersebut. Ia hanya menyebut pelaku usaha itu diduga melanggar Pasal 5 UU Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Sebagai informasi, dalam Pasal 5 uu tersebut diatur ketentuan; pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen atau pelanggan pada pasar bersangkutan yang sama.

Diketahui, formula dasar harga jual eceran BBM diatur dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (Kepmen 62K/2020) yang berlaku mulai 1 Maret 2020.

"KPPU menilai kebijakan Pemerintah tersebut mampu mendorong kompetisi dalam penjualan BBM non subsidi, khususnya dengan dihapuskannya marjin minimum dari formula," ucapnya.

Berdasarkan formula tersebut, setiap perusahaan seharusnya berusaha untuk menyediakan harga sekompetitif mungkin untuk menciptakan pasar yang sehat. Harga disesuaikan dengan biaya penyimpanan dan distribusi, serta preferensi marjin penjualan sendiri masing-masing perusahaan sehingga terjadi variasi harga di pasar.

Meski ada aturan itu, harga BBM tidak kompetitif. Harga BBM non subsidi cenderung stagnan sejak Maret 2020 di kisaran rata-rata Rp 9.850 untuk RON98, Rp 9.000 untuk RON95, dan Rp 7.650 untuk RON90.

Padahal harga BBM serupa di ASEAN, seperti di Vietnam dan Malaysia, telah mengalami penurunan hingga 38 persen sejak Februari 2020.

"KPPU menduga terdapat koordinasi antar pelaku usaha di Indonesia secara bersama-sama untuk tidak menurunkan harga BBM non subsidinya," ucapnya.

KPPU juga mencermati sifat struktur pasar oligopolistik di sektor BBM tersebut. Dengan jumlah pelaku usaha yang terbatas, potensi pelanggaran persaingan usaha pun cukup tinggi.

Selain itu, Guntur bilang pihaknya memperhatikan kemungkinan fenomena price leadership Pertamina. Sebagai catatan, Pertamina menguasai pasar penjualan BBM secara keseluruhan hingga 98,3 persen, berdasarkan kemampuan distribusi atau jumlah stasiun pengisian bahan bakar umum yang dimilikinya. Angka tersebut masih jauh dibandingkan pemain lain yang tidak mencapai dua persen secara keseluruhan.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...inan-harga-bbm

Indonesia tidak pernah serius memberantas mafia mafia, hanya bisa teriak mafia, tapi batang hidung siapa mafia nya tidak pernah keliatan.

hanya bisa berteriak ada mafia, lantas media memuji dan rakyatpun latah ikut memuji
lantas, apa yang terjadi.

lupa dan lupa, bangsa ini memang bangsa pelupa, dulu ada mafia beras, ada mafia gas, ada mafia senjata, ada mafia mafia. Pokoknya negara ini negara mafia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Hah Pertamina? emoticon-Wkwkwk
Mana hasil kinerja Ahok cuk?

Ngelonin cabe-cabean aja pinter, ngurus kerjaan nggak ada yg beres semua!

Jadi Gubernur dipecat warga, jadi Komisaris nggak becus!

Yg kayak gini pengen jadi Presiden disini hah!

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
music9000 dan 11 lainnya memberi reputasi
ntar lg pasti ada yg posting poto berbaju pertamina..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Berasa tinggal di negeri GTA V
San Indonesias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 3 lainnya memberi reputasi
Komut kont0l kebanyakan baiknt0d emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
Ahok ga da gunanya nih d pertamina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
mana batang hidung hoktod yg dipuja puja dan disembah sembah kek tuhan, si manusia yg katanya sempurna ...si bacot taik makan gaji buta emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hyperfuck

Lohe lohe kok ahok semua komennya

Emg yg bertanggung jawab sapa?
Tugas komut paan?
Tugaa dirut apa dah? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
gasss gannnnn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bacot buzzer!

Giliran BBM bermasalah, bacot itu salah Direktur!
Giliran BBM turun, bacot itu prestasi Komisaris!

emoticon-Wakaka

Cuk, Direksi itu terdiri dari Komisaris dan Direktur!
Dua2nya salah!

Direktur kerja juga atas Keputusan Komisaris!

Direktur itu Pelaksana!
Dalang utamanya ya tetep Komisaris sebagai Pengambil Keputusan & Strategi yg akan dijalankan oleh Direktur di perusahaan tersebut!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
KPPU Temukan Dugaan Permainan Harga BBM




Makan gaji buta, malah asik2 kelonan sama bini baru emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
mana nih kenerja ahok, nihil kek jd gubernur kmaren.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wymsayls dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



KPPU Temukan Dugaan Permainan Harga BBM

profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Terbukti polesan media
Dan omdo aja si ahok🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Gak usah jauh2 bandingin aja sama pertamax plusnya malaysia yg udah Rp 4000 per liter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah temuan berharga dari KPPU nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
siapapun presiden Indon, dia otomatis jadi Ketua Mafia



emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
komut bisa kerja supervisi direksi gak?
kl ga bs mundur aja

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
kliatan klo minyak dunia naik cepetan naikin harga jual BBM . klo minyak dunia turun ogah buat nurunin harga BBM . udah dari januari berapa tuh dapat untung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah kudungan
ahok adalah ayam sayur yang di poles jadi pahlawan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjialiansyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di