CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kalimantan Barat /
Kenangan Suasana Menjalani Puasa di Kota Pemangkat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe69e4b8408848c4680c55/kenangan-suasana-menjalani-puasa-di-kota-pemangkat

Kenangan Suasana Menjalani Puasa di Kota Pemangkat

Kenangan Suasana Menjalani Puasa di Kota Pemangkat

Assalamualaikum

mohon maaf nubie baru belajar buat Thread..mohon maaf kalo salah-salah kata dan penempatan..hanya ingin partisipasi Kaskus Cendolin Regional he.he.

langsung saja, ane sebenernya kelahiran Jakarta, tapi Orangtua (Abah) asli Kalimantan Barat tepatnya Pemangkat - Sambas, dan pada tahun 1994 s.d. 1999 ane pernah merasakan tinggal di sana untuk sekolah dan ikut orang tua

ane mau sedikit berbagi beberapa kenangan suasana menjalani Puasa di Kota Pemangkat

1. main meriam bambu

nah di tempat ane ini di pemangkat dulu (ga tau sekarang) sering banget main dan bikin meriam dari bambu..jadi bambu itu di buat macem bazooka dan di ujungnya dikasih lubang untuk dikasih minyak dan disundut ama api..kalo di sana bilangnya LAGUM

bunyinya jangan ditanya..Pekak Telinge kate orang sinun..ha.ha...jujur aje ane kaget sih awalnya dulu ko pada berani2 banget dan tetangga fine2 aja tuh


Spoiler for Ilustrasi Lagum:



2. Kuliner menjelang buka

nah ini yang ane kangenin dari Pemangkat..disana banyak banget kuliner yang bersifat cemilan sedang hingga berat, meskipun ane ga suka seafood (asal tau aja di sana tuh apa apa makanan dikasih ikan Teri..Bubur..Mie..apa aja dah)

tapi jangan khawatir..karena disana ada perpaduan budaya yang beragam, makanan yang tersedia pun beragam, dan yang ane suka dan tentunya ane kangenin :

Roti Sapau (Roti Srikaya)
Roti ini sebenernya sederhana, roti putih namun isian tengahnya itu loh..selai srikaya yang katanya sih banyak buatan sendiri..dan yang banyak jual orang tionghoa yang biasa tersedia di warung2 Kopi..rasanya nagih gila..he.he

Spoiler for Ilustrasi Roti Sapau:


Bingka (Bingke)
nah makanan ini paling super juara..bahkan di Jakarta aje susah nyarinya (kalo pisang goreng Ponti kan udah banyak dimari)
disebut juga Bingke Barandam (berendam) karena ada lembek2 gitu, bentuknya kaya bintang segi enam, namun yang khas adalah tekstur dan aroma telurnya yang gurih, ini ane kangen berat ama makanan ini yang enak di makan pas buka puasa

Spoiler for Ilustrasi Bingke:


sebenernya sih masih banyak yang di kangenin dari Kota yang ane pernah 5 tahun tinggal..yaitu Pemangkat, apalagi pas suasana Ramadhan, cuma mungkin lain waktu bisa review lainnya yang dikangenin dari Pemangkat terutama saat Ramadhan

Terima kasih Kaskus..tetap jaga kesehatan, mohon maaf kalo ade sale sale kate emoticon-terimakasih

Spoiler for Link 1:

mejeng pekiwan emoticon-Cool
profile-picture
uray24 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di