CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Yogyakarta /
Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe69de0577a97d3c2a265b/bersihkan-jasmani-dan-rohani-sebelum-puasa-dengan-padusan

Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan

Tak terasa sudah 20 hari kita melaksanakan puasa. Wah, cepet juga ya waktu berlalu. 10 hari lagi udah hari raya Idul Fitri. Di Jogja ada 1 tradisi untuk menyambut bulan Ramadhan yaitu padusan. Apakah padusan itu?

Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan

Halo Gan Sist jumpa lagi dengan ane Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Yuk simak, apa itu padusan barang ane!

Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan

Padusan berasal dari kata adus, dalam bahasa Indonesia adalah mandi. Mandi ini kata yang lebih luas adalah bersuci. Jadi, diharapkan dengan padusan ini kita membersihkan diri kita baik jasmani maupun rohani.

Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan


Dulu padusan dilakukan di tempat-tempat yang sakral, biasanya di sumber-sumber air. Bahkan pada masa Hamengkubuwono pertama, padusan ini ditentukan oleh Sultan bertempat di mana. Biasanya di sebuah sendang atau belik yang airnya itu mengalir.
Padusan ini biasa dilakukan dengan mandi keramas atau seperti kita kalau mandi besar lah ya dengan niat menyucikan diri, menyucikan jiwa dan juga raga. Kita sekalian introspeksi diri dengan niatan untuk memperbaiki diri di bulan Ramadan agar lebih baik dari 11 bulan sebelumnya.
Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan

Namun, pada masa sekarang ini, padusan sepertinya telah kehilangan aura kesuciannya. Masyarakat memaknai padusan ini hanya seperti mandi-mandi biasa. Padusan yang dilakukan di tempat-tempat sakral kini bisa dilakukan dimana saja sebagai contoh di pantai-pantai padahal nih Gan Sis kalau kita niatnya mau menyucikan diri kita di pantai Itu kan malah bertemu dengan banyak orang tidak bukan tidak mungkin nanti ada yang berpenyakit dan itu menularkan pada kita demikian juga kalau di kolam renang Nah loh.

Bersihkan Jasmani Dan Rohani Sebelum Puasa Dengan Padusan

Semakin ke sini padusan ini jadi bukan kayak tradisi tapi jadi sebuah trend. Sehari sebelum ramadhan orang-orang beramai-ramai ke pantai, ke kolam renang and so on and so on.
Tapi tidak semua orang juga sih, ada sebagian orang yang masih memaknai padusan sebagai ajang penyucian diri. Mereka hanya mandi keramas di rumah dan meniatkan diri untuk menyambut bulan Ramadan agar bersih Suci lahir dan batin.

Nah apapun itu semua tergantung dari niat kita ya gan Sis. Kita mau bener-bener dari hati meniatkan untuk pembersihan diri atau memang hanya ikut-ikutan tren Semata.

Demikian trit ini, semoga bermanfaat.

Sumber:
1. Opini pribadi
2. Dokumentasi pribadi
3. klik
4. klik
5. klik

Jogja, 15 Mei 2020

Dari ane, yang kalo.padusan #dirumahaja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 35 lainnya memberi reputasi
Taun iki ga iso padusan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Padusan nang wingking ae ...hihihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
padusan di rumah aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 2 lainnya memberi reputasi
aku padusan nang ember
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Salam kenal mbak, aku BeniOfSorrows
profile-picture
profile-picture
GarisCakrawala dan mayyarossa memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Hadeerrr....
Melu sesepuh le do ngumpuls... emoticon-Ngacir
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wew, ane baru tau nih
nais inpoh lah emoticon-thumbsup
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di