CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe6438977513648021547d/ramadan-di-kotaku-lebaran-tahun-ini-sewajarnya

[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……


[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……
Halo Agan & Sista



SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 



Ramadhan 2020 atau 1441 Hijriah akan segera datang. Pada 23 April 2020, pekan depan, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat melalui video conference dan bisa disaksikan masyarakat secara streaming. Situasi Ramadhan tahun 2020 berbeda dibandingkan tahun sebelumnya atau sepanjang perjalanan Ramadhan yang dilalui umat Muslim. Di tengah situasi pandemi virus corona, masyarakat diimbau untuk banyak berdiam diri di rumah, termasuk beribadah. Di media sosial, banyak yang berharap situasi wabah virus corona segera berakhir, dan berharap Ramadhan bisa berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya.

[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……


Kementerian Agama juga sudah mengeluarkan imbauan kepada umat Muslim untuk melakukan rangkaian ibadah Ramadhan 2020 di rumah. Melakukan ibadah dari rumah disebut sebagai pilihan terbaik untuk dijalankan saat ini karena wabah virus corona di Indonesia. Langkah ini bagian dari salah satu upaya mencegah terjadinya penyebaran dan penularan virus. Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/4/2020) pagi, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bmas) Islam, Kamaruddin Amin, mengatakan, Kemenag telah menyampaikan imbauan tersebut melalui keterangan resmi. Ia menyebutkan, hal tersebut disampaikan dalam siaran pers di Gedung BNPB, Jumat (17/4/2020). "Saya ingin mengajak kita semua, mari mantapkan hati, ikhlaskan diri, dan yakini bersama bahwa berada di rumah, beribadah di rumah selama Ramadhan adalah sebuah keharusan dan pilihan yang harus kita ambil. Insya Allah, Allah memberkahi kita semua," ujar Kamaruddn. Berdiam di rumah, termasuk dalam menjalankan ibadah Ramadhan disebut sebagai upaya pencegahan Covid-19 yang sesuai dengan imbauan pemerintah dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). "Meskipun kita sama-sama memahami dan menyadari betapa pentingnya dan betapa mulianya berada dan beribadah di masjid, dalam konteks seperti sekarang ini, wajib hukumnya bagi kita semua untuk berada dan beribadah di rumah," ujar dia. Kamaruddin berharap, peraturan yang ada saat ini tidak akan menurunkan tingkat kekhusyukan masyarakat dalam menunaikan rangkaian ibadah Ramadhan.

[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……

Oke gan, sebentar lagi kita akan merayakan kembali Hari Raya Idul Fitri. Kemenangan melawan hawa nafsu selama sebulan penuh dengan berpuasa akan dirayakan di hari nan fitri. Menjelang Idul Fitri, tradisi mudik mengunjungi keluarga di kampung halaman sudah menjadi tradisi yang rutin dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia walau aturan PSBB tidak membolehkan kita untuk melaksanakan silaturahmi Lebaran. Tapi, tak hanya itu sekadar mempersiapkan lebaran, Anda dan keluarga juga tentu perlu menyiapkan hati dan diri untuk menyambut hari kemenangan. Tips rumah tangga kali ini akan membagikan hal-hal yang harus disiapkan untuk menyucikan hati dan diri menyambut Idul Fitri. Semoga bermanfaat



 [Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……

Membenahi penampilan diri sendiri
Tips rumah tangga yang pertama dalam mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah memperbaiki penampilan diri atau cara berpakaian. Jika ada rezeki berlebih, tak ada salahnya membeli pakaian baru yang lebih tertutup atau lebih sopan untuk tampil lebih baik sesuai anjuran agama. Namun, hindari perubahan penampilan yang terlalu berlebihan, ya, seperti menggunakan perhiasan yang berlebih, mengecat warna rambut dengan warna yang mencolok, atau menggunakan kerudung yang terkesan glamor dan mewah.
 [Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……

Membenahi rumah
Tak hanya diri sendiri yang harus dibenahi, rumah juga harus dibersihkan dan ditata dengan rapi untuk menyambut Lebaran. Kebersihan dan kerapian rumah Anda mencerminkan pribadi diri sendiri. Oleh karena itu, tips rumah tangga kali ini juga menyarankan Anda untuk melakukan pembenahan rumah, seperti membersihkan seluruh ruangan rumah, mengecat ulang dinding jika diperlukan, atau menata ulang ruangan-ruangan tertentu. Hal ini dilakukan terutama jika rumah Anda akan mendapat kunjungan dari sanak keluarga. Dengan kondisi rumah yang apik dan bersih, keluarga dan saudara yang bersilaturahmi ke rumah Anda tentu akan merasa nyaman.
 
[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……
Perbanyak ibadah
Dalam menyambut Idul Fitri, bersihkanlah hati dengan mendekatkan diri kepada Allah. Alangkah baiknya jika Anda dan keluarga bersama-sama memperbanyak ibadah seperti mengikuti pengajian, dzikir usai salat, dan melakukan kegiatan buka puasa atau sahur on the road dengan saudara kita yang kurang beruntung.
 
[Ramadan di Kotaku] Lebaran Tahun Ini Sewajarnya……
Belajar memaafkan kesalahan orang lain
Terkadang, tujuan dan pikiran kita memang tidak sejalan dengan orang lain. Bahkan, sering kali hati Anda akan tersakiti karena perbuatan orang lain. Mungkin orang tersebut tidak menyadari kesalahannya dan tidak meminta maaf kepada Anda. Namun, tak ada salahnya untuk membersihkan hati dengan memaafkan kesalahan orang lain dan tidak menjadi pendendam. Hal ini tidak hanya dilakukan saat menyambut Hari Raya Idul Fitri saja, tapi sebaiknya dilakukan setiap hari.
 
Jangan lupa membayar zakat fitrah
Perlu Anda ketahui bahwa zakat menjelang Lebaran berbeda dengan zakat penghasilan yang dikeluarkan setiap bulannya. Di Indonesia, umumnya zakat fitrah berupa beras sebanyak 2,5 kg yang dibagikan saat malam takbiran atau malam menjelang Idul Fitri. Zakat ini dibagikan kepada saudara kita yang kurang beruntung agar mereka bisa turut merasakan kebahagiaan dalam menyambut Lebaran.

Sumber

profile-picture
Achtiar memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di