CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda Ketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe5b347e3a722b39686ec6/beberapa-mitos-virus-corona-yang-perlu-anda-ketahui

Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda Ketahui

Virus corona telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia, hal ini tak heran membuat banyak orang sangat panik dengan penyakit yang satu ini. Virus corona sendiri menyebabkan demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Informasi ilmiah yang tidak akurat tentang coronavirus dan bagaimana mencegah / menyembuhkannya diedarkan di media sosial dan beberapa kantor berita yang tidak kompeten hanya memperburuk keadaan. Untuk membantu Anda menghindari sejumlah besar informasi yang salah, berikut adalah beberapa mitos virus corona yang perlu Anda ketahui.

1. (Mitos) Anda harus berada di sekitar orang yang terinfeksi selama 10 menit agar terinfeksi.
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Pixabay.com

Mistos virus corona yang pertama adalah Anda harus berada di sekitar ODP selama 10 menit agar terinfeksi. Meskipun pedoman medis mengatakan bahwa Anda harus berada dalam jarak 6 kaki dari orang yang terinfeksi (yang bersin dan / atau batuk) selama setidaknya 10 menit untuk terinfeksi, Anda dapat terinfeksi oleh coronavirus melalui interaksi yang lebih pendek. Anda juga dapat terjangkit virus dari permukaan yang terkontaminasi. Karenanya, pastikan Anda mencuci dan membersihkan tangan Anda sesering mungkin.

2. (Mitos) Iklim yang panas dapat membunuh coronavirus.
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Commons.wikimedia.org

Dalam sebuah pernyataan, Donald Trump pernah mengatakan bahwa virus tidak dapat bertahan hidup dalam suhu yang lebih panas dan kemungkinan akan mati pada bulan April. Namun, para ahli kesehatan masyarakat mengatakan bahwa tidak ada informasi yang cukup tentang virus baru ini, dan tidak ada cara untuk mengetahui apakah panas dapat membunuhnya.

3. (Mitos) Virus corona adalah buatan manusia
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Moderndiplomacy.eu

Mitos corona yang selanjutnya adalah virus ini buatan manuia. Tolong jangan percaya semua yang Anda baca di Facebook dan WhatsApp. Teori konspirasi tentang asal-usul virus ini sangat banyak. Sementara banyak orang di luar China percaya bahwa virus corona adalah bioweapon yang sedang dikembangkan di laboratorium Tiongkok dan bocor, argumen tandingannya di media sosial Tiongkok adalah bahwa itu dirilis oleh AS. Para ilmuwan di kedua sisi telah menolak teori tersebut.
Meskipun asal mula darivirus ini masih belum diketahui, para ahli percaya itu mungkin berasal dari kelelawar dan menyebar ke host lain sebelum pindah ke manusia, seperti SARS.

4. (Mitos) Pemindai termal dapat mendeteksi orang yang terinfeksi oleh coronavirus.
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Dhakatribune.com

Banyak orang menganggap pemindai termal dapat mendeteksi siapa yang mengalami demam karena infeksi virus corona. Namun, alat ini tidak dapat mendeteksi infeksi jika orang tersebut belum mengalami demam. Diperlukan 2-10 hari bagi yang terinfeksi untuk jatuh sakit dan terserang demam.

5. (Mitos) Obat rumahan dapat menyembuhkan / mencegah virus corona.
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Traveldailymedia.com

Mitos virus corona yang selanjutnya adalah banyak orang percaya bahwa obat rumahan dapat menyembuhkan penyakit ini. Walaupun bawang putih, air, dan vitamin C bagus untuk kesehatan Anda, mengkonsumsinya tidak akan menyembuhkan atau melindungi Anda dari coronavirus. “Solusi” lain yang dilakukan di media sosial adalah bahwa menutupi tubuh Anda dengan minyak wijen, klorin, atau alkohol dapat membunuh virus, merupakan hal yang tidak benar.
Anda dapat menggunakan desinfektan kimia seperti kloroform, pemutih, asam perasetat, pelarut eter, dan etanol 75% untuk membunuh virus di permukaan lain. Tetapi, jangan, dalam situasi apa pun, menerapkannya pada tubuh Anda. Ini tidak hanya tidak akan membunuh virus yang sudah ada di dalam tubuh Anda tetapi juga bisa sangat berbahaya.

6. (Mitos) Coronavirus hanya membunuh orang yang lebih tua, jadi orang yang lebih muda dan anak-anak tidak perlu khawatir.
Beberapa Mitos Virus Corona yang Perlu Anda KetahuiSumber gambar: Stories.plancanada.ca

Pada umumnya, tingkat kematian virus corona meningkat dengan bertambahnya usia. Angka berkisar antara 0,2-0,4% antara usia 0 hingga 49 dan terus meningkat atasnya. Ini mencapai 14,8% di antara orang-orang yang berusia 80 tahun ke atas. Meskipun benar bahwa orang yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya lebih rentan terhadap penyakit ini, siapa pun dari segala usia dapat terinfeksi. Selain itu, penyakit ini dapat menyebabkan beberapa masalah pernapasan serius, terlepas dari usia atau kondisi kesehatan Anda.
Itulah beberapa mitos virus corona yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam menghadapi pandemi tersebut.


SUMBER emoticon-Toast

profile-picture
kotacare memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di