CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bekasi /
Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe536b9775136480215472/berbuka-bersama-gabus-pucung-yang-tak-lekang-oleh-waktu

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Berbicara mengenai kuliner khas Betawi bukan hanya soal ketoprak atau nasi uduk saja, tapi jauh lebih banyak dari itu. Salah satunya yang harus dicoba adalah gabus pucung, mungkin untuk sebagaian anak-anak muda di jaman sekarang sudah sukar untuk menjumpai masakan khas Betawi yang satu ini.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Di bulan puasa seperti sekarang ini sajian gabus pucung paling cocok disantap saat berbuka puasa, di Bekasi sendiri masakan gabus pucung sudah mulai jarang di temui, karena memang para penjualnya pun sudah mulai sepuh-sepuh hehe. 

Menikmati gabus pucung memang hal yang paling nikmat apalagi jika ditemani orang-orang terdekat saat berbuka puasa di tambah minuman bir pletok yang menghangatkan jiwa raga.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Sejarah sayur gabus pucung berawal di jaman kolonial, di mana orang orang Betawi pada saat itu ingin memenuhi kebutuhan protein mereka tapi harga ikan mas, gurame, bandeng mahal dan hanya dapat dikonsumsi oleh orang berpunya saja pada saat itu, akhirnya mereka memasak ikan gabus yang mudah di dapat karena hidup liar di alam bebas.

Sajian khas Betawi yang menggunakan bumbu kluwek di dalamnya ini memiliki citarasa gurih dan pedas yang lezat. Ikan gabus akan dimasak bersama racikan bumbu-bumbu setelah matang digoreng. Ini akan membuat bumbu jadi lebih meresap dan menempel sempurna pada ikannya.

Tampilannya yang unik ini memang serba hitam, tapi jangan salah ya teman-teman, rasanya selangit! Proses memasaknya juga sangat berkelas. Selain menggunakan banyak rempah, resep ini wajib menggunakan ikan gabus sesuai namanya. Untuk jenis ikannya kalau bisa sih jangan diganti-ganti lagi, karena inilah yang menjadikannya ikonik kalo di ganti ikannya selain ikan gabus pasti namya bukan gambus pucung kan haha.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Yang terpenting adalah agar untuk memilih ikan berkualitas, digarap hingga bersih, termarinasi merata, digoreng dengan baik, dan selebihnya meracik rempah dan bumbu menjadi kuah hitam yang sedap itu.

Ikan gabus hidup secara liar di sungai, di sawah dan di rawa. Usaha menernakkan gabus di kolam tidak banyak diminati karena lebih gampang beternak lele atau ikan jenis lainnya. Oleh karena itu harga ikan gabus lebih mahal dari ikan yang lainnya. Untuk menghilangkan bau tanah dari ikan gabus sebelum di masak bisa dengan dibiarkan hidup di air yang bersih sebelum dimasak jika ikan gabus masih hidup sehingga menimbulkan cita rasa yang nikmat.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat akan membuat gabus pucung. Salah satunya adalah penggunaan kluwek. Saat membeli kluwek, usahakan untuk memilih yang segar. Tandanya bisa dilihat dari permukaan kluwek yang tidak berjamur, bobot kluwek yang cenderung berat serta jika diguncangkan akan menghasilkan bunyi khas. Kluwek seperti ini dijamin kualitasnya yakni hitam dan enak.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Buat agan, abang-abang dan mpo yang penasaran bisa nyoba buat di rumah seperti yang ane lakukan sekaligus mengisi kegiatan saat di rumah berikut resepnya yang bisa di praktekin di rumah

Bahan
500 gr ikan gabus, potong 2 bagian
1 sdt air jeruk nipis
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt garam
250 ml air
Minyak untuk menggoreng

 Bahan Kuah
1 liter air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
6 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 batang serai, memarkan
1 buah tomat, potong-potong
2 sdt garam
2 sdt gula
1 batang daun bawang, potong 1 cm
2 sdm minyak untuk menumis
Bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
4 buah kluwek, rendam
2 cm kunyit, bakar
5 buah cabai rawit merah

Cara membuat
Lumuri ikan gabus dengan air jeruk nipis, bawang putih, ketumbar bubuk, garam dan air. Diamkan 20 menit. Goreng sampai matang
Kuah : panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu. Masukkan air, garam dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan ikan gabus dan daun bawang. Aduk rata. Angkat
Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Berbuka Bersama Gabus Pucung Yang Tak Lekang Oleh Waktu
Semoga Pandemi Covid-19 Ini Segera Berakhir, Supaya Bisa Makan Gabus Pucung Bareng Temen-temen Kaskuser Regional Bekasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mavericks dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh awalpermata
Liat ikan gabus di pasar licin bet. Rasanya agak2 gimana gitu teksturnya
profile-picture
profile-picture
merckygan dan awalpermata memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wuih ini makanan kahyangan...
Enak bingits... emoticon-Recommended Seller
profile-picture
awalpermata memberi reputasi
Sebenarnya ikan gabus sangat berkhasiat krn proteinnya sangat tinggi. Bahkan dianjurkan di RS karena mempercepat penyembuhan luka.
Kalo di Jawa disebut kutuk, kalo masih anakan/kecil namanya beyongan. CMIIW.
Btw ikan ini sebenarnya termasuk ganas dialamnya, predator yang akan halah gw lupa mau ngomong apa ...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di