CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Medan /
Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe4afe365c4f778733d7f7/mengintip-keunikan-buka-puasa-ala-india-di-masjid-ghaudiyah-medan

Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan

Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah MedanMengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan. medanbisnisdaily.com ©2020 Merdeka.com
Merdeka.com - Bulan puasa adalah saat yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri, bulan puasa saat dinantikan karena ada banyak aktivitas dan kegiatan khas Ramadan yang selalu dirindukan.
Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan saat bulan puasa tiba adalah buka bersama. Di Tanah Air, setiap Ramadan datang, banyak sekali kegiatan buka bersama yang dilakukan oleh masyarakat. Biasanya, banyak masjid-masjid yang juga menyediakan menu berbuka puasa untuk jemaah dan warga sekitar.
Ada satu masjid di Medan yang menyuguhkan suasana berbuka puasa yang beda dari masjid lainnya. Masjid ini terbilang unik, karena menawarkan suasana khas India yang kental di dalamnya. Sensasi berbuka puasa ala India ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Masjid Ghaudiyah di Kota Medan.
Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terkenal di Kota Medan karena merupakan masjid bersejarah yang dijadikan tempat beribadah bagi umat Muslim keturunan India Tamil.


Tradisi Umat Muslim India Tamil di Medan
Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan

Sumber: docplayer.info ©2020 Merdeka.com

Dilansir dari laman medanbisnisdaily, Masjid Ghaudiyah merupakan salah satu masjid unik yang ada di Kota Medan. Disebut unik, karena masjid ini merupakan salah satu masjid di Kota Medan yang jemaahnya didominasi oleh umat Muslim India Tamil.
Masjid ini berada di Kampung Madras. Kampung Madras ini memang menjadi tempat tinggal bagi banyak warga keturunan India Tamil yang hidup di Medan. Masjid ini dikelola oleh komunitas muslim India Tamil yang tergabung dalam Yayasan The South Indian Moslem Mosque & Walfare Committee.
Ada sebanyak 350-400 kepala keluarga warga keturunan India Tamil beragama islam yang beribadah di Masjid Ghaudiyah ini.


Makanan Khas India sebagai Menu Buka Puasa
Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan

Sumber: kovermagz.com ©2020 Merdeka.com

Dilansir dari laman sumutpos.co, setiap harinya, Masjid Ghaudiyah ini menyediakan menu buka puasa layaknya kebanyakan masjid ketika bulan Ramadan tiba. Dalam sehari, Masjid Ghaudiyah ini menyiapkan sebanyak hampir 300 menu buka puasa yang akan dibagikan kepada setiap orang yang datang ke masjid tersebut.

Namun, ada yang unik dari menu buka puasa di Masjid Ghaudiyah ini. Pengurus masjid menyedikan menu makanan khas India, seperti buah kurma, bubur sup India yang dicampur dengan daging kambing, kari kambing, acar nanas, serta susu India atau chai.

Susu ini berbeda dengan susu lainnya. Chai dipadukan dengan beberapa rempah-rempah seperti kapulaga atau cengkeh sehingga susu tersebut lebih menyehatkan dan banyak digemari oleh jemaah yang datang.

Nasi Briyani Sebagai Menu Spesial
Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan

Sumber: dream.co.id ©2020 Merdeka.com

Selain bubur sup India dan kari kambing yang lezat, ada satu menu spesial yang juga dihidangkan sebagai menu buka puasa di Masjid Ghaudiyah ini, yaitu nasi Briyani.

Nasi Briyani ini menjadi menu andalan Masjid Ghaudiyah saat buka puasa. Menu ini sangat digemari oleh jemaah yang datang. Namun sayangnya, nasi Briyani ini hanya bisa Anda dapatkan di Hari Minggu saja, karena tidak setiap hari dihidangkan.


Berkumpulnya Muslim India Tamil dengan Masyarakat Lokal
Mengintip Keunikan Buka Puasa ala India di Masjid Ghaudiyah Medan

Sumber: uzone.id ©2020 Merdeka.com

Banyak masyarakat yang datang ke Masjid Ghaudiyah untuk berbuka puasa di masjid yang terkenal di Medan ini. Meski masjid ini merupakan masjid yang dimiliki dan dikelola oleh umat Muslim India Tamil, namun tidak hanya masyarakat India Tamil saja yang datang untuk menikmati buka puasa di masjid ini.

Masyarakat lokal yang tinggal di Medan juga banyak yang sengaja datang ke Masjid Ghaudiyah untuk ikut merasakan suasana berbuka puasa ala India. Biasanya, mereka datang bersama keluarga untuk menyantap menu spesial nasi Briyani. Selain itu, banyak warga yang datang hanya sekedar untuk ikut merasakan buka puasa yang kental dengan suasana India ini. [far]


Sumber : https://www.merdeka.com/sumut/mengin...yah-medan.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 2 lainnya memberi reputasi
mantab... bulan puasa tidak hanya membawa berkah bagi muslim saja, tapi masyarakat non muslim disekitar masjid juga ikut merasakan rejeki buka puasa bersama


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di