CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe409765b24d7129469468/bpjs-naik-walkot-solo-anggap-jokowi-sengsarakan-rakyat

BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat

BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat

CNN Indonesia

Kamis, 14/05/2020 19:56



Solo, CNN Indonesia -- Wali Kota Solo, Jawa Tengah FX Hadi Rudyatmo mengkritik langkah Presiden Joko Widodo yang menaikkan iuran BPJS Kesehatan seperti tertuang dalam Perpres No. 64 tahun 2020. Menurutnya, kebijakan semakin membebani masyarakat yang sudah terdampak virus corona (Covid-19)

"Enggak tepatlah (kebijakan) presiden itu, apa tidak bisa menunggu tahun anggaran depan atau sampai pandemi selesai, atau paling tidak mereda lah," katanya saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (14/5).

Perpres tersebut, lanjutnya, memang memberi keringanan bagi peserta JKN-KIS yang menunggak. Mereka dapat mengaktifkan kembali kepesertaan JKN-KIS dengan membayar tunggakan iuran 6 bulan meskipun tunggakan sebenarnya lebih dari itu. Pembayaran tunggakan yang dimaksud paling lambat diserahkan sebelum 2021.



Akan tetapi, dia mengingatkan bahwa sejauh ini banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Para pelaku bisnis dan UMKM pun omsetnya menurun.


"Apa enggak menyengsarakan rakyat? Mikir makan saja susah kok malah disuruh melunasi tunggakan," katanya.

Perpres itu, lanjutnya, juga berpotensi membuat Pemkot Solo berhutang ke BPJS. Selain membayar penerima bantuan iuran(PBI), Pemkot juga dibebani subsidi bagi pekerja bukan penerima upah (PBPU) sebesar Rp 16.500.



Terlebih, anggaran Pemkot di tahun 2020 sudah terkuras untuk penanganan Covid-19 sejak Maret lalu.

"Kami hitung-hitung per Juni sampai Desember kami akan berhutang ke BPJS. Kami sudah sampaikan ke BPJS akan kami bayar tahun 2021," katanya.

Sebelumnya, keputusan Jokowi menaikkan tarif kepesertaan BPJS Kesehatan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Perpres itu diteken Jokowi pada 5 Mei lalu.



Rencananya, tarif kepesertaan Mandiri kelas III akan naik dari Rp25.500 per peserta per bulan menjadi Rp35 ribu per peserta per bulan atau 37,25 persen pada 2021 dan seterusnya.

Lalu, tarif Mandiri kelas II akan naik dari Rp51 ribu menjadi Rp100 ribu per peserta per bulan dan Mandiri kelas I dari Rp80 ribu menjadi Rp150 ribu per peserta per bulan mulai Juli 2020. (syd/bmw)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...sarakan-rakyat


BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat

Bahkan rekannya yg dulu pernah jadi partner aja mengkritik jongos, cuma warga BP alias cebong kaskus aja yg masih sibuk cebokin, kalau udah kayak gini mereka masih mau cebokin lagi, gak di kudeta dan disuruh turun masyarakat aja dah untung jongos, kelakuan biadab gitu, udah sengsara masyarakat masih dicekek tunggakan.


Ketika jongos diminta pertanggungjawaban tinggal mengatakan kata2 pamungkas, "Bukan urusan saya"


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
Buzzzerp ..... serrrrannnggg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
fix fransiscus xaverius hadi auto kadrun, intelorasin, anti kebasukian emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 4 lainnya memberi reputasi

"Tenang..dana kita cukup. Ada 1100 trilyun. Belum lagi yg dikantong saya".....

Kalimat itu terngiang2 ditelinga saya.
Seperti semilir angin yg sejuk membuai kalbu.
Seolah gemericik air di dedaunan hijau yg sedap dipandang mata..
Aku terlena..
Ibarat pengantin baru yg tak sabar utk beranjak keperaduan bersama pujaannya..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gooter dan 8 lainnya memberi reputasi
BuzzerRP langsung cap fx rudi kadrun emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 3 lainnya memberi reputasi
Auto kadrun ga nih bong ? buzzeRp ?

emoticon-Ngakak (S)
Dasar ebong dan buzzeRp sampah negara !!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 5 lainnya memberi reputasi
Bentar lagi walkot oslo dibilangin bsh gegara itu tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
kata ustadz doakan saja pemimpin kita yang skrng ini....

yahhh mau gmn lagi? udh kadung kepilih. kl ane sih salahin yang milih krn goblok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 3 lainnya memberi reputasi
BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat

Sabar santuy bre pasti 3 periode emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jieretronizerz dan 5 lainnya memberi reputasi
Sejak gibran ngotot maju, si fx rudi uda gapernah lagi muji muji owi
Mulai dr nyindir yg bikin aturan larangan mudik jgn malah mudik sendiri, sampe kali ini kenaikan bpjs

Dia uda gabisa maju lagi emang, tp gimanapun kan awalnya dia dukung wakilnya skg buat maju di solo pilkada nanti

Caranya gibran ngelangkahi emang gak sopan, tp mau gimana mamak sendiri jg uda rekom nih bocah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan dibanned.melulu memberi reputasi
BPJS Naik, Walkot Solo Anggap Jokowi Sengsarakan Rakyat
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
bakal banyak tunggakan...akhirnya malah berkurang pemasukan negara...
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Quote:


Pemerintah daerah ketiban durian runtuh ini emoticon-Wakaka
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kapal oleng kapten emoticon-Matabelo
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
dasar kadrun baik, anti NKRI, pemuja HTI, ini adalah contoh template kata kata dari BuzzeRp
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Sekali lagi kenaikan iuran BPJS Kesehatan tidak hanya ditujukan untuk menalangi defisit semata, tetapi juga mengikuti amanat konstitusi. 

Mengacu UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional bahwa iuran adalah jalan satu-satunya untuk menambah penerimaan, sehingga jurang defisit bisa segera ditambal. 

Kemudian, pasal 16i Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan menyebut besaran iuran memang harus ditinjau setiap dua tahun. 

Adapun, penyesuaian iuran terakhir kali dilakukan pada 2016 yang dimuat di dalam Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016. Melalui beleid itu, iuran peserta kelas I berubah dari Rp59.500 ke Rp80 ribu, kelas II berubah dari Rp42.500 ke Rp51 ribu, termasuk kelas III disesuaikan dari Rp25.500 ke Rp30 ribu. 

Seharusnya, penyesuaian iuran terjadi pada 2018 lalu. Hanya saja, pemerintah tidak memilih langkah tersebut meski peraturan mengharuskan kenaikan iurannya. Sehingga, saat ini memang waktu yang tepat bagi pemerintah untuk menyesuaikan kembali premi iuran BPJS Kesehatan.

Kalau memang 2020 tak ada kenaikan iuran, tentu proses jaminan sosial akan kembali berdarah-darah.
profile-picture
profile-picture
kuwepukis dan bangsutankeren memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Alhmadulillah, Puji Tuhan, akhirnya banyak cebong yang mulai waras.
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Bpjs naik..
listrik 450 geratis... tp yg listriknya 900 ke atas naik gila gilaan..
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Misal dibubarin aja nih lembaga pasti diteriakin negara antek kapitalis
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di