CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Madiun /
Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe3bcbf4d6951eb456bb15/lebaran-unik-di-ginuk-magetan-masih-memegang-erat-budaya-silahturahim-asli-loh

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!



Lebaran Adalah Hari Kemenangan Bagi Umat Islam di Dunia. Tak Terkecuali di Desa Nenekku, di Ginuk, Karas, Magetan. Budaya Berlebaran disana Masih Sangat Kental dengan Nilai-nilai Asli Daerah yang Terus Bertahan Sampai Tahun lalu. Ehm Mungkin Tahun Ini Akan Banyak Perubahan Karena Pandemi Corona. Sedih Ya....



Apa kabar GanSist? Bagaimana ramadhan hari-hari terakhir ini? Semoga makin sehat, makin khusyuk ibadahnya, sholat tarawehnya, makin banyak amalan mengaji dan santunannya. Makin dalam rasa cinta dan syukurnya pada Allah Swt. Apapun keadannya. Aamiin.

Ane ingin flasback tentang budaya lebaran di kampung nenek ane, Ginuk, Karas, Magetan. Mengapa tidak mengangkat di desa kelahiran ane di Magetan? Karena beda GanSist.

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Di Ginuk, yang asli deket dengan pesantren yang jadi naik daun gara-gara Corona πŸ˜₯, yup, Pesantren Temboro, adalah daerah kelahiran ibu ane tercinta.

Ginuk yang dulu masuk Sukomoro tapi sekarang kecamatan Karas ini, menjadi tempat lebaran tak terlupakan bagi ane dan keluarga besar ane selamanya. So memorable GanSist. A very sweet one.

Ada beberapa hal yang ane kenang, simak ya, nggak usah dihapalkan. Cekidot !


1. Sholat Ied Bersama Keluarga lalu Silahturahim Sesama Tetangga

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Kebiasaan keluargaku adalah bangun pagi banget lalu masak opor ayam, nasi kuning dan perlengkapannya. Setelah mandi dan dandan dengan baju baru atau minimal baju putih πŸ˜‰ lalu berangkat bareng ke Masjid dekat rumah. Sekitar 30menit-1 jam selesai, lalu bersalaman dengan kenalan, tetangga yang bertemu di lokasi.


2. Nyekar Ke Kerabat Dekat yang Sudah Meninggal

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Setelah ikut selamatan di Masjid sebentar, kami bersama pergi ziarah ke makam keluarga, di belakang Masjid, yaitu makam bapakku dan keponakanku. Kalau ada waktu juga ke beberapa makam kerabat di dekat situ.


3. Lebaran Silahturahmi Bawa Rombongan

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Setelah sarapan lontong ketupat opor yummy kami berangkat ke Ginuk dengan membawa beberapa bingkisan lebaran untuk kerabat Ginuk, seperti gula pasir, mie instan, sirup dan sebagainya.


4. Sungkem Dengan Tetua Keluarga

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Sesampai di rumah nenek, kami berjajar antri sungkem mulai ke nenek, ibu, paman, mereka duduk berjajar di kursi pojok. Lalu lanjut bersalaman dengan para sepupu sambil cipika cipiki.

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Setelahnya kami ngobrol ngalor ngidul sambil nyemil. Sesekali tamu-jauh dan dekat- datang untuk silahturahmi ke nenekku, karena nenekku yang sudah 90an usianya sangat dituakan dan dihormati. Mereka datang biasanya juga rombongan lho. Jadi nenekpun sedia angpao untuk yang masih kecil. Biasanya angpao ini disiapkan lebih dahulu oleh ibuku.


5. Keliling Kampung Walau Cuma Sebentar

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Setelah tamu agak reda datangnya, giliran kami sekeluarga dengan naik mobil andong pamanku keliling ke rumah keluarga nenek di desa tetangga seperti ke Ponting, Rubahan dan sebagainya.

Yang terunik adalah kenal atau tidak kenal, masyarakat Ginuk menyambangi semua rumah sambil jalan kaki! Saking sibuknya silahturahim dari rumah ke rumah mereka kadang ga duduk, langsung pamitan lagi. Dari habis sholat ied sampai siang biasanya ramai, nanti malam biasanya rame lagi tapi terbatas keluarga dan tetangga dekat.


5. Budaya Cemilan Lebaran All Out Display

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Nah dari keliling keluarga, hal paling fun adalah makanan kecil! Setelah sungkem dan ngobrol, dari rumah ke rumah tak henti kami mencicipi semua hidangan walau satu dua, kalau cocok bisa habis tuh hehe. Hidangan unik dan mahal biasanya yang diserbu. Unik buatan sendiri seperti rengginang. Mahal seperti kacang mete, emping mlinjo, minuman sprite laris deh.


6. Amplopan Receh

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Faktor amplopan angpau lebaran ini yang menjadi trending topik para keponakanku yang masih kecil. Yang gede udah ga dapat ya. Apes. Jadi lucu ja, pada berusaha tampil imut kebocahan semua hehehe, ealah demi dapat amplop. πŸ™„πŸ€£. Biasanya justru sodara sendiri seperti paman, bibi yang memberi angpau besar, sampai 100rb/anak. Jadi anak-anak kecil ini rata-rata bisa deh mengantongi minimal 300rb tiap lebaran. Alhamdulillah bisa untuk beli sepatu tas sekolah.


7. Makan Besar Lontong Opor Ayam dan Pecel

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Setelah balik ke rumah nenek, habis sholat dhuhur dan mengaso sebentar, bibi biasanya menghidangkan masakan khas lebaran. Ada ketupat, opor ayam, pecel, rempeyek kacang, kerupuk, sayur lodeh kentang, panggang ayam jawa. Wes dijamin kenyang lah. Enak sekali kumpul keluarga sambil makan besar.

Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!

Demikianlah GanSist kenangan tak terlupakan dari lebaran tahun-tahun lalu. Sayang tahun ini kita tidak bisa melakukannya karena pandemi Corona. Moga tahun depan bisa lagi ya. Aamiin.



Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!




πŸ•ŒπŸ•ŒπŸ•Œ




Lebaran Unik di Ginuk, Magetan? Masih Memegang Erat Budaya Silahturahim Asli Loh!









Ngawi, 15052020




Sumber narasi : pribadi
Sumber gambar :
Dokpri
Pinterest :
Spoiler for link pinterest:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dj dan 40 lainnya memberi reputasi
pejwan pliss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 11 lainnya memberi reputasi
semoga lolos review dan menang cendolin serentak regional, aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 11 lainnya memberi reputasi
itu kenangan lebaranku, bagaimana dengan GanSist?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 11 lainnya memberi reputasi
up up up


moga kabul hajate

aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 9 lainnya memberi reputasi
Jadi sedih mbak ngga bisa mudik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 8 lainnya memberi reputasi
Semoga lolos review ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 8 lainnya memberi reputasi
semoga tahun besok bisa mudik lagi emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 7 lainnya memberi reputasi
Semoga lebaran tahun ini bisa dinikmati ys
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 7 lainnya memberi reputasi
Semoga tahun depan bisa mudik.
Tahun ini cuma bisa pulang kampung 🀭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 6 lainnya memberi reputasi
opornya yang bikin rindu dan makan bersama keluarga. yang merantau belum tentu bisa pulang emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 6 lainnya memberi reputasi
Semoga bisa kembali menikmatinya di lebaran tahun ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hampir sama kayak SEJARAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 6 lainnya memberi reputasi
pengen nangis tapi malu ya udah kita berdoa bareng agar kenangan lebaran bisa kembali dinikmati tahun depan aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 4 lainnya memberi reputasi
keren ini mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
aamiin. semoga tahun depan sudah bisa berlebaran kya dlu ya ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wasyekkkk ya nisal udh kayak dlu lagiiii aamiin mg tahun dpn. Optimis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embritz
Lihat 1 balasan
gak ada lebaran. om aja mau mudik gak boleh sama ibuk 🀣🀣
profile-picture
eoneh memberi reputasi
Di sini kyk hari biasa. Shalat ied ttp boleh tp di jarak.


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di