CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Aceh /
Tradisi Petang di Aceh Selatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe272c68cc954f6e65ee65/tradisi-petang-di-aceh-selatan

Tradisi Petang di Aceh Selatan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh masyarakat yang beragama Islam. Demikian juga dengan masyarakat di Aceh yang mayoritas muslim. Setiap daerah di penjuru Bumi Serambi Mekah ini mempunyai berbagai tradisi unik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Aceh Selatan, seperti namanya merupakan sebuah kabupaten yang berada di bagian selatan Provinsi Aceh. Sebuah daerah pesisir yang banyak dihuni masyarakat Jame (Tamu dalam bahasa Aceh). Masyarakat Jame sendiri identik dengan perantau dari Minangkabau, maka tak heran jika masyarakat di Aceh Selatan identik menggunakan bahasa Minangkabau.
Spoiler for Tradisi Petang:

Menjadi sebuah kebiasaan di Kabupaten Aceh Selatan untuk bersilaturahmi dan bersedekah di bulan ramadhan. Setelah melewati pertengahan ramadhan, akan terlihat masyarakat lalu lalang membawa rantang di saat petang hari. Mereka bukan hendak mencari penganan atau takjil untuk berbuka puasa. Biasanya masyarakat memasak sendiri makanan yang dibawa dalam rantang. Ya betul, masyarakat di Aceh Selatan mempunyai kebiasan atau tradisi mengantarkan makanan ke rumah orang tua. Kebiasaan ini dilaksanakan setelah pertengahan bulan puasa. Ada beberapa masyarakat yang melakukannya pada ramadhan hari ke 16. Lantas bagaimana dengan anak-anak yang masih bersama dengan orang tua nya? Beberapa kawan menceritakan bahwa mereka akan mengantarkan makanan ke rumah mertua. Pun jika belum ada atau memang sangat jauh keberadaannya, biasanya mereka akan mengantarkan makanan ke rumah yatim piatu.
Spoiler for Tradisi Petang:

Semangat yang ingin dibangun dari tradisi petang ini adalah silaturahmi dan bersedekah. Kebiasaan petang ini juga kerap dibarengi dengan mengantarkan penganan buka puasa ke mesjid atau meunasah (surau) terdekat. Tradisi ini juga sekaligus menjadi moment bagi keluarga dan sanak family untuk buka puasa bersama. Seperti Pepatah Minangkabau "Anak ikan dimakan ikan, gadang ditabek anak tenggiri. Ameh bukan perakpun bukan, budi saketek rang haragoi" yang berarti Hubungan yang erat sesama manusia bukan karena emas dan perak, tetapi lebih diikat budi yang baik.


Spoiler for Tradisi Petang:



Spoiler for Tradisi Petang:



Spoiler for Tradisi Petang:


referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
genk10z dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh PriNx


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di