CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe0fbfe83c723b1e19dc88/kabah

Apa Itu Ka'bah ? Mari Kita Lebih Mengenal Ka'bah

Assalamualaikum kawan-kawan.. Gimana kabar kalian. Aku harap kalian masih baik-baik saja. Tetep Jaga kesehatan ples hatinya juga ya hehehe... Aamiin Aamiin ya rabbal'alamin. Sekarang aku mau membahas sedikit seputar Ka'bah . Siapa sih yang tidak mengetahui Ka'bah? Ya, tentu Pasti semua orang mengetahuinya, apalagi umat muslim tidak asing lagi mendengar nama itu. Pastinya dari kalangan kita yang belum pernah sama sekali ke Mekkah pasti ada rasa ingin dan rindu untuk menjumpainya (termasuk juga saya). Apalagi menunaikan Ibadah Haji adalah termasuk rukun islam yang ke lima. Tapi untuk kawan-kawan sekalian jangan pernah ada kata putus asa, apalagi berfikir mana mungkin gue bisa kesana? Uang darimana.(No,Hilangkan pemikiran seperti ini). Kawan-kawan perlu kita ketahui, Yakin adalah modal utama serta usaha dan tak lupa selalu diiringi oleh doa agar bisa berjumpa dengan Masjidil Haram.

Ka'bah

Pernah terlintas gak sih dalam pikiran kawan-kawan semua rasa ingin tau tentang, siapakah yang pertama kali membangun Ka'bah? Mengapa Ka'bah menjadi kiblat umat muslim ? Dan apa itu kiblat? Apa yang ada didalam ka'bah ? Apakah Kiblat itu hanya di bagian barat laut saja? Yuk kita sama-sama cari tahu.

1. Siapakah Yang Pertama Kali Membangun Ka'bah

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat ibadah) manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia,” (QS. Ali Imran: 96).

Dijelaskan pada ayat tersebut “Dibangun untuk tempat ibadah manusia.” Oleh sebab itu, yang membangun untuk tempat manusia tentunya bukan manusia. Ayat tersebut menekankan kepada umat manusia (Adam termasuk juga manusia). Karenanya, Ka’bah dibangun sebelum Nabi Adam AS.

Jelas dan pasti, Baitul Haram dibangun sebelum Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim AS bersama Nabi Ismail AS hanya meninggikan atau memperbaiki (membina dasar-dasar bangunan yang sudah ada sebelumnya).

Firman Allah SWT, “Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), ‘Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan). Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui’,” (QS. Al-Baqarah: 127).

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

2. Mengapa Ka'bah Menjadi Kiblat Untuk Umat Muslim.

Karena Ka’bah merupakan pusat utama bagi umat Muslim untuk beribadah. Walau, ada hakikatnya ibadah umat muslim itu ditujukan kepada Allah SWT. Dan menghadap ke kiblat atau ka’bah buka berarti Allah itu ada di sana. Melainkan itu hanya perantara saja, dan boleh jadi agar semua muslim serentak menghadap ke arah yang sama dalam menyembah Allah SWT. Lucu kan kalo misalkan tidak ada arah kiblat? Coba deh kalian bayangin, Pasti jadi acak-acakan ga karuan tidak beraturan umat muslim. Maka adanya arah kiblat ini membantu seluruh umat muslim agar menyatu dalam satu arah yaitu kiblat. Ma Sya Allah Sungguh Sempurna sekali ya Islam.

3. Apa yang di Maksud dengan Kiblat.

Kiblat itu adalah arah. Yakni arah bagi setiap umat muslim dalam melaksanakan ibadah termasuk juga shalat. Ka'bah yang terletak di tanah suci Makkah, Arab Saudi merupakan kiblat umat muslim di seluruh dunia. Adapun ayatnya tercantum dalam surah al-baqarah ayat 144.(kawan-kawan bisa lihat nanti artinya).

Jadi pada Hakikatnya, kiblat adalah satu arah yang menyatukan arah segenap umat muslim dalam melaksanakan shalat, tetapi titik arah itu sendiri bukanlah obyek yang disembah oleh umat Muslim dalam melaksanakan Shalat.

4. Ada Apakah di dalam ka'bah.

Bangunan ka'bah dalam bentuk kubus berukuran tinggi 11,03 m dengan sisi 11,03 m x 12,62 m yang terletak di tengah Masjidil Haram. Dari penjelasan Nasaruddin Umar imam besar istiqal, Sebenarnya bagian dalam Kabah tidak ada apa-apa. Hanya ada sebuah meja kecil, setinggi lutut tempat duduk lampu rechargeable untuk menerangi ruangan gelap. Di dalamnya tidak ada Air Conditioner (AC) atau kipas angin. Lubang udara satu-satunya ialah pintunya, kalau sedang dibuka.

Tidak ada barang antik, tidak ada lukisan atau ukiran, tidak ada kesan mewah di dalamnya. Justru di tengah kehampaan, tidak ada apa-apa kecuali ruang kosong, membuat diri kita semakin merinding. Di dalam Kabah, kita bisa shalat ke arah semua penjuru mata angin. Kita bisa salat menghadap ke sekeliling tembok. Di sinilah keagungan Kabah, di tengah kekosongannya kita diajak untuk mengosongkan diri seperti kosongnya bagian dalam Kabah. Tidak ada sedikitpun kesan mewah di dalamnya, betapa perlunya menghilangkan segenap kesan kemewahan duniawi saat kita menghadap ke haribaan Allah SWT. Didalam Ka'bah juga ada 3 tiang, meja, & hiasan berisi farfum yang mengantung seperti pada gambar berikut.

Ka'bah


5. Apakah Kiblat itu hanya di bagian Barat Laut saja.

Sebagai contoh, misalnya sekarang kita salat, beberapa menghadap selatan, ada yang menghadap utara, ada yang ke timur, ada yang ke barat. Ke arah mana yang kamu ikuti?

Jadi demi persatuan, kami menghadap pada satu arah yaitu Kabah. Jadi Ka’bah adalah kiblat kami. Tidak ada seorang muslim pun yang pernah menyembah Kabah,"jelasnya

Ia mencontohkan pula, peta geografi dunia yang dibuat oleh seorang muslim bernama Al Idrisi pada tahun 1154 menggambar kutub selatan ada di atas dan kutub utara ada di bawah dan Kabah berada di tengah-tengah gambar peta tersebut.

Kemudian orang Barat meluncurkan kartografi (pembuatan peta) dan mengubah kutub utara ke atas dan kutub selatan ke bawah, bahkan Kabah masih tetap berada di tengah-tengah.

"Jadi di bagian mana pun kamu berada di dunia, jika kamu berada di utara menghadap ke selatan, jika kamu berada di timur menghadap ke barat, jika kamu berada di barat menghadap ke timur, jika kamu di selatan menghadap ke utara. Semua muslim di dunia menghadap pada satu arah yaitu Kabah dan Kabah adalah kiblat," pendapat Dr.Zakir Naik.

profile-picture
Alya917 memberi reputasi
Diubah oleh fitriherma31
"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan dasar-dasar Baitullah bersama Ismail seraya berdoa: “Ya Tuhan Kami terimalah daripada Kami amalan kami, Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui." (Al Baqarah - 127)

"Ya Tuhan Kami, Jadikanlah Kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan jadikanlah diantara anak cucu Kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada Kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji Kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (Al Baqarah - 128)

Itu adalah umat yang lalu, baginya apa yang telah diusahakannya,
Dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan,
Dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.
(Al-Baqarah - 134)

Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.

Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot.

Dan sungguh pemindahan kiblat itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah.

Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu.

Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.
(Al Baqarah : 143).

Bila ingin melihat cahaya maka hadapkanlah wajahmu dalam kegelapan emoticon-Traveller
profile-picture
fitriherma31 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di