CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Nusa Tenggara Barat /
Beberapa Tradisi Ramadan di Daerah Ane! Sama Tidak, Dengan Daerah GanSit? Cek, Yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe0971349d0f297f61cffc/beberapa-tradisi-ramadan-di-daerah-ane-sama-tidak-dengan-daerah-gansit-cek-yuk

Beberapa Tradisi Ramadan di Daerah Ane! Sama Tidak, Dengan Daerah GanSit? Cek, Yuk!

Beberapa Tradisi Ramadan di Daerah Ane! Sama Tidak, Dengan Daerah GanSit? Cek, Yuk!
sumber gambar


Assalamualaikum

Marhaban Ya Ramadan



Hallo, GanSist. Bicara soal ramadan, tentu di setiap daerah memiliki tradisi tersendiri, bukan? Nah, ane mau share tentang kebiasaan atau tradisi yang biasa terjadi di daerah ane.


1. Makan-makan dan Baca Al-Fatihah

Quote:


Ketika datang bulan suci ramadan, setiap kepala keluarga mengadakan acara sambutan bulan suci ramadan dengan makan-makan. Para pria baik yang muda, dewasa, atau sudah tua pun, berantian hadir untuk menikmati makanan tersebut di rumah yang mengadakan acara.

Tradisi ini dinamai dengan baca Al-Fatihah oleh orang-orang tua. Karena setelah atau sesudah makan. Para tamu akan membaca surah Al-fatihah sebanyak mungkin, dilanjutkan dengan doa-doa lainnya.


2. Saling Memaafkan

Quote:


Jadi, sebelum menjalankan puasa di hari pertama, mereka yang tadinya saling berseteru atau tidak tegur sapa, akan melakukan hal seperti yang terlihat dalam gambar. Ini dilakukan agar puasa yang mereka jalankan terasa damai.

Tidak hanya yang berseteru. Antara anak dan orangtua yang akur dan bahagia pun, melakukan hal demikian.

Quote:


Selain antara anak dan orangtua. Antar sahabat, teman, atau tetangga juga melakukan hal serupa. Intinya, sebelum menjalankan puasa di bulan ramadan. Orang-orang saling memaafkan. Begitu juga saat hari raya idul fitri tiba.


3. Tadarus Al-Quran

Quote:


Sebagaimana yang kita tahu, bulan suci ramadan ialah bulan yang dipercaya paling istimewa oleh umat muslim. Di mana, segala amal kebaikan akan dilipatgandakan balasannya oleh Allah.

Jadi, Tadarus Al-Quran termasuk amal paling baik yang bisa dilakukan. Tadarus Al-Quran biasanya dilakukan setelah salat taraweh. Yang melakukan tadarus ini boleh siapa pun, dan selama yang mereka mau. Tidak harus di masjid. Ada juga yang melakukannya di rumah masing-masing.


4. Bagi-bagi duit

Quote:


Bagi-bagi duit ini biasa disebut Ha Gla. Orang-orang kaya akan menyediakan uang pecahan 20.000, 10.000, 5.000, dan 2.000 rupiah untuk dibagi-bagi ke banyak orang. Terutama anak-anak. Uang tersebut tidak hanya dibagi kepada orang yang dikenal atau tetangga saja, melaikan siapa pun yang memang dianggap perlu mendapatkannya.

5. Membelikan Baju atau Sandal Lebaran Untuk Keponakan

Quote:


Untuk yang memiliki keponakan. Membelikan pakaian lebaran sudah dianggap sebagai kewajiban, nih, bagi sebagian orang. Ane sendiri melakukannya setiap tahun. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kasih sayang terhadap keponakan tersebut.


Nah, itu dia kebiasaan atau tradisi ramadan di daerah ane. Bima Nusa Tenggara Barat. Bagaimana di daerah GanSist? Apakah sama atau ada perbedaan? Yuk, share cerita mengenai tradisinya. Agar kita semua saling bertambah informasi


Okey sekian trhead dari ane. Jangan lupa rate cendolnya, GanSist. Selamat berpuasa. Mohon maaf lahir dan batin. Semangat!


Wassalam


Penulis: @darmawati040
Sumber Tulisan: Narasi Pribadi


Bima, 15 Mei 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 8 lainnya memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bremmakibo dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga menambah informasi mengenai suatu daerah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
makasih infonya Araa aku jadi banyak tahuuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di