CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / DKI Jakarta /
Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe0794f0bdb26fa86224ac/ramadanku-sepi-dikala-pandemi

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi

Ramadan Di Jakarta, Kota Kelahiran


Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Sumber gambar


Pandemi yang belum usai bahkan setiap harinya korban semakin bertambah, alangkah sedih ketika Ramadhan tiba, keinginan, segala persiapan yang sudah direncanakan pun berubah drastis.


Tahun-tahun sebelumnya, Jakarta adalah kota yang ramai, khususnya tempat saya dilahirkan dan sekarang tinggal, selama Ramadhan saya ikut jualan pakaian untuk lebaran, berbelanja di pasar tanah Abang, dengan kondisi hiruk pikuk, bahkan berjalan pun harus tertatih, selain itu saya juga jualan takjil berupa coklat kurma, bertemu dengan penjualnya di stasiun kereta, pengalaman yang tidak terlupakan.

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Dokpri


Organisasi yang saya ikuti, biasanya selama Ramadan pun, menjalankan pesantren kilat, tetapi kini hanya via ol, kami menyingkatnya dengan #NFH #NgajiFromHome.

Spoiler for #NFH:


Akan tetapi semua berubah semenjak virus Corona melanda, menjadi pandemi, bukan hanya di negara kita tercinta, tetapi seluruh belahan dunia, bahkan terjadinya lockdown global.


Suasana Ramadan yang sepi, apalagi Jakarta merupakan redzone, di mana jumlah terbanyak penderita covid19.


Beberapa suasana di kampung saya yang berubah, sebelum dan sesudah pandemi:


πŸ’” Ramainya Anak-anak

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Ilustrasi di sini

Biasanya anak-anak ramai berkumpul sejak lepas Maghrib, mereka beramai-ramai pergi masjid atau musholah untuk booking tempat, meletakkan sajadah di sana.


Setelah pandemi, tidak ada lagi suara anak-anak dengan tawa canda mereka. Bahkan untuk keluar dari depan pintu rumahnya pun dilarang, terdengar oleh saya ketika anak tetangga ingin keluar, mereka mengatakan, "tidak ah takut dengan virus Corona."


πŸ’” Mushola/Masjid Tidak Mengadakan Tarawih


Semenjak ada himbauan dari pemerintah untuk kerja di rumah, ibadah di rumah, maka tempat ibadah pun sepi, kebetulan, musholah tempat biasa saya tarawih tidak mengadakannya, hanya tertulis Mushola ini tidak mengadakan tarawih.


Masjid yang disegel karena masih ada jamaah yang menjalankan shalat jamaah, kemungkinan ada warga yang khawatir bertambahnya penderita covid19, maka dilaporkan masjid tersebut, dan oleh pemerintah terkait, masjid tersebut disegel.

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Dokpri teman di grup seterah


πŸ’” Bangunin Sahur dengan Gendang

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Ilustrasi gambar


Sudah terbiasa dengan anak-anak yang membangunkan sahur dengan gendang, galon air mineral mereka tabuh dengan kencangnya untuk membangunkan para tetangga, sekarang hanya ngandelin weker, kalau lagi diputar-putar anak jamnya, alarm berubah jadi jam 5.00 wib, akhirnya selama Ramadan ini sudah 2x tidak sahur.


Lagu ketika membangunkan sahur di kampung saya:


"Sahur-sahur …. Orang bangunin sahur dimarahin! nggak dibangunin kesiangan …."


Dengan suara lantang mereka, syair lengkapnya saya tidak hafal, lupa, maafπŸ™.


πŸ’” Pedagang Takjil Sepi

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Ilustrasi di sini


Meskipun masih ada yang jualan takjil, hanya beberapa, tidak sebanyak sebelum pandemi, yang beli pun merasa khawatir untuk keluar rumah, jadi penjualan pun sepi, sehingga mereka malas untuk berjualan.


Beberapa media online memberitakan pasar pondok labu dan aneka buana, swalayan yang sering saya kunjungi ramai, semenjak Corona saya tidak pernah ke sana, hanya dengar dari tetangga yang belanja di sana, antrian panjang untuk cuci tangan sebelum masuk swalayan tersebut.

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Sumber di sini

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
Sumber di sini


Meskipun masih banyak suasana Ramadan yang benar-benar berubah sebelum dan sesudah pandemi, kalau mengingatnya hati ini sangat teriris, sakit dan hanya bisa mengeluarkan bulir-bulir bening. Kesedihan semua orang, khususnya warga Jakarta yang menjadi redzone.


Jakarta, 15 Mei 2020
Jumat, 09:55


Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



opini pribadi, referensi link tercantum.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nana81280 dan 31 lainnya memberi reputasi

Belajar Bersama Bisa, Klik PicnyaπŸ‘‡

Ramadanku Sepi Dikala Pandemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
endonesiano78 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cahayahalimah

Thread HT

profile-picture
profile-picture
profile-picture
endonesiano78 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cahayahalimah
Fotonyah disensor pake stikeremoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah bunda habis japrian udah posting aja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€—πŸ€—πŸ€—
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hehe ada yang ngga disensor di challeng ucapan idul Fitri, lagi narsis

Quote:


Mungkin ini thread yg tercepatπŸ™ˆ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Telat... gue kira sekarang hari kamisemoticon-Mewek

Quote:


Oh iya udah liat wkwkemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Justru itu, ane lupa klo sekarang hari jum'at. Belum ada persiapan apapun. Nanti siang bNyak aktifitasemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Yeaaaaay... lagi ... lagi kaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Izin pertamax Gan disiniemoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 4 lainnya memberi reputasi
Semoga corona cepat berlalu gan, dan kita semua mendapatkan hikmah di bulan ramadhan emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 3 lainnya memberi reputasi
iya ih kangen sama keramaian tarawih sama bocilΒ² huhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 4 lainnya memberi reputasi
teesnya santik jugaemoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Silahkan ganemoticon-welcomeemoticon-terimakasih

Quote:


Aamiinemoticon-Angel

Quote:


Quote:


Hihi Uda dibilang santik, tp belakangnya emoticon-Entahlah

Kalau tamvan saya cowok dongemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-terimakasih
emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati
emoticon-Bedug
listed
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mending di kampung, anak anak msh main di sawah, dan petasan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di