CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Makassar /
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdfc2768cc957bb07bc3d1/mau-buka-puasa-apa-hari-ini-cobain-takjil-takjil-khas-makassar

Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar

#AmdarGanteng

Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
Note: Thread ini tidak di-submit ke KASKUS Kreator


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Halo agan dan sista,
Kalian mau buka puasa apa hari ini? Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan jelang waktunya berbuka puasa. Setelah berpuasa seharian, disarankan berbuka puasa dengan yang manis-manis. Karena makanan yang manis dapat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Berikut ini ane berikan rekomendasi takjil buka puasa khas Makassar:


1. Pisang Ijo/Pallu Butung
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
https://indonesia.go.id/
Pisang ijo dan Pallu Butung merupakan salah satu kuliner khas Sulsel yang bahan utamanya adalah pisang. Pisang ijo adalah pisang raja yang dibalut dengan kulit dadar berwarna hijau. Dadar ini terbuat dari tepung beras dan sari daun pandan atau pewarna makanan aroma pandan. Pisang ijo ini kemudian dikukus. Setelah didiamkan sampai dingin, dipotong-potong kecil lalu dirisam saos putih/fla yang terbuat dari santan kental. Yang membuat kuliner ini istimewa adalah campuran sirop DHT yang berwarna merah dengan aroma buah.
Sementara Pallu Butung merupakan irisan pisang rebus lalu dicampur saos putih dan sirop DHT.


2. Es Cendol
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
https://indonesia.go.id/
Es cendol hampir sama dengan es dawet, namun ukuran bulirnya jauh lebih besar. Bulirnya ini terbuat dari tepung besar, sari daun pandan. Sementara kuah es cendol terbuat dari santan kental dan gula merah.


3. Jalangkote
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
https://indonesia.go.id/
Camilan ini berisi sayuran, mie atau laksa, dan telur. Biasanya disantap dengan cairan air Lombok dicampur cuka. Jalangkote ini seringkali dijadikan takjil untuk buka puasa. Paling nikmat ditemani dengan segelas teh hangat. Jalangkote menjadi salah satu camilan favorit kala puasa. Makanya, camilan ini banyak sekali ditemui saat Bulan Ramadan.


4. Kolak
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
https://indonesia.go.id/
Kolak merupakan salah satu menu yang digemari saat berbuka puasa. Ada beberapa jenis kolak, namun yang paling dicari adalah kolak pisang. Bisa dinikmati saat masih hangat, tapi ada juga yang senang menikmati saat dingin dengan mencampur es batu.


5. Barongko
Mau Buka Puasa Apa Hari Ini? Cobain Takjil-Takjil Khas Makassar
https://indonesia.go.id/
Barongko juga merupakan camilan khas Sulsel yang juga bahan utamanya adalah pisang. Barongko terbuat dari pisang yang dihaluskan lalu dicampur telur, santan, dan gula pasir. Kemudian dibungkur daun pisang lalu dikukus. Bisa disantap saat masih hangat tapi nikmat juga saat dingin. Sangat cocok dinikmati dengan es teh saat berbuka puasa.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
annlaska dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Jalangkote andalan pas berbuka, tapi semuanya sudah pernah dicoba sih dan rasanya pengen dan pengen mulu dahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pallu butung juara itu sudahemoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
Aduh lapar
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
enak tuh pisang ijo gan
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
es pisang ijo mantep tuhh.. seger bgt pasti buat buka puasa.. jd ngiler nih wkwk
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
Baru pernah coba es pisang ijo
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
kangen banget makan jalangkote sama barongko, dulu sering dibeliin jalangkote sama bude
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
barangko belum pernah nyobain, es pisang ijo enak juga ane senengnya pas dicampur sama bubur sumsumnya gitu manis-manis gurih suka deh emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Di daerah ane pisang ijo nya kok gak kayak gitu ya emoticon-Ngakak
Versi modifikasi atau versi kw ya
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh coens1982
pengen coba barongkooo jg dah. tp fav ane ttp pisang ijo lah the bestt
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
ini yg ane ga pernah denger jalangkote sama barongko, jadi pengen nyobain haha
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
Kolak ama pisang ijonya yg enak
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
traktir ane
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan darmawati040 memberi reputasi
kolakkkk
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
es pisang ijo super seger nikmaf banget.. jalangkote baru nyobain sekali dikasih temen, gatau ada yang jual apa nggak ya di jogja
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
dah lama gk makan jalangkote. makan 1 biji udah kenyang karena gede
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
Jalangkote = epok-epok ga ya?
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
emoticon-Mewek
Pallu butung
emoticon-Matabelo
Mau
emoticon-Request
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di