CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Madura /
Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdf927337f93523c500e9d/serba-serbi-ramadhan-2020-edisi-covid-di-kotaku

Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku

Assalamu alaikum gansis

Apa kabar nih. Gimana puasanya. Gak terasa yah hari id fitri udah menanti nih. Bakal makan-makan besar dan ngemil-ngemil lagi nih. emoticon-Ngakak (S)

Ngomongin ramadhan tahun ini pastinya di mana-mana kita bakalan dengar berbagai keluhan. Adanya pandemi Covid yang menyerang seisi dunia bikin ramadhan kita tahun ini beda banget dengan ramadhan tahun-tahun kemarin.

Jaga jarak dengan orang lain yang familiar dengan istilah physical distance bikin kita gak bisa dekat-dekat lagi kan. Kasian buat yang pengen ngebet gebetan makin terhalang sikon emoticon-Ngakak (S). Udah dapat lampu merah dari ortu gebetan, dilarang pula dekat-dekat oleh gebetan emoticon-Frown. Terima nasib aja ya guyz. emoticon-Big Grin

Semoga pandemi ini cepat berakhir yah biar ntar lebarannya kita bisa salam-salam lagi. Perkara salaman mah jika membahas akan nyantol dalam segi keyakinan. Kagak usah dibahas deh.

Saya bahas tema ramadhan aja yah. Tentunya ramadhan di kotaku yah gansis. Banyak perbedaan sih dengan ramadhan sebelumnya. Ramadhan di kota kalian gimana juga yuk ceritain. Sharing-sharing-lah.

Ramadhan di tempatku. Situasinya agak beda sih. Yang tarwih dulunya sampe luar-luar mesjid orang tarawehan kini bisa dihitung jari yang melaksanakan sholat tarwih. Ya, pada tahu kan dengan si Corona itu. Nyuruh kita misah-misah dulu. Sedih juga liat orang sholat jarak safnya semeter gitu kayak lagi main bola aja pake jarak segitu. Biasa rapat amat serapat diriku ma kamu emoticon-Ngakak (S) (Saya kagak tarawehan di mesjid guys. Alhamdulillah di rumah aja. Hanya tahu dari kata "cerita orang-orang").

Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku



Mungkin di tempat kalian ada juga kesamaan dengan tradisi bila ramadhan. Semisal; adanya ketentuan sumbangan bagi masyarakat untuk digunakan buat pembangunan mesjid. Mesjid di daerahku dalam masa pembangunan guyz. Alhamdulillah yang dulu mesjidnya kecil sekarang udah besar dan luas. Perlengkapan pun udah dibuat senyaman mungkin bagi orang-orang yang sholat. Seiklasnya sih. Untuk tiap rumah dibagiin amplop kosong bertanda mesjid kami sebagai wadah untuk nyumbang. Terus dikembaliin di mesjid. Yang bagiin bocah-bocah daerah sini.

Tapi baru kali ini sih gak ada dari panti asuhan yang bertandang ke rumah buat permintaan sumbangan. Biasanya banyak.

Tradisi buka bersama di mesjid pun ada perbedaan dengan tahun kemarin. Sepi guyz. Benar-benar sepi. Sedih juga sih. Jadi gak makan-makan gratis lagi deh emoticon-Ngakak (S). Sampe hari ini belum ada info dari toak mesjid nyebutin daftar-daftar nama buat sesiapa yang punya jadwal buat sediain makanan buka puasa bersama di mesjid. Benar-benar beda. (Ada yang beda dari kamu yaitu kamu menjauhiku. emoticon-Frown). Intermezo gansis.

Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku



Yuk lanjut ceritanya.

Nah kebetulan ngebahas si toak mesjid nih. Saya tuh kadang kaget kalo dengar anak mudayya teriak-teriak merdu bangunin orang-orang. Pake nyanyi lagi. Bikin ngantuk lagi deh. Tapi kadang kalo mereka bosan suaranya kayak komentator sepak bola. Dulu sih gak make toak mesjid tapi ada beberapa anak mudayya dari daerah sini yang keliling kampung teriak sambil mukul panci, wajan, ember, gentongan pokoknya apa saja yang bisa digebukin biar bersuara nyaring buat bangunin orang sekampung yang kalo udah mimpi indah susah dibangunin. Dulu, udah lama sekali ada seorang tetangga. Bokap teman ane sih. Udah tua tapi tiap sahur tuh bangunin orang-orang dengan suaranya yang tak seberapa nyaring. Keliling kampung pake sepeda tuanya. Beliau udah almarmum. Baik banget orangnya. Sholeh. Semoga amal beliau diterima dan masuk surga. Aamiin. Sedih ingat beliau. Meninggal karena ketabrak sampe seluruh pembuluh darahnya pecah. Aduh jadi beneran cerita nih. Maaf guyz.

Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku



Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku



Masalah makanan saat ramadhan di sini kayaknya sama aja dengan dulu-dulunya. Yang beda sih penjual jajanannya makin menjamur dan tentunya harga-harganya yang makin "mehong/mahal".  Musim Corona gini semua pada mahal bikin makin nyekik aja. Inilah yang dinamakan udah jatuh tertimpa kamu juga. emoticon-Ngakak (S)emoticon-Kiss (S)

Serba Serbi Ramadhan 2020 Edisi Covid di Kotaku



Tradisi selamatan memasuki bulan ramadhan dan buka puasa bersama juga udah beda. Biasanya rame uy yang ngundang. Yaaaa gak makan gratis lagi deh. emoticon-Frown

Satu lagi tradisi yang berkurang dari daerah sini yaitu dentuman 'petasan'. Emang yang satu ini selalu buat hati senang mesti terkadang membahayakan dan mengusik pendengaran. Alhasil bisa bikin jantungan bila petasannya bersuara gede. Kayak daerahku nih. Petasan udah jarang kali ini. Beda dengan dulunya. Sekarang mah kalo bakar petasan gede bakal diamuk sama tetangga yang udah renta. emoticon-Ngakak (S). Sepi deh dardirdornya.

Dan satu yang special dari ramadhanku kali ini. Tahun ini gue ramadhan bareng Kaskus. Ramadhanku kali ini diisi dengan seru-seruan challenge ramadhan dan event-event serta tabungan Kaskus. Satu lagi yang beda. Berbagi cendol. Seru sampai bikin jari pegel kayak lagi balapan aja.

Segitu aja guyz ramadhanku dan ramadhan di kotaku tahun ini. Moga-moga Corona kabur sebelum hari Id Fitri. Biar bisa silahturahmi. Mari berbagi kebaikan di bulan penuh berkah ini. Salam ramadhan emoticon-Kiss (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 26 lainnya memberi reputasi
Yuhuu sama kaya punyaku sepi juga gara2 coronaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryglcd dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryglcd dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jajanan takjil berkurang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semua menjadi terasa sangat berbeda, corona memang mantul membuat perbedaan di segala aspek kehidupan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di