CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebde68e977513219c71b15c/mana-yang-lebih-penting-ekonomi-atau-kesehatan

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?



Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Di tengah pandemi ada yang menarik perhatian kita, dimana kesehatan dan ekonomi keduanya dihantam secara bersamaan. Bayangkan anda mau sehat ekonomi terhantam, anda ingin perekonomian stabil kesehatan yang dipertaruhkan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Covid-19 ini memang tak main-main, apalagi ketika kita tahu virus itu tak akan pernah hilang seutuhnya ketika ia mulai muncul. Maka dengan terpaksa mau tak mau, suka tak suka kita harus berdamai dengan virus ini. Resiko terpapar ada namun imun tubuh sendirilah yang dapat menyembuhkannya.

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Semua pemerintah negara di dunia pun bingung, apa yang mesti mereka lakukan bagai buah simalakama. Ekonomi dan kesehatan adalah pilar utama yang harus didahulukan, tapi apa yang harus diutamakan ketika dipaksa memilih salah satu?

Timbullah reaksi yang beragam dari masyarakat ketika negara tidak bisa tegas dalam memilih, apalagi negara berkembang dan tidak otoriter, seperti negara kita ini yang berazaskan demokrasi maka suara pemerintah itu bagai suara kentut saja. Tak didengar namun efeknya dapat dirasakan!

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Masyarakat didalam negara demokrasi cenderung bebas mengeluarkan pendapat, apapun yang dilakukan pemerintah bisa di kritik, bisa ditentang, bisa juga demo. Itulah kenapa covid-19 sangat susah dijinakkan karena kebijakan negara memang tidak tegas, mau melakukan tindakkan kekerasan pada masyarakat yang nakal maka terhadang dengan HAM.

Apalagi saat ini terlihat berapa pelanggaran yang dilakukan masyarakat ketika PSBB? Ribuan pelanggaran, padahal ini untuk kesehatan mereka sendiri. Disini teelihat aturan pemerintah seakan mentah, masih banyak orang tak mengerti apa itu aturan main dalam bernegara. Apa masih ingin dijajah, dan menjadi warga kelas 2 di tanah lahir sendiri?

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Mau pendidikannya tinggipun ketika ada check point sering sekali marah-marah, sepertinya adat tersenyum, tepa selira, gotong royong sudah mulai hilang ditelan oleh nafsu angkara murka.

Ketika pemerintah menjunjung tinggi kesehatan konsekuensinya ekonomi hancur lebur, tapi melihat fakta dilapangan masyarakatnya sendiri yang mencari penyakit. Maka kedepannya pemerintah akan lebih memilih mementingkan ekonomi negara yang mulai hidup segan matipun kasihan, tak salah utang negara kian bertumpuk.

Ketika ekonomi yang mulai diutamakan ini adalah persiapan kita, jangan sampai sakit. Ingat covid ini menularnya sama dengan flu pada umumnya cepat menyebar, apalagi terhadap orang yang umurnya sudah tua. Bila masyarakat tak menjaga diri sendiri agar tetap sehat, jangan salahkan pemerintah lagi nantinya sebab akan ada kebijakan pemerintah akan mengutamakan perekonomian negara.

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Dan saat ini keran ekonomi sudah mulai dibuka, seperti transportasi diperbolehkan bandara, stasiun, terminal. Bahkan BNPB sudah ada pengumuman agar warga yang berusia di bawah 45 tahun, diperbolehkan bekerja kembali.

Bagaimana ternyata pemerintah sudah memulai langkah untuk menjalankan roda ekonomi di masyarakat. Kalau tak dilakukan jelas akan berbahaya Indonesia bisa menjadi failed state.

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

Lalu apa pendapatmu tentang hal itu my bro, sehat atau ekonomi? Semua orang ingin keduanya tapi saat ini seakan kita dihadapi oleh satu pilihan. Salam, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?
Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?
Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?

GIF




profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 208 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
Mungkin lebih penting ekonomi yg sehat..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Keduanya merupakan tarik menarik diantara positif dan negatif yg mengakibatkan adanya supply permintaan yg tidak dapat dihindarkan yg sangat urgent nilainyaemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Why not both ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ane pilih kesehatan...
Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?
Mana Yang Lebih Penting, Ekonomi Atau Kesehatan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
dua dua nya penting
tapi kondisi covid sekarang, kita emang dipaksa milih salah satu aja, gak bisa dua dua nya
jadi ane akan pilih ekonomi
alasannya? sehat itu mahal, perlu duit juga
ekonomi nyungsep, gimana ente mau sehat?
kalo pentingin ekonomi, artinya PSBB harus di akhiri, sebodoteuing sama covid
kenapa? karena kena atau gak kena covid, ente berpeluang sehat2 aja kok, bener kata terawan, kalo imun ente bagus, gak usah takut kena covid, covid gak akan berdaya
bahaya nya paling kalo ente berinteraksi sama org lain yg pnya pnyakit bawaan, atau anak anak yg masih lemah imun nya.
dan itu bisa diakali dengan memakai APD, cuci tangan, disinfektan, dan makan makanan yg sehat bergizi, dan semua itu perlu duit (ekonomi)
jadi ane pro ekonomi ketimbang kesehatan

kalo ane jadi jokowi, ane akan sudahi PSBB gak guna ini.
tapi sebaliknya, ane akan bikin peraturan ketat soal pemakaian face shield, masker, kacamata pelindung airborne, disinfektan, dll, yg wajib dipatuhi setiap warga negara kalo mau pergi keluar rumah.
bakalan aneh sih ngeliat orang lalu lalang diluaran sana pake APD lengkap dll, tapi yah apa boleh buat? kalo mau sudahi PSBB, yah harus kek gitu.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 43 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
ini sama kayak harus milih :

Mana yg lebih penting,
kaki kiri atau kaki kanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dua2-nya penting, mas bro. Selevel. Orang sehat ekonominya ancur sampe ga bisa makan, ya tamat. Orang ekonominya ok tapi sakit2-an, ya kualitas hidupnya kacau. emoticon-Big Grin

Tapi memang ekonomi lebih penting dari kesehatan. Dengan ekonomi mapan, kesehatan bisa dibeli dan ruang buat sehat jauh lebih besar. Kalo duid ente sedikit, mau sehat itu agak sulit. Makanan yang sangat murah, justru mengandung resiko tinggi buat kesehatan. Pernah dengar penelitian bahwa justru di kalangan ekonomi bawah, yang menderita diabetes dan kolestrol tinggi jauh lebih banyak daripada kalangan menengah atas ? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
disuruh milih ato urun rembug ?

kalo milih pasti milih sehat..karena bisa ceker2 cari rezeki..
tapi kalo Sumber Rezeki di halang-halangi yaa..pasti ada gontokan..

Otak pasti mikir : kalo tu rezeki gak di dapet ujungnya sakit juga..

red: jangan bilang rezeki darimana aja ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 17 lainnya memberi reputasi
siang dan malam..harus stabil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
helekethek dan 17 lainnya memberi reputasi
sehat dulu baru kerja (ekonomi) emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Yang pasti kesehatan itu nomer satu sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adeutut
Keduanya harus seimbang. Runtuhnya ekonomi jg bisa membunuh masyarakat selayaknya penyakit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ekonomi emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 15 lainnya memberi reputasi
rakyatnya paling penting gan, karena rakyat yang cerdas menghasilkan negara yang berhasil emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kamalmalika
saya pilih nengsih aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 14 lainnya memberi reputasi
Org lbh milih ekonomi

Milih sehat tp makan ngasal, gaya hidup asal, merokok, bikin kopi cem sirup manis bgt, mkn ga teratur atau malah berlebihan.. ngimpi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 15 lainnya memberi reputasi
Kedua-nya penting

Itu semua bak lingkaran yg saling melengkapi satu sama lain

Masalahnya di tengah covid ini , gak bisa hanya memuaskan 1 pihak aja

Like it or not semua harus puas 50:50

Makanya lahirlah PSBB ini
Yg tujuannya , mencoba memperlambat/menekan penularan tanpa harus mematikan total ekonomi

Apakah efektif ? Gak , karena ini emang kebijakan 50:50

Tapi stidaknya dampaknya gak sebesar klo lu pilih salah satu.

Trus , what next ?

1.gak mungkin bertahan dengan kebijakan 50:50 yg sbenarnya juga gak efektif
2.gak bisa juga dengan mihak salah 1 yg bakal buat bencana.
( Aka. terimalah kenyataan kalau negara gak akan mau/gak sanggup kluar duit buat lockdown + negara gak mau ekonomi lumpuh juga )

Jadi apa solusinya ?

Ya New Normal , aka membiasakan diri hidup dengan covid 19 , selayaknya kita udah biasa hidup dengan Demam berdarah , malaria , TBC , dll

Paling gak selama 1-2 tahun kedepan kita hidup dengan new normal
Sampai
1.ada obat virus yg efektif
2.vaksin

Yang penting kuncinya cuma 1
1.perkuat sektor medis ( lab diagnostik , APD , alat2 medis )
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh djinggo88
Lihat 6 balasan
Yg paling penting Kesehatan Ekonomi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 15 lainnya memberi reputasi
salah satu syarat untuk mendirikan negara adalah adanya rakyat, bukan karena adanya ekonomi,

ekonomi akan bisa berjalan kalo ada rakyat, maka dari itu prioritasin rakyat dulu baru nanti ekonomi akan disokong penuh sama rakyat

kembalikan semuanya ke rakyat, jangan egois mentingin segelintir kelompok orang aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
helekethek dan 17 lainnya memberi reputasi
ekonomi sehat itu lebih penting. kenapa lebih penting karna sehat itu mahal di tambah lagi dengan iuran BPJS yang naik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di