CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Minangkabau /
Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdc6880577a95e6b6694df/maanta-pabukoan-tradisi-yang-nyaris-hilang-tergerus-zaman

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Haloo Agan dan Sista dimana pun berada. Jumpa lagi di trit ane yang masih receh dan gaje.

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Udah lama gak ngetrit nih, gegara kesibukan dan kerempongan punya baby yang lagi lasak-lasaknya.

Gimana puasa Gansis di ramadhan tahun ini? Seru?

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Kalo ane pribadi sih, merasa ada yang kurang, bahkan sangat-sangat kurang. Adanya virus covid-19 yang mewabah beberapa bulan terakhir, menjadikan ramadhan tidak lagi seseru biasanya. Dilarangnya kita untuk beraktifitas banyak di luar rumah, membuat ramadhan kian terasa sepi. Tidak ada bazar ramadhan dan aktifitas ngabuburit berupa kongkow-kongkow di tempat keramaian. Tidak ada acara-acara bukber yang biasanya selalu meramaikan tempat-tempat makan, kafe, ataupun restoran. Dan yang lebih menggelitik di lubuk sanubari para muslim adalah kurangnya kegiatan ibadah malam ramadhan, yaitu sholat tarawih. Hampir di seluruh daerah dikeluarkan peraturan untuk senantiasa beribadah di rumah saja.

Menyedihkan bukan Gansis?
emoticon-Mewek

Kita seperti diikat oleh ikatan tidak kasat mata. Dikurung dalam penjara yang tidak tertangkap oleh indera penglihatan.

Umat muslim mana yang tidak merasa sedih dan pilu?

Tapi,
Gak usah sedih, Gansis. Kita gak boleh berlarut-larut dengan kondisi ini. Ini sudah ditakdirkan oleh Sang Pemilik Kehidupan. Ambil hikmahnya aja, karena dengan begini, kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk lebih dekat denganNya. Beribadah dan meraih pahala sebanyak-banyaknya tanpa diusik godaan untuk keluyuran keluar rumah Lagian, kita masih bisa produktif koq dari rumah. Ngaskus, misalnya.

Contohnya ane kali ini, Gansis. Ini salah satu cara ane untuk mengisi waktu luang menghindari kebosanan. Menulis. Apa aja deh, yang gaje sekalipun. emoticon-Ngakak

Nah, di trit kali ini, ane ingin bercerita sedikit tentang tradisi yang sudah melegenda di daerah Minangkabau, tepatnya di bulan Ramadhan. Apa itu, Gansis? Yes, Maanta Pabukoan.


Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Agan dan Sista tau apa itu Maanta Pabukoan?

Bagi orang minang, pasti tidak asing lagi dengan tradisi ramadhan yang satu ini. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, karena tentu sudah pasti pernah menjalaninya. Salah satunya ane.

Bagi Agan dan Sista luar daerah yang tidak kenal dengan Maanta Pabukoan, ane jelaskan sedikit deh. Simak ya, biar jelas. Mana tau di antara Agan dan Sista para Kaskuser, ada yang berjodoh dengan putra putri minang.

Maanta pabukoan dari segi tata bahasa berarti, mengantarkan takjil. Maanta artinya mengantarkan. Pabukoan artinya takjil untuk berbuka puasa. Jadi jika diartikan adalah kegiatan mengantarkan makanan untuk berbuka puasa.

Maanta pabukoan adalah suatu tradisi berbagi yang dilakukan oleh seorang menantu (keluarga istri) pada saat bulan puasa atau ramadhan, yaitu mengantar makanan ke rumah mintuo (keluarga suami) dilengkapi dengan beragam penganan. Biasanya makanan dan berbagai penganan itu dikemas dalam rantang atau jamba.

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Isinya beraneka ragam, berupa masakan utama atau maincourse contohnya nasi plus gulai ayam, rendang daging, goreng ikan balado, balado telur, pangek, dendeng dan lainnya. Sementara penganannya berupa kue-kue basah, seperti lapek bugih, ondeh-ondeh, mangkuak badeta, wajik, dan ada juga yang berupa kolak pisang atau bubur manis.

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Tradisi maanta pabukoan ini merupakan tradisi lama Minangkabau yang sarat dengan nilai-nilai silaturahmi dan saling berbagi diantar dua keluarga yang lahir melalui sistem perkimpoian eksogami, dimana seorang laki-laki yang sudah beristri akan tinggal di rumah keluarga istri. Saat bulan Ramadhan datang, sang menantu (istri) diwajibkan secara adat pergi kerumah mertua (orang tua suami) membawa pabukoan.

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Tradisi ini juga dapat dimaknai sebagai wujud rasa hormat, bakti dan juga cinta seorang menantu pada mertuanya. Dapat menjadikan hubungan menantu dan mertua lebih dalam dan harmonis.

Meski perkembangan zaman sudah membuat tradisi ini sedikit tergerus, dan tampak tak lagi menarik, tapi masih banyak juga yang tetap menjaga tradisi ini agar tetap hidup dan tidak hilang ditelan zaman.

Terkait tradisi maanta pabukoan ini, Budayawan dan Seniman Sumatera Barat, B. Adoeska, menjelaskan, tradisi itu tidak semua daerah di Sumatera Barat yang melakukannya. Kabupaten Pesisir Selatan, kampung halaman ane, menjadi salah satu daerah yang masih tetap menjalankan tradisi maanta pabukoan tersebut.

Maanta Pabukoan, Tradisi Yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Tapi ....

Ramadhan tahun ini, tradisi maanta pabukoan ini terhalang oleh wabah covid-19 atau corona. Physical Distancing, lockdown dan PSBB membatasi ruang gerak kita semua. Sehingga para menantu tidak lagi memiliki kesempatan untuk mengunjungi keluarga suaminya di ramadhan ini. Apalagi bagi menantu yang tinggal jauh di luar daerah, mengikuti suaminya.

Salah satunya ane, Gansis. Tahun ini, kegiatan maanta pabukoan absen dilaksanakan. Domisili ane di luar daerah, jauh dari tempat tinggal mertua. Jangankan untuk menjalankan tradisi maanta pabukoan, mudik saja kami tidak lagi diizinkan.

Siapa yang patut disalahkan?
Entah.
Kecewakah ane? Sedih?
Tentu, Gansis! Pasti ada rasa sedih yang mengusik hati. Tapi, ini salah satu cara dan ikhtiar kita untuk ikut berpartisipasi memutus rantai penyebaran virus ganas ini. Mari kita semua taati peraturan, agar wabah ini segera berlalu. Insya Allah, Allah akan mengenyahkan virus ini segera. Kita bertemu lagi di ramadhan yang akan datang, yang berlalu dengan aman dan juga nyaman.

Gimana Sista-Sista ane tercinta, yang dari tanah minang. Alah maanta pabukoan untuak mintuo? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak


Sumber:

Satu

Dua

Dan opini pribadi



profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 172 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sylviafizzhiadh
Halaman 1 dari 5
Happy reading Gansis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 15 lainnya memberi reputasi
Semoga bermanfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarutama44 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mari pertahankan tradisi adat yang nyaris punah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarutama44 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:




Salfok sama rantangnya🤣🤣🤣🤣
Mintak cieek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarutama44 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sedih sis, tahun ni nggak ada yang maantaan pabukoan ke rumah ane.😩
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ndeh, lamaknya lai, lamang tapai tuh 😋😋😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau di ane, maanta-anta samba ko malah di hari Rayo... Hehe.. bulan puaso nd ado maanta-anta doh. Pai manjalang namonyo.

Pasai wak bakuliliang, nd sadang sahari pai manjalang.. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pai maanta awak lai gan emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
minangkabau ramai juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga tradisi ini terus di jago ya uni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane tahun ini nggak bisa ke tempat mertua. Bayi baru dua bulan😢😢
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
siko bali pabukoan ado nyo un emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jan lupo isi form nyo un kalau alah buek trit


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cendol dawet dalam pabukoan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rantang ko ha bikin silau mato awak nih😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ndeeeh gambar makanan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Rantaaang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anterin aku makanan dong kaka emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zetsjar
Lihat 1 balasan
Saya suka cincang dan gulai babat emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di