CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gejala Tidak Biasa: Sakit Perut Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdbb74b41d3068a8326d79/gejala-tidak-biasa-sakit-perut-ditemukan-pada-pasien-covid-19-di-indonesia

Gejala Tidak Biasa: Sakit Perut Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia

Jumlah positif Covid-19 di Indonesia mencapai 15.438 kasus, per Rabu (13/5/2020). Di antara gejala umum penyakit ini, para peneliti menemukan gejala sakit pada saluran pencernaan.
Sebuah studi yang dilakukan beberapa peneliti di Indonesia, menemukan pasien yang positif Covid-19 memiliki gejala gastrointestinal.

Gejala Tidak Biasa: Sakit Perut Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia

Quote:


Hasil penelitian Gastrointestinal Presentation in COVID-19 in Indonesia ini telah dipublikasikan dalam jurnal National Library of Medicine, National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Dr Khifzhon mengatakan selama ini pasien yang positif terinfeksi virus corona baru, SARS-CoV-2 menunjukkan gejala seperti demam, batuk, sesak napas, yang rerata mengarah pada flu atau pneumonia (radang paru).

Namun, para dokter menemukan gejala tidak biasa terkait saluran pencernaan pada beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit.

Jurnal penelitian ini menjelaskan seorang pasien menunjukkan nyeri dada dan gejala gastrointestinal yang selanjutnya dikonfirmasi memiliki infeksi virus SARS-CoV-2 setelah dirawat beberapa hari di bangsal standar.

Quote:


Lebih lanjut dia menjelaskan saat jurnal ini ditulis, data gejala sakit perut atau gastrointestinal belum tersedia atau belum dilaporkan Gugus Tugas Covid-19.

Quote:


Virus corona tak hanya menyerang pernapasan
Dr Khifzhon menegaskan studi ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang bagaimana virus corona menginfeksi manusia. Sebab, tak sedikit masyarakat yang memahami masuknya virus ini hanya menginfeksi saluran pernapasan.

Quote:


Lebih lanjut dr Khifzon menjelaskan untuk menginfeksi sel tubuh manusia, virus corona SARS-CoV-2 membutuhkan reseptor ACE2. Dalam sejumlah penelitian, reseptor ini cukup banyak dan tidak hanya ada di saluran pernapasan.

Quote:


Kendati demikian, gejala ini tidak terjadi pada semua pasien. Dalam penelitian ini, kasus yang terjadi pasien yang diteliti, datang dengan keluhan BAB cair atau diare, tanpa disertai batukl, demam, atau gejala umum Covid-19 lainnya.

Quote:




sumurbor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sayaanakhilang dan 4 lainnya memberi reputasi
Bahaya kl bisa menyebar lewat kotoran emoticon-Takut
profile-picture
gta007 memberi reputasi
Wah emang ga main-main ya penyakit ini, bener-bener berubah-ubah terus gejalanya astaga bikin makin parno
profile-picture
gta007 memberi reputasi
Gila ya, nambah-nambah terus gejalanya, makanya mending di rumah dulu aja deh kalo bisa, menghindari hal-hal yang tak diinginkan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di