CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd790b10d2953c23635d97/tips-sukses-puasa-di-tengah-pandemi-covid-19

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19


Selamat menjalankan puasa Ramadhan, somoga kita semua selalu di beri kesehatan dan Covid-19 segera musnah dari bumi ini, aamiin.


Menjalani puasa Ramadhan di tahun ini terasa sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Berpuasa di tengah wabah virus corona, tentu menjadi tantangan terberat bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Dimana, selain menahan lapar dan haus, kita juga harus menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit supaya terhindar dari berbagai macam paparan virus, terutama virus corona yang sangat berbahaya ini.

Jumlah korban Covid-19 yang semakin hari semakin bertambah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kita semua, sehingga kita harus berhati-hati serta menjaga diri agar terhindar dari virus ini. Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali dampak yang timbul akibat munculnya Covid-19 ini, termasuk yang kita rasakan saat ini mulai dari PSBB sampai ditiadakannya kegiatan yang bersifat keagamaan.

Berpuasa di tengah pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih cerdas dalam menjaga kesehatan tubuh kita, agar sistem imun dalam tubuh kita tetap kuat, sehingga kita tidak mudah terpapar beragam virus-virus yang membahayakan untuk diri kita.

Berikut saya telah merangkum tips menjalani puasa Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

1.Cukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Ini adalah hal terpenting, karena dengan memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam tubuh kita akan membuat tubuh kita tetap fit seharian, sehingga imun kita tetap terjaga meskipun sedang berpuasa.
 
Quote:

 
Konsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Jika di rasa perlu suplemen tambahan, anda bisa membelinya di apotek terdekat. Namun alangkah baiknya kita mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitami dalam tubuh kita dengan makan-makanan sehat, bergizi, kaya akan vitamin, bernutrisi, serta berprotein tinggi.

Quote:


2.Perbanyak minum air putih

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Terutama saat berpuasa, tubuh kita akan lebih rentan mengalami dehidrasi, oleh karena itu kita memerlukan air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Air putih yang cukup, juga mampu menjaga sistem imun dalam tubuh. Kandungan air dalam tubuh kita sebanyak 75%. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan air putih sangatlah penting.
 
Quote:

 

3.Istirahat yang cukup

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Istirahat adalah hal yang tidak boleh kita lewatkan, dengan istirahat yang cukup mampu menjaga  sistem imun tubuh kita serta terhindar dari kelelahan.
 
Tidur siang di saat bulan Ramadhan sangat penting untuk kesehatan. Tidur siang bertujuan agar tubuh kita tidak kelelahan, serta menjaga agar stamina tetap prima. Tidur siang di saat bulan Ramadhan mampu membantu mencukupi kebutuhan istirahat yang di perlukan oleh tubuh kita, karena di saat malam hari, waktu tidur kita sangat terbatas.
 
Namun di balik pentingnya tidur siang, tidur malam juga sangat penting, karena tidur malam di bulan Ramadhan lebih singkat dari hari di luar Ramadhan. Usahakan untuk mempercepat waktu tidur kita disaat malam hari dan hindari begadang bemi hal yang tidak penting, agar kita dapat terbangun untuk sahur.
 
Quote:

 
4.Olahraga teratur

Meskipun kita sedang berpuasa, alangkah baiknya kita tetap berolahraga. Olahraga ini sebaiknya kita lakukan setelah sahur atau setelah shalat Subuh. Tidak sedikit orang yang sehabis shalat Subuh justru langsung melanjutkan tidur. Tidur setelah sahur adalah kebiasaan yang tidak baik, dari pada tidur lebih baik kita menggerakkan tubuh kita untuk berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga sehabis sahur juga membuat tubuh kita fit dan tidak lemas saat siang hari atau sore hari menjelang berbuka puasa.
 
Tidur setelah sahur justru akan membuat tubuh kita terasa lemas saat bangun, bahkan bisa membuat kepala kita terasa pusing. Untuk mengatasi ini terjadi, lakukan kegiatan positif seperti menggerakkan tubuh kita agar rasa ngantuk tidak datang.
 
Quote:

 
5.Menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Dengan menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman, maka kita tidak akan merasa bosan jika harus berda di rumah dalam waktu yang relatif lama. Cara ini sangat efektif agar seluruh penghuni rumah merasa lebih nyaman berada di rumah. Cara ini dapat kita lakukan dengan sering bercengkrama dengan keluarga, kompak dalam melakukan segala sesuatu seperti memasak bersama, dan saling bantu-membantu pekerjaan satu sama lain.
 
6.Ngabuburit asik tanpa harus keluar rumah

Tips Sukses Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Menunggu waktu berbuka dengan berkeliling desa menggunakan sepeda motor tentu menjadi kebiasaan yang menyenangkan, yang sering kita lakukan sebelum adanya Covid-19 ini. Kemunculan Covid-19 yang membatasi ruang gerak kita membuat kita harus lebih kreatif dengan merubah semua hal yang menyenangkan agar bisa di lakukan di rumah. Ngabuburit dengan cara bercanda dengan keluarga dan menonton film kesukaan bersama keluarga merupakan cara terbaik pengganti ngabuburit keliling desa, terlebih lagi jika kita menonton film bergenre komedi, tertawa lepas dengan keluarga akan membuat waktu menanti berbuka puasa tidak terasa begitu lama.

Quote:


Itu tadi tips dari ane, semoga bermanfaat. emoticon-I Love Kaskus

Penulis : @Anissanuryantri
Sumber : opini pribadi
Pic : dokumen pribadi


Pelalawan, 14 Mei 2020




Spoiler for bagi-bagi cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
draculamhawk dan 8 lainnya memberi reputasi
Menarik, perhatikan tata bahasamu lagi. Informasinya sangat bermanfaat dan bahasanya santai. Semangat berkarya.
profile-picture
Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo istirahat udah terlalu cukup kayanya wkwkk yang lumayan sulit itu adalah rutin olahraga sih hehehe
profile-picture
Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang penting banyakin makan dan minum dan jangan lupa minum vitamin c biar tetap kuat badannya hehehe
profile-picture
Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di