CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banyak Penumpang Pesawat Mengakali Penerbangan Khusus untuk Berpergian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd68d1eaab251f1512c016/banyak-penumpang-pesawat-mengakali-penerbangan-khusus-untuk-berpergian

Banyak Penumpang Pesawat Mengakali Penerbangan Khusus untuk Berpergian

Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai ada oknum penumpang pesawat yang sengaja memanfaatkan celah aturan penerbangan khusus untuk berpergian.

Itu merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Menurut Alvin, SE tersebut judulnya pembatasan tetapi isinya membuka ruang bagi siapapun yang ingin berpergian dari dan ke daerah PSBB maupun zona merah.

"Yang terjadi sekarang masyarakat memanfaatkan celah-celah itu untuk berpergian keluar dari dan masuk daerah PSBB dan zona merah," kata Alvin Lie kepada Tribunnews, Kamis (14/5/2020).

Berdasarkan SE Nomor 4 Tahun 2020 tersebut, terdapat beberapa orang yang masuk dalam kriteria pengecualian dengan izin surat tugas.

Mereka adalah yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta, yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan Covid-19.

Alvin memandang izin surat tugas yang diberikan dari lembaga pemerintah maupun swasta ini bisa dibuat secara tidak resmi.

"Memang tidak mudah untuk diverifikasi, misalnya saja surat tugas dari swasta itu asli atau tidak, yang penandatangannya juga sah atau tidak. Itu bagaimana mengeceknya?" tanya Anggota Ombudsman RI tersebut.

Menurut dia, Peraturan Menteri Perhubungan 18/2020 fungsinya mengatur tentang jumlah maksimal muatan pesawat dan moda transportasi lain, sedangkan Permenhub 25/2020 judulnya tentang pembatasan transportasi untuk mendukung aturan larangan mudik.

"Jadi sebenarnya justru membuka peluang siapa saja yang boleh berpergian, ditambah statement dari Menteri Perhubungan, awalnya hanya pebisnis dan lain sebagainya," jelas dia.

Demikian juga SE Nomor 32 Tahun 2020 yang dikeluarkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub hanya mengatur fungsi masing-masing pemain di sektor perhubungan udara.

Alvin menilai SE dari Dirjen Udara tidak mengatur secara rinci mengatur kapan airlines boleh menerbitkan tiket, jumlahnya berapa tiket karena harus dibatasi.

"Walhasil banyak sekali celah saya khawatir instruksi presiden melarang mudik dan harapan kurva turun itu akan mubazir alias sia-sia," tuntasnya.



Emang ya aturan dibuat untuk dilanggar
Susah warga +62 diaturnya
Entah yg salah pemerintah atau warganya
PSBB bikin pusing, banyak kepala banyak aturan.
emoticon-Cape deeehh

Gimana para garda terdepan kita klo liat begini, mereka pasti sakit rasanya di hati, udah cape2 kerja gak ketemu keluarganya, tidur sebisanya dimana saja, ngenes rasanya.

emoticon-sad

PHK dimana mana, karyawan gak digaji, dagangan sepi, usaha tutup, daya beli masyarakat turun, bantuan sosial entah nyangkut dimana yg digadang2.

Apakah kita harus terus bersabar?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donnynp
Sedih baca beginian ane. Seenaknya sendiri kadang orang orang, jangan ditiru yang begini
Ni menteri² di reshuffle aja dah
pesawatnya ada stiker ajaib gak tuh bre ky yg dipake bis ?? emoticon-Leh Uga
Kalo liat kaya gini jadi kepikiran sama tenaga medis yang sampe susah makan dan susah tidur 😑
belunder dalam membuat peraturan, yah begitulah, mudah2an aja nggak ada pandemi susulan
Ngga heran, setiap aturan pasti ada aja yang ngakalinnya, miris banget sih, semoga bisa segera ditindak tegas
Wah-wah ini nih yang bikin banyak orang marah-marah di bulan puasa, ada-ada aja caranya buat ngakalin huh


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di