CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd46f1a2d1955a003e3cae/pemerintah-jelaskan-alasan-melonjaknya-kasus-corona-ri-sejak-kemarin

Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin

Pemerintah sebut beberapa daerah sudah memiliki kapasitas pemeriksaan lebih baik sehingga memunculkan tambahan pasien baru signifikan


Pemerintah menjelaskan mengapa jumlah kasus baru positif virus corona melonjak sejak Rabu (14/5). Hal ini lantaran beberapa daerah sudah memiliki kapasitas pemeriksaan lebih baik dengan jumlah reagen PCR yang cukup sehingga memunculkan tambahan pasien baru signifikan. Diketahui sebanyak 480.000 reagen PCR telah didistribusikan pemerintah ke daerah agar target 10.000 test per hari tercapai.

Pada Rabu (13/5) jumlah tambahan yang diumumkan sebesar 689 orang atau tertinggi sejak 2 Maret 2020. Sedangkan tambahan pasien pada Kamis (14/5) masih berada di angka 548 orang atau rekor kedua tertinggi.

Juru bicara nasional penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan salah satu contoh daerah yang mengalami lonjakan kasus adalah Sulawesi Tenggara. Total kasus baru di Provinsi ini kemarin mencapai 91 orang. Padahal dari 5 Mei sampai 12 Mei, Sultra hanya mencatatkan 12 kasus positif baru.

 “Ini karena spesimen yang semula dikirim ke Makassar bisa diperiksa di tempat itu,” kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (14/5).

(Baca: Melonjak 568 Kasus, 16 Ribu Orang di RI Terinfeksi Virus Corona )

Sedangkan tambahan kasus kedua terbesar hari ini terjadi di Sumatera Selatan dengan jumlah 119 pasien baru. Padahal total selama empat hari ke belakang, tambahan kasus di Provinsi ini hanya mencapai 44 orang.

Dalam rilis hari ini, jumlah  tambahan tes spesimen yang dilakukan  mencapai 4.495 sampel dari 4.241 orang. Sedangkan uji spesimen kemarin sebanyak 4.067 dari 3.844 kasus. Sebagai perbandingan, jumlah tes hari Selasa (12/5) hanya 3.770 sampel terhadap 3.370 orang. Adapun dalam rilis daya Senin (11/5), jumlah sampel diperiksa sebanyak 3.078 dari 2.906 kasus.

Semakin banyaknya daerah yang mampu memeriksa kasus ini juga karena tes cepat molekuler TBC mulai berjalan untuk deteksi corona. Pemerintah juga telah mengirimkan cartridge ke 64 rumah sakit di 30 provinsi seluruh Indonesia.

Yurianto mengatakan alat ini akan membantu daerah yang rentang jarak cukup jauh dari fasilitas uji polymerase chain reaction (PCR). Beberapa yang akan terbantu antara lain Kabupaten Yapen, Nabire, Timika, Mimika, Merauke, Nias, dan sebagainya. "Karena ini jauh aksesnya kalau menunggu PCR, maka itu (TCM) yang kami gunakan," ujar Yurianto.

(Baca: Kasus Covid-19 Bertambah, Pemerintah Sebut Belum Longgarkan PSBB)

Dia juga menjelaskan pemeriksaan corona dengan mesin TCM TB sudah sebanyak 719 spesimen hingga hari ini. Sedangkan, pemeriksaan dengan PCR mencapai 172.971 spesimen.

Dari uji spesimen di kedua metode tersebut, ada tambahan 568 orang yang terkonfirmasi positif corona pada hari ini. "Sehingga totalnya sebanyak 16.006 orang," kata Yurianto. 


Tambahan kasus terbanyak pada hari ini masih berada di Jakarta, yakni 134 orang. Posisi kedua disusul oleh Sumatera Selatan dengan tambahan kasus positif corona sebanyak 119 orang.

Kemudian, ada tambahan 91 kasus positif corona di Jawa Timur, 43 kasus di Jawa Tengah, dan 37 kasus di Sulawesi Selatan. Ada pula tambahan 32 kasus positif corona di Sumatera Barat, 18 kasus di Papua Barat, 13 kasus di Banten, 12 kasus di Maluku, 9 kasus di Jawa Barat, dan 9 kasus di Sulawesi Tengah.

Selain itu, tambahan kasus positif corona juga terdapat di Kalimantan Timur (8), Nusa Tenggara Barat (6), Riau (6), Bali (5), Yogyakarta (4), Papua (4), Kalmantan Tengah (3), Kalimantan Selatan (3), Maluku Utara (3), Bengkulu (2), Sumatera Utara (2), Gorontalo (2), Jambi (1), Sulawesi Utara (1), dan Sulawesi Barat (1).

(Baca: Ilmuwan Hong Kong: Kemungkinan Besar Corona Berasal dari Kelelawar)

https://www.google.com/amp/s/katadat...-sejak-kemarin

Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin

Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin
Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joko.win
wait test molekuler TBC mendeteksi gejala corona yg bs jadi malah TBC emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan kalkuser memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
semakin banyak yg di test smakin banyak yg positip
Diubah oleh kalkuser
Bulan puasa, gak makan dan minum di siang hari.
artinya angka covid nya yurianto bisa saja di lapangan lebih besar lagi angka nya dengan asumsi peralatan di lapangan memadai

artinya ngapain juga kita buang2 waktu dengerin yurianto ngomong di tv? toh angka real nya jauh lebih besar kok
profile-picture
profile-picture
Inbox.Kosong dan suparijobingung memberi reputasi
itu alat tes TBC basisnya PCR, namanya genexpert. sudah dipasang di banyak RSUD, kalau nggak salah ini proyeknya KNCV & WHO. memang tinggal ganti cartridge bisa buat deteksi covid19. sayangnya belum semua RSUD yang punya genexpert kebagian cartridge.
profile-picture
suparijobingung memberi reputasi
Semoga cepet selesai deh kasusnya makin mengkhawatirkan
Relaksasi emoticon-Leh Uga
Nambah lg. Ntap surantap
Model laporannya aja dirapel begini, gimana mau bikin kurva yg bener emoticon-Cape d... (S)
Pemerintah Jelaskan Alasan Melonjaknya Kasus Corona RI Sejak Kemarin

Banyak cakap lu tong, inti permasalahannya itu otak ini orang bre...eh, ada otak nggak sih? Kurang tau juga sih...dongoknya kebangetan soalnya...
profile-picture
kedudu memberi reputasi
mungkin melonjaknya kasus covid karena yg diperiksa dibuat positif dulu,, ntar 10 hari kemudian dibuat sembuh emoticon-Hammer2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di