CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Transportasi Jadul Dalam Kenangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd42c49a972e6ecb3f4f02/transportasi-jadul-dalam-kenangan

Transportasi Jadul Dalam Kenangan

Transportasi Jadul Dalam Kenangandiolah dari pinterest.com


Pada hari Minggu
Kuturut ayah ke kota
Naik Delman istimewa
Kududuk di muka
Di samping pak kusir yang sibuk bekerja
Mengendali kuda supaya baik jalannya

Tuk... Tik... Tak... Tik... Tuk... Tik... Tak... Tik... Tuk

Tuk... Tik... Tak... Tik... Tuk... Tik... Tak...
Suara sepatu kuda.



Pasti familiar dengan lagu ini. Yap. Trit kali ini mengulik transportasi jaman dulu dan masih eksis sampai sekarang, baik di desa dan di kota.
Meski, tujuan utamanya hanya melestarikan peninggalan budaya dan sejarah. Itu pun tidak jadi soal.

*

Moda transportasi yang berbeda sedikit dalam spart partnya atau pun namanya yang di masing-masing daerah. Juga, hewan penariknya.

Kira-kira kulikanku ini salah atau kurang lengkap, monggo dilengkapi!

*


1. Setrek.

Transportasi Jadul Dalam Kenangandiolah dari wikipedia.com


Setrek atau Cikar adalah moda transportasi tradisonal yang ditarik oleh dua ekor sapi. Dengan roda terbuat dari karet atau dari ban mobil bekas.

Setrek, biasa dipakai mengangkut bambu, hasil bumi dan pertanian.

Jaman aku kecil, setrek mempunyai tanda khas berbentuk lonceng yang berdentang-dentang sepanjang jalan. Lonceng itu mengantung di leher sapi sebagai kalung. Selain itu, suara ledakan cemeti nya, mengundang kaki-kaki kecil kami, mengikuti di belakangnya. Sesekali, berani meloncat untuk membonceng di belakang setrek. Akibatnya, suara ledakan cemeti.

" Cetaarrr!"

Menakutkan tapi sekaligus menyenangkan!


2. Dokar


Transportasi Jadul Dalam Kenangandiolah dari pinterest.com



Dokar kalau menurutku adalah kereta kuda yang ditarik oleh seekor kuda atau dua ekor kuda.
Yang membedakan adalah bentuk rodanya.
Rodanya terbuat dari kayu jati tua dilapisi besi.
Dokar ini mengangkut penumpang.

Jaman aku kecil, dokar ini cocok untuk jalan kasar dan berbatu.

Dokar, Sado, Delman dan Bendi ternyata adalah istilah yang sama.


Transportasi Jadul Dalam Kenangandiolah dari pinterest.com


Suara kaki kudanya, sangat pas dengan lagu di atas.

3. Andong

Transportasi Jadul Dalam Kenangandiambil dari wikipedia.com


Kereta yang ditarik kuda, namun roda yang dipakai adalah dua pasang atau empat roda.

Satu pasang roda yang lebih kecil di bagian depan dan sepasang lagi lebih besar di bagian belakang.

Andong banyak terdapat di daerah sekitaran Solo dan Jogja.

Andong bentuknya lebih besar dari dokar.

Penumpangnya duduknya saling berhadap-hadapan.

Yang duduk di depan menghadap ke belakang.
Yang duduk di belakang menghadap ke depan.

Ada satu tempat duduk lagi di samping kusir.

Nah, bagaimana?
Bisa membedakan yang satu dengan yang lainnya?

Kalau yang sering melintas di Monas, itu apa ya namannya?


Selamat malam

JAGAT ALIT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 172 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
andong di kampung ane masih ada bre
tp dipake buat sarana jalan² bocil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
haahaha sama andong juga di komplek ane masi jalan ngangkut bocil keliling komplek

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lagu pada hari minggu gak sesuai berarti ya, dia naik delman tapi duduk di muka, harusnya kan andong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Lah dokar sama andong ternyata beda yak wkwk baru tau ane. btw kadang kasian ngeliat muka kudanya kalo lagi narik gitu ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Naik getek gan jangan lupa, dulu sering naek getek dari kampung ke desa lain, ngeri2 sedap takut geteknya tenggelem atau terbalik
emoticon-Ngakak
Spoiler for Naik Getek:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh b.p.r.d
Lihat 4 balasan
Saking langkanya kendaraan tradisional, sekelas bentor yg jelas2 bermesin pun skrg dianggep kendaraan tradisional emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Andong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Delman masih banyak di Monas kalo pas weekend sebelom Covid

Kalo andong udah diabadikan jadi nama Gang di daerah slipi/kotabambu..Gang Andong

Kalo dulu ane prefer bemo..jaman dengkul belom beradu kalo duduk papasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sekarang malah exis di tempat ane model gituan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dokar masih ada tapi dipakai buat wisata keliling taman pas musim liburan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lah terminal andong namanya apa gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kendaraan gitu, skrng banyak di naikin bocil" bre. Mantap sih ngenalin mereka kendaraan jaman dulu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
di kampung ane majalaya masih banyak delman. waktu kecil demen bener naik delman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sepertinya di kota" yang gaada dikampung" masih ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bilikikik dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ferarri pada masanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jogja jik okeh gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dokar, andong, delman masih ada di beberapa tempat tapi untuk wisata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dulu ane sekolah naek dokar. Milihnya duduk di depan, samping kusir.

Kalau di belakang sengsara, badan ane kecil, dipepet ama emak2 + barang belanjaan-nya.

Cm duduk di depan, ane mulai berasa zonk begitu si kuda mulai angkat2 ekornya.

Pertanda lah...... BROTTTTT.... Gile baunya gan... Pdhl tuh kuda vegetarian...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
delman masih ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di