CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
LBH soal BPJS Naik: Presiden Membangkang terhadap Hukum
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd3f0cc0cad7224c6cdc53/lbh-soal-bpjs-naik-presiden-membangkang-terhadap-hukum

LBH soal BPJS Naik: Presiden Membangkang terhadap Hukum

LBH soal BPJS Naik: Presiden Membangkang terhadap Hukum

Jakarta-- Langkah pemerintah menaikkan lagi iuran BPJS bisa dikatakan bentuk pembangkangan hukum. Hal tersebut disampaikan Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun saat dimintai keterangan terhadap kenaikan iuran BPJS, Kamis (14/5/2020).

"Kenaikan iuran BPJS termasuk pembangkangan terhadap putusan MA. Memang putusan MA dilaksanakan pemerintah. Perpres lama dicabut, tapi muncul Perpres baru yang substansinya kenaikan," ujar Refly.

Menurut Refly, terbitnya Perpres baru tersebut juga sebagai bentuk mengakali putusan MA. Padahal substansi putusan MA bukan soal penerbitan Perpres baru atau tidak, melainkan kenaikan iuran.

"Substansinya yang dipersoalkan, kenaikan. Kembali yang dilakukan Pemerintah terkesan mengakali, caranya memunculkan lagi Perpres yang baru," kata dia.

Refly menyatakan seharusnya pemerintah dalam mengatasi defisit BPJS bukan tidak membebani masyarakat dengan menaikkan iuran. Tetapi dengan membenahi manajemen dan tata kelola BPJS sebagaimana bunyi pertimbangan putusan MA.

Presiden Jokowi telah menerbitkan Perpres Nomor 64 Tahun 2020 yang mengatur kembali kenaikan iuran BPJS Kesehatan per Juli 2020, bahkan naik hampir 100 persen untuk Kelas I dan Kelas II.

Sementara khusus Kelas III, kenaikan berlaku secara bertahap, dan pemerintah berjanji akan memberikan subsidi bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Besaran kenaikan juga nyaris sama dengan Perpres Nomor 75 tahun 2019 yang telah dibatalkan Mahkamah Agung (MA) sejak akhir Februari.


Sumber: https://www.limbago.id/terkait-iuran...gkangan-hukum/

Baca Juga: https://www.limbago.id/pp-sudah-dite...gga-pecat-pns/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh limbago.id
Jokowi bisa di impeachment breemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
urban21 dan bangsutankeren memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Edited




Maap ane bacanya jadi LBP. Makanya ane kira salah ketik judul.
Bener2 dah.. Kena genjutsu ini ane..
profile-picture
profile-picture
limbago.id dan bangsutankeren memberi reputasi
Diubah oleh biglingz
Bukti, utk periode ini, pembantu/pembisik Presiden di bidang kesehatan adalah org2 yg lebih suka melihat masyarakat menderita dari pada melakukan pekerjaannya mati2an supaya rakyat ga menderita..

Kebijakan awal covid udah berantakan, bikin situasi kyk skr, masyarakat jd korban, skr dari masalah BPJS pula emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantintuuun dan 5 lainnya memberi reputasi
Aye kira jg LBP emoticon-Takut
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Meme anies yg suka2 gw bang*** sekarang berubah jadi meme joko dong?

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
limbago.id dan 2 lainnya memberi reputasi
Gwa kira Luhut Binsar Hanjaitan yang ngomong gitu
profile-picture
profile-picture
limbago.id dan bangsutankeren memberi reputasi
impeachment ntar ganti wapres yg maju dong...sami mawon
profile-picture
limbago.id memberi reputasi
nanti para ebong akan menggiring opini buat nyalahin beye, krn bpjs dibentuk oleh sby. bgitulah kira2.
profile-picture
limbago.id memberi reputasi
Jelas sekali seberapa besar nilai keberpihakan regim banteng ke wong cilik.... Hanya slogan... Di masa pandemi harga minyak dunia yg anjlok aja pemerintah enggan menurunkan harga...ini menaikan iuran BPJS..
profile-picture
limbago.id memberi reputasi
Presiden aja memberikan contoh pembangkangan gehadap hukum.... Bagaimana rakyat mau patuh terhadapa himbauan2 prrsiden
profile-picture
limbago.id memberi reputasi
ane jadi penasaran kenapa di periode 2 gini bener ya? ane bukan pembangkang pemerintah. tapi kenapa gini bener?

makin lama kek makin bikin stress denger kebijakan aneh aneh tiap hari
profile-picture
limbago.id memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pemerintah ini ane akuin strategi berkuasanya jenius (baca : kejam, bengis dan keji)
mungkin para pengambil keputusan dan pengatur strateginya banyak belajar dari "art of war".

hanya sayangnya, strategi itu dipakai untuk menindas dan menginjak-injak rakyatnya demi langgengnya kepuasan perut dan kekuasaan mereka.

profile-picture
limbago.id memberi reputasi
iuran sudah nggak naik 6 tahun, defisit makin besar, terus bagaimana caranya supaya nggak defisit? kalau cuma ngomong efisiensi, gampang aja. saya di sini nggak bela BPJS kes, tapi coba bandingkan performa BPJS kes dibandingkan asuransi swasta, lihat besaran biaya operasional dibandingkan dana kelolaan.
kalau iuran dipaksa nggak naik, maka pilihan cuma 2: kurangi benefit peserta atau peserta dipaksa membayar cost sharing macam zaman askes.
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di