CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dalil Zakat Fitrah dan Hukuman bagi Orang yang Tidak Mau Berzakat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd3e36af7e93282837de1a/dalil-zakat-fitrah-dan-hukuman-bagi-orang-yang-tidak-mau-berzakat

Dalil Zakat Fitrah dan Hukuman bagi Orang yang Tidak Mau Berzakat

Dalil Zakat Fitrah dan Hukuman bagi Orang yang Tidak Mau Berzakat
Dalil tentang zakat fitrah. Foto: Getty Images/iStockphoto/imran kadir

Jakarta - Allah Swt memberikan kelebihan pada sebagian orang atas sebagian yang lain dalam rezeki. Allah mewajibkan orang mampu untuk memberikan pada orang fakir hak kewajiban (zakat) yang sudah ditetapkan, tidak enggan memberikan tetapi tidak pula mengharap balas.

Allah Swt berfirman,


وَاللهُ فَضلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الرزْقِ ۚ فَمَا الذِينَ فُضلُوا بِرَادي رِزْقِهِمْ عَلَىٰ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَهُمْ فِيهِ سَوَاءٌ ۚ أَفَبِنِعْمَةِ اللهِ يَجْحَدُونَ


"Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?" (an-Nahl: 71)

Selain itu, Allah Swt juga berfirman,

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَق لِلسائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Artinya: "Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta, dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." (az-Zariyat: 19).

Rasulullah Saw bersabda:

"Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah, siapkanlah doa untuk bala bencana." (Diriwayatkan Abu Dawud dalam bentuk mursal dari al-Hasan).

Dalam buku 'Fiqih Islam Wa Adillatuhu' oleh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, ada hukuman di akhirat ataupun di dunia bagi orang yang tidak mau berzakat (https://www.detik.com/tag/zakat) . Seperti yang tercantum dalam firman Allah Swt,

يٓأَيهَا ٱلذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن كَثِيرًا منَ ٱلْأَحْبَارِ وَٱلرهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْولَ ٱلناسِ بِٱلْبطِلِ وَيَصُدونَ عَن سَبِيلِ ٱللهِ ۗ وَٱلذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذهَبَ وَٱلْفِضةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللهِ فَبَشرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ.

يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِى نَارِ جَهَنمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنفُسِكُمْ فَذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ

Artinya: "...Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa meraka akan mendapat) azab yang pedih, (ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, "Inilah harta bendamu yang kami simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (at-Taubah 34-35).

Nabi Muhammad Saw juga bersabda,

"Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu tidak membayarkan zakatnya, maka hartanya itu akan diwujudkan dengan ular botak yang mempunyai dua titik hitam. Ular itu akan melilitnya pada hari kiamat, mengambil dengan kedua lehernya, kemudian berkata 'Aku hartamu, aku simpananmu', lalu membaca 'Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pad ahari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan yang ada di langit dan di bumi dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (HR. Pemilik Kutubus Sittah (enam kitab hadits) selain at-Tirmidzi dari Abu Hurairah (Jam'uz Zawaa'id)).

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
trit dakwah

salah kamar om
Semua penuh ancaman...emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
jaman bocil ane sampe bawa2 beras kesekolahemoticon-Leh Uga
Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa, Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas (Qs. Al-Mukminun : 5-7)

@yeytothesouz
@auto.debus666
Zakat kok maksa
Kaga ngasih di hukum

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
kalo yg simpan aila agia masalah perzakatan gmn Gan? kalo di itung itung kan itu harga emas sekilo kurang???
Quote:


astajem, lebih baik bayar jizyah drpada di b*n*h ya akhi emoticon-Marah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di