CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd374365b24d3cd25638d4/alba-longa-dari-sinilah-romawi-berasal

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Sisa-sisa reruntuhan Alba Longa di lereng Bukit Alba.
Sumber

Alba Longa atau Albalonga adalah sebuah kota Latin kuno di Italia Tengah yang terletak di Bukit Alba, sekitar 19 km di sebelah tenggara kota Roma. Kota yang menjadi pendiri dan ketua Liga Latin tersebut akhirnya runtuh pada pertengahan abad ke-7 SM setelah dihancurkan oleh Kerajaan Romawi. Para penduduk yang tersisa dipaksa untuk menetap di Roma.

Dalam mitologi Romawi, Remus dan Romulus selaku pendiri kota Roma sekaligus Kerajaan Romawi berasal dari Alba Longa. Seorang sejarawan Romawi bernama Titus Livius menyatakan bahwa beberapa keluarga bangsawan Romawi juga berasal dari kota itu, seperti keluarga Cloelius, Curiatius, Geganius, Julius, Quinctius, dan Servilius.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Ascanius pendiri Alba Longa.
Sumber

Alba Longa didirikan oleh Ascanius pada abad ke-12 SM atau tepatnya pada tahun 1151 SM dengan tujuan mengurangi kepadatan Lavinium, sebuah kota pelabuhan yang terletak sekitar 53 km di sebelah selatan Roma. Ascanius adalah seorang raja legendaris Alba Longa yang juga anak dari pahlawan Perang Troya, Aeneas. Ia juga merupakan leluhur dari Romulus dan Remus.

Dalam bahasa Latin alba berarti “putih” dan longa berarti “panjang”, itu bermakna “kota putih panjang”. Data arkeologi menunjukkan Alba Longa terdiri dari beberapa desa Zaman Besi serta nekropolis (makam yang terpisah dari permukiman). Desa-desa ini masih belum berbentuk urban saat dihancurkan oleh Kerajaan Romawi.

Setelah keruntuhan Troya pada tahun 1184 SM, Aeneas memimpin sekelompok rakyat Troya yang tersisa untuk mencari kehidupan baru. Setelah mengembara ke Kartago dan mengarungi Laut Mediterania, mereka tiba di Latium, Semenanjung Italia yang segera disambut oleh Latinus, raja Latin periode awal.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Lukisan karya Francesco de Mura (1696-1782) yang menggambarkan kedatangan Aeneas ke Latium.
Sumber

Berikutnya terjadi pernikahan antara Aeneas dan putri Latinus, Lavinia. Aeneas mendirikan kota baru Lavinium sebagai penghormatan untuk istrinya. Pada suatu ketika Latinus wafat saat bertempur dan Aeneas naik takhta sebagai raja Latin.

Beberapa tahun kemudian Aeneas juga terbunuh dalam peperangan. Ascanius anaknya dari istri Creusa menjadi raja Latin berikutnya, meskipun tata negara diwalikan oleh ibu tirinya Lavinia sebab ia masih anak-anak. Di sisi lain, hubungan Lavinia dengan Aeneas dikaruniai seorang anak bernama Silvius. Khawatir dengan Ascanius yang semakin dewasa, Lavinia menitipkan Silvius kepada Tyrrhenus, seorang raja Etruska yang juga kawan baik ayahnya Latinus.

Ketika beranjak dewasa, tampuk kekuasaan dipegang langsung oleh Ascanius. Melihat kota Lavinium yang semakin padat, ia membuka permukiman baru di lereng Bukit Alba, kira-kira di dekat lokasi Kastil Gandolfo. Ascanius memindahkan 600 keluarga ke sana dan menamakannya Alba Longa yang berstatus wilayah koloni Lavinium. Rentang waktu dari pendirian Lavinium ke Alba Longa sekitar 30 tahun.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Kastil Gandolfo di lereng Bukit Alba.
Sumber

Setelah 38 tahun berkuasa, Ascanius wafat meninggalkan konflik antara saudara tirinya Silvius dan anaknya Iulus. Pada akhirnya Silvius tetap naik takhta dan memerintah selama 29 tahun. Ia mendirikan beberapa koloni lain yang kemudian dikenal sebagai Prisci Latini atau Latin Tua.

Pada tahun 1110 SM, anaknya Aeneas Silvius menjadi penguasa Alba Longa yang baru. Ia menggunakan nama Silvius sebagai nama marga yang menjadi cikal-bakal nomen gentilicium (sistem penamaan Romawi) yang kemudian berkembang di seluruh Italia dan Eropa. Berikutnya semua keturunannya menggunakan nama Silvius. Di lain pihak, keturunan dari Iulus (anak dari Ascanius) mengadopsi nama Julius sebagai marga.

Aeneas Silvius memerintah selama 31 tahun dan digantikan oleh anaknya Latinus Silvius yang memerintah selama 51 tahun. Raja berikutnya Alba Silvius bekuasa selama 39 tahun dan digantikan oleh Atys yang memerintah selama 26 tahun. Berlanjut ke Capys yang memerintah selama 28 tahun dan digantikan oleh Capetus yang berkuasa selama 13 tahun.

Raja selanjutnya Tiberinus wafat tenggelam saat melintasi Sungai Albula yang kemudian dikenal sebagai Sungai Tiber. Jasadnya tak pernah ditemukan sebab terbawa arus. Tiberinus berkuasa selama 8 tahun dan akhirnya digantikan oleh Agrippa yang memerintah selama 41 tahun.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Sungai Tiber saat ini.
Sumber

Pada tahun 873 SM, anaknya Romulus Silvius yang juga dikenal sebagai Aremulus atau Alladius naik takhta. Romulus Silvius merupakan sosok penguasa zalim yang berpura-pura mengetahui bagaimana cara membuat petir untuk menakuti rakyat agar menyembahnya sebagai dewa. Ia akhirnya tewas dalam badai petir. Seorang sejarawan Yunani bernama Dionysius dari Halicarnassus menyatakan Romulus Silvius dihukum oleh dewa karena lancang.

Romulus Silvius berkuasa selama 19 tahun dan digantikan oleh Aventinus Silvius yang memerintah selama 37 tahun. Raja berikutnya Proca mempunyai dua orang putra: Numitor dan Amulius. Ia menginginkan anak sulungnya Numitor untuk menggantikannya kelak, namun adiknya Amulius kemudian mengusir kakaknya dan mengklaim takhta untuk dirinya sendiri. Ia juga membunuh seluruh keponakan lelakinya dan menyisakan keponakan perempuannya Rhea Silvius untuk dijadikan sebagai perawan Vesta, seorang pendeta atau kaki tangan dewa yang bertugas menjaga api suci agar tetap menyala.

Namun, Rhea hamil dan mengklaim bahwa itu adalah darah daging dewa Mars. Rhea melahirkan putra kembar Romulus dan Remus. Ia kemudian dijebloskan ke dalam penjara oleh Amulius, sedangkan kedua bayinya dibuang ke Sungai Tiber. Saat itu kondisi Sungai Tiber sedang meluap dan menggenangi wilayah bibir sungai sehingga para prajurit yang ditugaskan hanya meletakkan bayi-bayi tersebut di tepian dekat pohon ara dengan harapan arus sungai akan menyeret dan menenggelamkan bayi-bayi itu.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Lambang klub sepak bola AS Roma yang berlatar mitologi Romulus dan Remus, pendiri kota Roma.
Sumber

Kedua bayi itu diselamatkan oleh seekor serigala betina yang kemudian menyusuinya. Pada akhirnya seorang gembala bernama Faustulus menemukan Romulus dan Remus. Dibantu oleh istrinya Acca Larentia, pasangan suami-istri tersebut merawat dan membesarkan kedua bayi itu.

Saat keduanya dewasa, Romulus dan Remus menjadi pemimpin kelompok kaumnya. Mereka terlibat perselisihan antara pendukung Numitor dan Amulius yang saat itu menggoyang Alba Longa. Karena terlalu vokal, Remus ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Romulus bersama beberapa pengikutnya berangkat ke kota untuk membebaskan adiknya. Sementara itu, di dalam penjara Remus bertemu dengan Proca kakeknya. Sebelumnya kedua orang ini tak mengetahui identitas masing-masing hingga kemudian saling bercerita dan menemukan benang merah bahwa Remus adalah salah satu anak kembar Rhea.

Setelah keluar dari penjara, Romulus dan Remus menggalang kekuatan untuk memulihkan kekuasaan kakeknya. Amulius terbunuh dalam perang saudara dan Proca kembali menjadi raja. Tak ingin menyusahkan kakeknya, saudara kembar ini memilih membangun kota mereka sendiri.

Namun, terjadi perselisihan di antara mereka tentang lokasi kota tersebut. Romulus menyarankan Bukit Palatine, tapi adiknya Remus lebih menyukai Bukit Aventin. Mereka meminta persetujuan dewa untuk menyelesaikan perselisihan dengan jalan augury, sejenis peruntungan melalui fenomena burung terbang. Ketika sekawanan burung mulai datang, Remus menebak 6 ekor burung, sedangkan Romulus menebak 12 ekor burung. Hasilnya jawaban Romulus yang benar.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Perkelahian antara Romulus dan Remus.
Sumber

Meskipun begitu, konflik tetap berlanjut yang akhirnya membuat Remus terbunuh. Romulus kemudian mendirikan kota Roma dan memerintah di sana selama bertahun-tahun.

Sementara itu, tak ada lagi catatan tentang Alba Longa dan raja-rajanya sampai zaman pemerintahan Tullus Hostilius, raja Romawi ketiga yang berkuasa pada tahun 673-642 SM. Selama masa pemerintahannya terjadi serangkaian konflik serangan ternak antara Romawi dan Alba Longa. Masing-masing pihak berusaha membunuh ternak lawan yang sekiranya melintasi wilayah perbatasan. Hal ini membuat Hostilius menyatakan perang kepada Alba Longa yang ketika itu dipimpin oleh Gayus Cloelius yang bukan dari dinasti Silvius.

Namun, Cloelius wafat sebelum kedua pihak terlibat pertempuran serius. Sejarawan kuno menyatakan seorang pejabat militer bernama Mettius Fufefius mengambil alih takhta Alba Longa dan menawarkan negosiasi tanpa perang lewat jalan duel para jawara. Hasilnya adalah kemenangan bagi Romawi.

Fufefius yang tak puas hati diam-diam bersekutu dengan Fidenae, sebuah kota Etruska yang sedang memberontak terhadap otoritas Romawi. Ketika pecah pertempuran antara Romawi dan Fidenae, Fufefius yang bertempur di sisi Romawi malah menarik pasukannya mundur dari medan perang. Pengkhianatan tersebut sangat melukai hati Hostilius yang bertekad akan menghancurkan Fufefius dan Alba Longa.

Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
Peta kuno wilayah Latium yang mencakup Alba Longa, Fidenae, Lavinium, Roma, Sungai Tiber, dll.
Sumber

Beberapa tahun berikutnya Alba Longa takluk dan Fufefius dihukum mati dengan kaki dan tangan yang diikat ke beberapa ekor kuda yang dipencar ke segala penjuru, menyebabkan ia tewas dalam keadaan tubuh tercabik-cabik. Sementara itu, Hostilius memindahkan seluruh penduduk yang tersisa ke Roma lalu menghancurkan Alba Longa hinga rata dengan tanah.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3 | 4 | 5

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Alba Longa, Dari Sinilah Romawi Berasal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 125 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Baru tau ane gan, ternyata ibunya pendiri roma itu dari kota ini, sementara Kakeknya adalah rajanya gitu ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thejackz dan 9 lainnya memberi reputasi
Quote:

Yoi bre dan mereka ini masih keturunan Aeneas pahlawan Perang Troya. Aeneas ini anaknya Anchises, sepupu Raja Priam

Aeneas juga nikah sama anaknya Raja Priam, Creusa. Creusa ini masih sodaraan sama Hector dan Paris, sodara satu bapak beda emak
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thejackz dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
romulus remus ini masuknya masih legend kan ya blm pure historis..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 11 lainnya memberi reputasi
What, sejarah kota alba longa sdh muncul sejak abad ke 12 SM... Br tau ane, gan.... Tua banget tuh kerajaan kota nya.... Bertahan lumayan lama dinasti kerajaan nya sampe runtuh nya pd abad ke 7 SM.... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:

Bener bre makanya ane pake kata kunci "mitologi Romawi"
emoticon-Big Grin



Quote:

Tua bre, lebih tua dari zaman Nabi Sulaiman di Timur Tengah
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 7 lainnya memberi reputasi
ane nungguin pas Julius Caesar lahir, ternyata berhenti di Alba Longa takluk dan Fufefius dihukum mati emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 8 lainnya memberi reputasi
kocak bener asli berantem gara2 ternak doang akskakwka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

Buset dah masih jauuuh itu bre
emoticon-Leh Uga



Quote:

Lebih kocak lagi Romulus ribut sama Remus gara-gara nentuin lokasi kota yang baru. Udah sih bikin aja di dua bukit kan, ngapain ribut
emoticon-Leh Uga

Namanya juga mitologi bre
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 8 lainnya memberi reputasi
penuh dengan darah dan intrik rupanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

Yoi bre, kalo udah menyangkut politik dan kekuasaan biasanya ada darah
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 7 lainnya memberi reputasi
klo legenda ny romus ama romulus keturunan aciless klo gk salah ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

Justru mereka ini keturunan lawannya Achilles

Achilles kan orang Yunani yang perang lawan Troya. Romulus sama Remus ini keturunannya Aeneas, pahlawan Troya di Perang Troya

Aeneas ini keponakan jauh Raja Priam, tapi dia nikahin anaknya Raja Priam, Creusa

Creusa ini sodaraan sama Hector dan Paris, satu bapak beda emak. Hector mati dibunuh Achilles waktu duel di gerbang Troya. Entar adiknya Paris balasin dendam kakaknya dengan ngebunuh Achilles, mata kakinya dipanah. Makanya ada istilah achilles tendon kalo orang cedera
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
nitip sendal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Pejuhwan di thread sejarah yg bermanfaat ketimbang thread buzzerp edan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 7 lainnya memberi reputasi
Putih panjang emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 5 lainnya memberi reputasi
Harusnya nama AS Roma , AS Romanusemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 7 lainnya memberi reputasi
kisah Romawi ga dewa, ga raja penuh intrik dan kontroversi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 7 lainnya memberi reputasi
dewa nih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di