CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd2d018d94d03583031f72/28-warga-tambora-jadi-odp-gegara-imam-musala-positif-covid-nekat-pimpin-tarawih

28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih

Jakarta - Sebanyak 28 orang di Tambora, Jakarta Barat, berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Penyebabnya, mereka mengikuti salat Tarawih yang dipimpin imam musala yang sehari sebelumnya telah dinyatakan positif Corona.

"Iya (28 jemaah berstatus ODP)," ujar Camat Tambora Bambang Sutama ketika dihubungi detikcom, Rabu (13/5/2020).

Imam tersebut berinisial O (82). Ia merupakan ketua RW serta tokoh masyarakat setempat. Tak jarang ia memimpin salat fardu dan salat Tarawih di Musala Baitul Muslimin, bergantian dengan imam lainnya.

"Imam aslinya mah sebenarnya ada juga, cuma bergantian saja sama Pak RW (O) ini, kadang-kadang salat Tarawih-nya (dipimpin) imam aslinya, terus (salat) witir-nya gantian, mungkin salat Isya-nya dia (O), terus Tarawih-nya ganti (imam)," kata Bambang.

Mulanya, anak dari O mengalami gejala demam. Setelah dilakukan tes swab, putra dari O ini dinyatakan positif Corona dan diisolasi di rumah sakit.

Saat pihak rumah sakit melakukan tes swab kedua, hasilnya negatif. Anak dari O ini diperbolehkan pulang pada Kamis (7/5). Sebagai antisipasi penyebaran virus, petugas puskesmas melakukan tes swab kepada O dan istrinya.


"Dari pihak puskesmas akan mengambil tindakan (tes swab) dicoba orang tuanya kan usianya sudah tua berusia 80-an dan 70-an. Pada saat anaknya positif kan pasti kontak langsung, kemudian dilakukan swab dan akhirnya positif," ucapnya.

O dan istrinya ternyata dinyatakan positif Corona pada Jumat (8/5). Keesokan harinya (9/5), petugas puskesmas dan kelurahan Jembatan Besi melakukan penjemputan untuk mengevakuasi O dan istrinya ke rumah sakit. Namun, O menolak.

"Karena dirinya (merasa) sehat (tidak bergejala) dan akhirnya dia bilang, 'Saya ini gejala tifus,' jadi dia itu nggak yakin apa yang disampaikan oleh dokter," kata Bambang.

Bambang menuturkan O masih memimpin salat Tarawih pada Kamis (7/5) hingga Sabtu (9/5). Diketahui, jemaah di musala tersebut sebanyak 28 orang. Bambang menyebut sejumlah jemaah tidak mengenakan masker saat salat.

"Pada saat dinyatakan positif kan itu, saat hari Jumat dan Sabtu aktivitas di musala, Kamis-nya juga sama dia salat Tarawih di situ, kadang imamin," tutur Bambang.

"Infonya ada yang pakai masker, ada yang tidak, ya tetap jaga jarak sih cuma kan nggak bisa menjamin karena kan musalanya kan kecil," lanjutnya.

Akhirnya pihak kecamatan turun tangan. Tim gugus tugas kecamatan menjemput O dan istrinya. Setelah dibujuk, O akhirnya bersedia diisolasi di RSUD Tarakan pada Minggu (10/5).

Pihak kecamatan juga melakukan tes swab kepada 28 jemaah musala. Sebelum hasilnya keluar, kini para jemaah itu diisolasi di rumah masing-masing.

"(Hasil tes swab keluar) kalau nggak Rabu (hari ini) ya Kamis (besok)," ungkapnya.

Bambang menuturkan pihaknya juga telah melarang sementara warganya beribadah di Musala Baitul Muslimin. Selain itu, salah satu musala yang berdekatan dengan Musala Baitul Muslimin ditutup.

"Dua-duanya saya minta dua musala itu minta tolong sementara tidak dipakai untuk salat Tarawih sementara," imbuh Bambang.

detik.com

28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ManusiaUltra
Halaman 1 dari 2
astajim
mau ibadah malah kena azab, eh salah ujian emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 5 lainnya memberi reputasi
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 8 lainnya memberi reputasi
Mall dibiarkan buka, mesjid ditutup emoticon-Ngakak

Masih ada gak yg nyocot kayak gitu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 9 lainnya memberi reputasi
ya sudahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 3 lainnya memberi reputasi
@jaka.sembvng antum suka buat trit klaster gereja

dan dibalas alloh swt dgn klaster tarawih


@auto.debus666
@yeytothesouz
Quote:


@fuckinghandsome

Quote:


@dibanned.melulu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istri.pedopil
Berkah ramadhan, saling berbagi ke sesama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 5 lainnya memberi reputasi
Thread yang bakal sepi kadrun. emoticon-Wakaka

Pada pengecut semua kicep kalau udah ginian. Kadrun memang mental sampah. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kalo didaerah ane sholat berjarak satu sajadah,nggak boleh salaman dan harus pake masker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
siapa yang berani larang umat ini beribadah..ntar dibilang penistaanemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kelazcorro
dan terjadi lagi....kisah lama yang terulang kembali..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 3 lainnya memberi reputasi
Agama sumber masalah saja kementrian agama masih gede anggaran nya.


pemerintah juga bego emoticon-Wakaka
Quote:


gk usah cape2 mentionemoticon-Big Grin
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Diubah oleh dibanned.melulu
Yang dari gereja, pura, vihara, klenteng, ga kedengeran beritanya..
Oya, ternyata sudah pakai online, dan bisa tertib dan patuh ya.
memang beda. Sama seperti di negara2 mayo, Thailand, Myanmar, Vietnam, Taiwan, Cambodia, Laos, Korea, dan Bali.

Kadang saya merasa sedikit terhibur, karena Corona terus naik pas Ramadan, jadi ga ada yang cocokmologi, kalau doa dari 90% mayo mampu menghilangkan Corona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lebay
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 2 lainnya memberi reputasi
iman jgn goyah jodoh maut udah di tentuin ama yg di atas
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih
profile-picture
profile-picture
syahali dan pheeroni memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


28 Warga Tambora Jadi ODP Gegara Imam Musala Positif COVID Nekat Pimpin Tarawih


emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
dalam upaya memberantas dan memutus rantai penyebaran virus corona ini,pemerintah telah menghimbau kepada semua warga masyarakat indonesia khususnya untuk tetap dirumah saja lakukam physical distancing jaga jarak aman,cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,dilarang menyelenggarakan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya sejumlah massa atau orang alias hindarii kerumunan dan terakhir adalah bekerja dan beribadah dirumah.mari kita lakukan sejumlah himbauan pemerintah ini,demi kebaikan dan keselamatan kita bersama
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Quote:





emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan ushirota memberi reputasi
82 Tahun gak koit jd kena covid malah nularin
edan.
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di