CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Mengasuh Anak Tidak Boleh Asal-asalan, Kenali Beberapa Pola Asuh Terlebih Dahulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebcf270b41d30694f15d210/mengasuh-anak-tidak-boleh-asal-asalan-kenali-beberapa-pola-asuh-terlebih-dahulu

Mengasuh Anak Tidak Boleh Asal-asalan, Kenali Beberapa Pola Asuh Terlebih Dahulu

Mengasuh Anak Tidak Boleh Asal-asalan, Kenali Beberapa Pola Asuh Terlebih Dahulu

Sumber gambar: https://everydaylivingpnw.com/effect...tive-parenting

Mengasuh anak ternyata bukanlah hal yang mudah. Sebagai orang tua, kita harus tahu cara terbaik mengasuh anak.

Dari beberapa sumber yang saya baca, cara mengasuh anak yang baik yaitu dengan cara asuh demokratis (authoritatif). Gaya mengasuh anak tipe ini, orang tua cenderung selalu mendukung keputusan yang diambil olek anak.

Walaupun cenderung mendukung keputusan apa saja yang diambil anak, orang tua juga boleh menetapkan beberapa aturan. Dalam hal ini, aturan yang ditetapkan berbeda jauh dengan yang ada di pola asuh otoriter (authoritarian) yang cenderung mengekang.

Aturan-aturan yang dipakai dalam pola asuh demokratis ini hanya untuk membatasi agar anak tidak melakukan hal-hal buruk. Contoh sederhananya adalah mencuri, berbohong, atau hal-hal tidak baik lainnya. Dalam hal ini, aturan tidak boleh dipakai untuk mengatur atau melarang anak melakukan hal-hal baik yang disukai seperti yang dilakukan para orang tua yang mengasuh anak dengan gaya asuh otoriter. Jadi, walaupun ada aturan, anak tidak merasa dikekang.

Meski selalu mendukung, orang tua juga boleh menghukum anak jika peraturannya dilanggar. Namun, hal ini berlaku jika alasannya tidak masuk akal. Jika anak melanggar dengan alasan yang bisa diterima, sebaiknya dimaafkan. Jadi, orang tua harus sebisa mungkin mempertimbangkan apakah harus dihukum atau tidak. Hukuman di sini hanya agar anak jera, bukan sebagai bentuk penyiksaan.

Prinsip 'jangan terlalu' bagus diterapkan dalam mengasuh anak. Terlalu mengekang anak tanpa adanya dukungan sedikitpun seperti pada gaya asuh otoriter bukanlah gaya asuh yang baik diterapkan. Terlalu mendukung apa saja keputusan anak tanpa disertai adanya aturan seperti pada pola asuh permisif (indulgent) juga tidak baik diterapkan. Bahkan cara mengasuh hanya dengan memenuhi kebutuhan dasar si anak seperti yang dilakukan oleh orang tua yang tidak terlibat banyak (uninvolved) dalam mengembangkan kemampuan anak, sangat tidak dianjurkan untuk diterapkan dalam mengasuh anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
S.e.m.e.d.i dan 6 lainnya memberi reputasi
bener bnget, krna sifat dan karakter anak berbeda beda....kta hrus tau dlu sifat bru kta bsa ambil langkah pola asuh utk anak2 kta agar mereka tdak merasa terkekang
profile-picture
profile-picture
marvina11 dan yumahest memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nah ini, kadang sebel banget sih liat orang2 terdekat soal asuh anaknya kaya seadanya aja
Lihat 1 balasan
Kadang pola asuh yang dilakukan orang tua masih terpengaruh dengan pola asuh orang tuanya dulu karena pengaruh bawah sadar.....
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di