CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Sedang Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebce1fea7276838b8260da6/cara-ampuh-mengatasi-cegukan-saat-sedang-puasa

Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Sedang Puasa

Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Sedang Puasa

Cegukan bukanlah suatu kondisi medis yang membahayakan. Akan tetapi, cegukan bisa sangat mengganggu dan bikin kamu jadi tak nyaman. Apalagi bila kamu sedang berpuasa. Kondisi berpuasa tentunya tidak bisa membuatmu minum banyak air untuk mengatasi cegukan tersebut.

Namun, tak perlu khawatir. Masih banyak cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi cegukan saat puasa. Yuk, simak baik-baik berbagai langkah mengusir cegukan tanpa makanan atau minuman di bawah ini.

Kenapa bisa cegukan saat puasa?

Cegukan bisa terjadi kalau otot-otot diafragma mengalami kejang atau kontraksi. Posisi diafragma terletak di bawah ulu hati dan di atas perut. Ada banyak hal yang bisa memicu hal tersebut. Di antaranya adalah makan sahur kebanyakan atau terlalu cepat, minum minuman bersoda, menelan udara misalnya karena makan permen karet, atau perubahan suhu yang mendadak.

Selain itu, cegukan juga bisa kamu alami karena otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat. Karena adanya emosi yang meluap-luap inilah, terjadi gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.

Lalu, bagaimana mengatasi cegukan saat puasa?

Umumnya, cegukan bisa hilang sendiri tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi, dalam beberapa kasus cegukan bisa berlangsung sangat lama sehingga membuat kamu merasa tidak nyaman dan menyebabkan otot-otot diafragma jadi nyeri. Selain minum air atau menelan makanan, ini empat cara mengatasi cegukan saat puasa yang perlu kamu pelajari.

1. Tahan napas

Ambil napas dalam dengan hidung, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Selanjutnya, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum juga hilang, ya.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama kamu akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan melemas kembali. Pastikan kamu tidak memakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika kamu mengambil napas.

3. Duduk memeluk lutut

Duduklah dengan posisi kaki ditekuk. Kemudian peluk lutut sambil mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kira-kira dua menit. Posisi ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu hati

Bila langkah-langkah mengatasi cegukan saat puasa lainnya belum berhasil, coba memijat area ulu hati. Otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati, di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari-jari selama 20-30 detik.


Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan. Jangan sampai cegukan dan rasa lapar yang bersatu membuat Agan dan Sista jadi cepat marah, ya. https://hellosehat.com/hari-raya/ram...h-saat-lapar/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pupilsxone dan 13 lainnya memberi reputasi
Sering bgt nih cegukan
sama kaya minum, tujuannya adalah menambah kadar co2 di paru2 kan, biar hilang cegukannya
minum yg banyak yg penting jgn ketauan orang lain emoticon-Ngakak
baru kemaren nih ane ngalamin pas puasa ramadhan tahun ini. ane biasanya pake yang tahan napas.
intinya solusi jg sama kek minum kan ya itu .. cm karna puasa nih jangan pada sengaja lupa, cegukan dikit minum air lagk
Bernafas dalam kantong kertas? Pastikan kantongnya bersih emoticon-Embarrassment
bingung ya cegukan oas puasa bawaannya pengen minum mulu hahaha
sip tipsny. tp klu sdah dicoba msih aja cegukan segeralah bawa ke doktet ya van sis..
nice info.. ane cuma tau nya cara pertama doang.. tp ternyata ada bbrp cara buat mengatasinya yaa.. nambah wawasan nih
tengkyu sharin tipsnya gan. bermanfaat sekali ini gan
wahh terimakasih atas informasi yang sudah di berikan moga bermanfaat bagi kita semua
Nunggu magrib nanti hilang sendiri emoticon-Big Grin
ane biasanya tahan nafas gans


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di