CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
5 Cara Ampuh Melindungi Website Dari Serangan Hacker
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebca34688b3cb2bfa628533/5-cara-ampuh-melindungi-website-dari-serangan-hacker

5 Cara Ampuh Melindungi Website Dari Serangan Hacker

5 Cara Ampuh Melindungi Website Dari Serangan HackerKemajuan di bidang teknologi dan informasi ternyata juga memiliki dampak dan potensi risiko. Terutama website dan layanan internet lain yang memiliki potensi besar diserang oleh para hacker. Di tahun 2020, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat bahwa terdapat 88.414.296 serangan cyber di Indonesia dan telah terjadi sejak 1 Januari hingga 12 April 2020. Hal ini menjadi ancaman serius bagi pemerintah dalam menjaga keamanan data di dunia maya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Lakukan beberapa cara ampuh berikut untuk melindungi website Anda dari serangan hacker.

1. Lakukan backup data sesering mungkin
Backup data adalah hal yang sederhana namun dibutuhkan ketika ingin mengelola website. Pastikan untuk terus melakukan backup data sesering mungkin secara berkala dan sediakan suatu media penyimpanan yang kiranya aman untuk menyimpan semua data dan informasi penting Anda. Hal ini dimaksudkan agar jika terjadi serangan hacker, maka Anda tidak khawatir terhadap potensi kehilangan data.

2. Gunakan firewall
Aplikasi firewall pada umumnya menyediakan fitur untuk memblokir serangan yang dilakukan hacker dan mampu menyaring spammer dan bot yang berbahaya bagi website. Firewall akan membaca setiap bit data yang melewatinya. Di samping itu, aplikasi ini juga mampu memblokir situs tertentu yang berpotensi menyerang website lain. Langkah ini juga dapat memblokir IP address secara otomatis sehingga Anda tidak bisa lagi membuka website berbahaya yang dapat merugikan website Anda.

3. Gunakan SSL
Secure Socket Layer (SSL) dapat Anda gunakan dengan protokol yang sudah terenkripsi untuk mentransfer informasi antara website dan database. Hal ini tentu akan menyulitkan para hacker untuk masuk ke website yang sudah terlindungi SSL. Selain membuat website menjadi makin aman, SSL juga mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda.

4. Selalu update software dan aplikasi
Pastikan semua aplikasi dan software yang Anda gunakan selalu di update untuk mencegah pindaian mata para hacker dan mengecilkan kemungkinan pembobolan.Hal ini merupakan langkah preventif agar website personal ataupun brand Anda terjaga keamanannya. Sebaiknya Anda jangan menunda-nunda untuk melakukan update ini, mengingat para hacker bisa saja memindai ribuan data dari website dalam hitungan jam bahkan menit. Bila rahasia membobol keamanan website terbongkar, bukan tidak mungkin hacker lain akan mengikutinya sehingga potensi website terserang juga semakin besar. Update ini juga sangat disarankan bagi Anda yang memiliki website Wordpress.

5. Memilih penyedia jasa pembuatan website profesional
Pentingnya memilih vendor penyedia jasa pembuatan website dimaksudkan agar website Anda nantinya dapat ditangani oleh pihak yang tepat, karena bukan hanya harus berhati-hati dengan serangan hacker, Anda juga harus memikirkan cara mengembangkan website Anda. CAN Creative sebagai jasa pembuatan website terbaik memiliki penawaran paling unggul berupa pembelian web hosting, alternatif desain yang dapat Anda customize, dukungan pemeliharaan website, layanan SEO supaya website Anda semakin mudah ditemukan di mesin pencari Google dan tentunya jaminan keamanan website.

Banyak cara agar Anda terhubung dengan CAN Creative. Follow media social kami di instagram @cancreative dan juga facebook di CAN Creative serta website kami di can.co.id. Hubungi CAN Creative sekarang dan segera dapatkan website idaman Anda.
Diubah oleh cancreative2017


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di