CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
BERMASAH DENGAN LAMBUNG SAAT PUASA?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebc98d1b41d304edf55860f/bermasah-dengan-lambung-saat-puasa

BERMASAH DENGAN LAMBUNG SAAT PUASA?

BERMASAH DENGAN LAMBUNG SAAT PUASA?
                                   sumber foto

  Asalamu Alaikum wr.wb.
Dalam istilah medis, sakit terkait asam lambung ini sering disebut gastritis. ada yang perlu di perhatikan:

  1. Pola makan, semestinya ketika kita belum terkena gastritis pun, pola makan harus baik, tiga kali sehari dengan porsi sedang, atau dua kali sehari dengan camilan kecil di antara keduanya. Bila belum terkena gastritis, makan dua kali se hari seperti puasa tidak ada masalah. Mala puasa dapat menormalkan semua kondisi dalam tubuh, sehingga lebih sehat, pola makan perlu seimbang, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Kata Rasulallah saw. Makanlah sebelum anda lapar, dan berhentilah sebelum Anda kenyang. Jaga kandungan gizi cukup, hindari bumbu terlalu merangsang, perasa, pewarna dan pengawet.
   
   Pada penderita gastritis, perut perlu selalu di isi makanan dalam porsi kecil untuk menetralkan asam lambung, bila perlu di tambah dengan antasida yang fungsinya juga menetralkan asam lambung. Bila diperlukan juga di tambah obat untuk mengurangi asam lambung seperti ranitidin.
   Muntah terjadi karena kuatnya asam lambung, sedang kondisi lambung atau faster tidak sehat, agar tidak muntah dipagi hari memenuhi saran untuk sering makan dalam porsi kecil_ makanlah sedikit sebelum tidur. Bila perlu anda bangun malam untuk mengonsumsi makanan sedikit dan ketika bangu pagi setelah cuci mulut, kembali makan sedikit. Itu dilakukan sampai kondisi stabil, tidak muntah lagi dan perut terasa nyaman. Tetapi karena suda terkena gastritis, maka tetap perlu sering makan tapi dalam porsi kecil.
  
   Selama Ramadhan tetap bisa puasa. Namun saat berbuka, konsumsilah makanan dengan porsi kecil dan di ulang lagi saat hendak tidur dan sahur dengan porsi sedang, dan didampingi dengan obat antasida dan ranitidin. Bila saat puasa terasa sakit, jangan ragu untuk berbuka, nanti diganti di bulan berikutnya.
  Dengan memadukan bebagai langka di atas, Inysa Allah akan membuat kondisi gastritis anda membaik, sehingga anda bisa ikut puasa di bulan Ramadhan, bulan penuh berkah...

Semoga bermanfaat tulisan di atasemoticon-Gregetan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di