CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebc62a94601cf6c514efae1/opini-yakin-psbb-efektif-ane-koq-tidak-terlalu-yakin

[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin

Sudah beberapa minggu semenjak PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) dijalankan, banyak hal yang berubah dari kehidupan masyarakat di kota-kota besar. Apalagi wilayah yang sudah mengajukan PSBB dan di jalankan. Seluruh pusat keramaian mendadak menjadi sepi, dari jalan yang dulu ramai sekarang sedikit lebih lengang. 


[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin


Tapi ada pertanyaan yang sedikit mengusik dalam hati? apakah sebenarnya program ini akan berhasil. Menilik dari negara-negara lain seperti China, Italia dan Spanyol yang mulai menunjukkan trend positif penurunan angka orang yang terinfeksi dengan menerapkan sistem Lockdown apakah seharusnya Indonesia berani mengambil langkah yang sama?
PSBB dan Lockdown punya perbedaan yang sangat mendasar. Lockdown benar-benar suatu kebijakan ekstrim dengan membatasi hampir sebagian besar aktivitas warganya berbeda dengan PSBB yang kebijakannya hanya mengurangi sebagian dari aktivitas warga artinya masih ada potensi penularan virus dalam penerapan sistem ini.

Anepun sebenarnya agak ragu dengan kebijakan ini, jika kita dituntut untuk benar-benar mencegah penularan maka harusnya benar-benar tidak ada toleransi seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Mungkin gambar ini akan sedikit menunjukkan perbedaannya

[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin


Akhirnya ane sampai pada kesimpulan jika penerapan Lockdown dapat memutus rantai penularan COVID-19, maka untuk PSBB hanya akan mampu untuk memperlambat rantai penularan yang artinya tetap akan ada potensi penularan selama masih ada kegiatan yang melibatkan banyak orang. Kecuali penerapan PSBB yang di lakukan versi Korsel mungkin karena budaya penduduknya yang berbeda dengan budaya penduduk negara kita.

Memang ada banyak konsekuensi berat yang harus dihadapai Pemerintah jika aturan lockdown di jalankan. Kita ambil contoh dari PSBB saja, sudah berapa toko yang ditutup, berapa orang yang terkena PHK dan kita bisa lihat sendiri berapa kenaikan angka pengangguran di Indonesia dari awal diberlakukan PSBB ini. Apalagi jika kita terapkan aturan Lockdown tentu konsekuensinya akan lebih besar.

Pemerintah dihadapkan pada pilihan yang sulit, disamping Pemerintah harus segera menuntaskan pandemi Covid, namun harus juga tetap menjaga perekonomian Negara ini. Siapa yang dapat menjamin Negara ini akan tetap berdiri jika perekonomian kita berantakan.

Akhir kata ane hanya bisa berdoa, agar seluruh orang dalam pemerintahan kita diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik. Kita sebagai rakyat hanya dapat menunggu dan menjalankan apa yang diputuskan pemerintah selama masa-masa sulit ini.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 127 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
psbb harus dibarengi diikuti dengan kesadaran masyarakat, saat ini masih kurang efektif karena banyak yg masa bodoh sama atutan psbb

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ugtraveler dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Dari akhir maret sampe sekarang pertengahan mei. udh ga sanggup rasanya kalau psbb tetep di perpanjang.. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
masyarakat tidak disiplin jadinya susah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Indinesia sulit gan masyarakatnya majemuk, pemikiran positif ane sih kepala negara juga pusing sana sini nyikapin pola masyarakatnya sendiri

Yg penting berbagi cendol gan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Proses setengah setengah hasilnya juga gak bakal beda jauh gan emoticon-Jempol


Lagian masyarakatnya juga gak pada nyadar diri kok emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo di tempat ane kurang efektif karena petugas pengawas nya cuma nangkring di checkpoint aja , coba patroli , masih banyak yang bandel berkerumun , apalagi di jam buka puasa ,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kagak gan. Psbb juga sebenernya buat rakyatnya susah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
PSBB formalitas doank di sini. Tiru Taiwan donk walau ga lockdown tapi warganya pada jaga jarak dan maskeran emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh meruru
Lihat 1 balasan
sama, ane juga ga yakin gan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
PSBB ... pemasukan saya babak belur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeemar dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ntah lah gan, kyak makan buah simalakama, bnyak istilah kita dnger, kluar mati ga kluar jg mati, ditambah lg kmrn ada statemen pak presiden yg abu2 prihal mudik/pulang kampung emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mending lockdown jakarta tuh, virus dari sana loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
pemerintah gak tegas saat buat peraturan PSBB. rakyatnya banyak yang bebal waktu disuruh menjalankan PSBB

sudah klop itu
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nih buat orang-orang tolol yang masih ngotot lockdown!
?s=19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
P S B B
Pembatasan Sosial Boong Boongoan
Pembatasan Sosial Basa Basi
Pembatasan Sosial Berantakan Banget
Pembatasan Sosial Babak Belur
Pembatasan Sosial Bansos Bocor
Pembatasan Sosial Bla Bla.........

Aparatnya ga tegas,Rakyatnya pada Dablek bin Guoblok,Pemerintah dan Pejabatnya nya mencla mencle ngga jelas emoticon-Bingung

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ugtraveler dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
belum ada perubahan yang nyata... setiap hari selalu bertambah yg positif... masyarakat mulai meragukan dengan pemerintahan.... tapi kita berdoa saja semoga ini cepat berakhir dan semua akan baik2 saja emoticon-Maluemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo semu serba nanggung, ga ada yg namanya efektif. Lihat aja noh soetta hari ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Sungguh disayangkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
mau lockdown atau psbb gak ngefek buat indonesia, kecuali pemerintah tegas psbb atau lockdown tiap KK d nafkahi kebutuhannya sekeluarga selama masa psbb baru nurut orang2 selama pemerintah gak kasih fresh money k masyarakatnya nau psbb ampek kiamat juga gak bakalan ngefek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
dibilang efektif ya tidak, tapi mendingan lah daripada tidak melakukan apa-apa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotshogun dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di