CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
[COC Ramadhan] Lezatnya Pempek Untuk Teman Buka Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebc109228c9914b9b5c99b4/coc-ramadhan-lezatnya-pempek-untuk-teman-buka-puasa

Lezatnya Pempek Untuk Teman Buka Puasa

Hai semuanya, kembali lagi di thread ane. Kali ini ane mau bagi-bagi resep pempek endul tanpa ikan yang sering ane bikin. Cocok banget nih untuk buka puasa.


Katanya pampek tanpa ikan itu namanya "pempek dos," tapi ane gak mau ambil pusing sama nama pempek ini, yang jelas ini pempek.

Bahan-bahannya mudah banget di cari, gak perlu sampai ke luar negeriemoticon-Wow langsung aja kita intip.

Quote:


Nah untuk kuahnya, ane pun gak tau nama kuahnya apa, setau ane ini namanya, kuah pempek. emoticon-Ngakak



Quote:


Proses Pembuatan Pempek
1. Masukkan tepung terigu, garam, dan masako ke dalam baskom. Jangan di masukkan ke bak mandi ya, nanti kalian kena marah sama emak😂.
2. Masak 350 cc air sampai mendidih, setelah mendidih masukkan semua air ke dalam baskom berisi tepung tadi. Ingat jangan di pakai untuk cuci muka, soalnya ini air panas bre😬.
3. Aduk sampai rata, jika sudah rata, diamkan sekitar 5 menit, sampai adonan agak dingin. Jangan sampai sedingin sikap dia ya😭.
4. Selama menunggu adonan dingin, masak air menggunakan panci ukuran sedang untuk merebus pempeknya nanti, secukupnya saja.
5. Jika adonan sudah dingin, masukkan telur ke dalam adonan. Jangan lupa telurnya di pecahin dulu ya, jangan di masukin sama cangkangnya🤣.
6. Setelah semua tercampur rata, masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit, kemudian aduk sampai rata.
Quote:

7. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan tadi ke dalam panci yang berisi air mendidih, di bentuk dulu ya, bentuk sesuai selera.

Spoiler for bentuk pempek buatan ane:

8. Rebus sampai adonan mengapung di atas permukaan air panas, bukan air laut ya😅.

Spoiler for pempek ngapung diatas panci:



Proses Pembuatan Kuah Pempek
1. Nyalakan kompor, kemudian masukkan air, gula merah, garam, dan asam jawa ke dalam panci. Ingat ke dalam panci, bukan dalam hati.
2. Kemudian giling cabai dan bawang putih.
Quote:

3. Masukkan bahan yang sudah di giling tadi ke dalam panci, rebus sampai mendidih.
4. Setelah mendidih, pisahkan kuahnya dari ampas, kemudian buang ampasnya. Ingat, di buang, jangan di simpan.

Spoiler for misahin ampas:


Sekarang waktunya menggoreng pempeknya pakai minyak, ingat ya, goreng pakai minyak.

Goreng seperti biasa kita menggoreng, tapi untuk pempek ini, tambahkan tepung kanji sekitar ¼ sdm kemudian aduk sampai tercampur rata dalam minyak, di campur sebelum minyak di panaskan ya.
Quote:


Nah jika pempek sudah matang, lalu potong-potong pempek tadi, kemudian letakkan di atas piring atau mangkuk.

Kemudian siram kuah pempek di atasnya. Jangan siram kuah pempek di atas kepala, kita mau makan bre, bukan mandi, kalau kuah pempek ini kena mata, pedih breemoticon-Cape d....

Spoiler for pempek siap di santap:


Nah itu tadi resep pempek ala keluarga ane. Resep ini ane dapat dari emak ane yang kebetulan suka buat makanan juga, sama kayak ane. Ehhh, ane yang sama kayak emak, atau emak yang sama kayak ane, ya? Intinya ane belajar masak dari emak ane.

Quote:


Selamat mencoba

Penulis : @Anissanuryantri
Gambar : foto pribadi
Sumber : resep dari emak

Spoiler for Bagi-bagi cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Anissanuryantri
Pesen seporsi yg pedes emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dalem nya di isi telur pasti tambah muantabs djaja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keliatannya segerrr tuh sist mpek mpeknya..nice info emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cukoonya nyang banyak sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini pempek dos ya, ga pake ikan. Telurnya direbua dulu ga.
profile-picture
profile-picture
a12s dan Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nyoba ah, kangen pempek soalnya wkwk
profile-picture
profile-picture
a12s dan Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pempek kecintaan ane nih emoticon-2 Jempol suka juga makanan yang satu ini hehe, simpan dulu lah resepnya praktek nanti dilain waktu kalau udah enggak magerr gini hihi
profile-picture
Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di