CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ma'ruf Amin Sebut Perguruan Tinggi Berperan Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebbe8e8af7e9362d23ad39c/maruf-amin-sebut-perguruan-tinggi-berperan-dorong-pengembangan-ekonomi-syariah

Ma'ruf Amin Sebut Perguruan Tinggi Berperan Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah

 Ma'ruf Amin Sebut Perguruan Tinggi Berperan Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan, peranan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi ekonomi syariah dapat mendorong pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat menjadi keynote speaker dalam talkshow yang digelar secara daring oleh Komite Nasional Keuangan Ekonomi Syariah (KNEKS) dan Indonesian Association of Islamic Economists (IAEI), Rabu (13/5/2020).

"Peran perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi ekonomi syariah sekaligus dapat menjadi pendorong ekonomi syariah, meningkatkan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah," kata dia.

Baca juga: Wapres Harap Pondok Pesantren Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Menurut Ma'ruf, pelaksanaan tersebut juga bisa menjadi faktor untuk mengakselerasi perkembangan ekonomi syariah.

Oleh karena itu, ia pun berharap agar penyelenggaraan pendidikan ekonomi syariah semakin inovatif, mengikuti perkembangan teknologi, dinamis.

Namun, dalam penyelenggarannya harus tetap mengutamakan prinsip-prinsip utama dalam ekonomi dan keuangan syariah.

"Dalam pelaksanaan pembelajaran studi ekonomi syariah, visi pengembangan dan keuangan syariah sebagai sebuah pilihan rasional bagi masyarakat perlu terus ditanamkan," kata dia.

Karena menjadi pilihan rasional, maka ekonomi dan keuangan syariah pun disebutkannya harus memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat.

Baca juga: Maruf Amin Dinilai Berjasa di Bidang Ekonomi Syariah, UNS Akan Beri Penghargaan

Utamanya dalam menjalankan aktivitas ekonomi sehari-hari dan menjadikannya sebagai gaya hidup.

"Sehingga ekonomi dan keuangan syariah bukan merupakan hal yang ekslusif tapi inklusif dan universal sesuai prinsip rahmatan lil alamin," ucap Ma'ruf Amin.

Ma'ruf yang juga Ketua KNEKS mencontohkan pemilihan makanan bersertifikat halal oleh masyarakat seharusnya tidak hanya karena berlabel halal, tetapi juga dipilih karena kualitasnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Lembaga Keuangan Syariah harus Bisa Berjalan Sesuai Prinsipnya

Termasuk barang dan jasa halal yang dipilih pun tak sekedar memiliki label halal, tetapi mempertimbangkan kualitas dan keunggulannya.

"Dengan demikian produk halal baik barang maupun jasa menjadi inklusif untuk seluruh masyarakat," kata dia.

link

"Dalam pelaksanaan pembelajaran studi ekonomi syariah, visi pengembangan dan keuangan syariah sebagai sebuah pilihan rasional bagi masyarakat perlu terus ditanamkan," kata dia.

Ma'ruf yang juga Ketua KNEKS mencontohkan pemilihan makanan bersertifikat halal oleh masyarakat seharusnya tidak hanya karena berlabel halal, tetapi juga dipilih karena kualitasnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 15 lainnya memberi reputasi
Kayakmnya ini aki cuma teori muluk ga ada aksi.. Ngapain keq..
profile-picture
apollion memberi reputasi
Lagi pandemi, masih ngurusin beginian

Come on

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan apollion memberi reputasi
Katanya ekonomi negara2 ngeslam gak berkembang karena konservatif, ini kok langsung dibalik sendiri emoticon-Leh Uga

Taqiya mulu si bangka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 3 lainnya memberi reputasi
Ekonomi syariah akan menguasai perekonomian dunia

Yakin gak lu??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 3 lainnya memberi reputasi
Wapres mirip browser gue



Internet explorer
profile-picture
apollion memberi reputasi
mantap..
syariah terus..
asyariappppp
profile-picture
trimusketeers memberi reputasi
ekonomi syariah itu intinya gimana sih?
halal? bebas riba?
ngomong ekonomi kalok ga pake duit gimana

kan duit itu riba menurut syariah emoticon-Bingung

pake sistem barter gitu? beli madu ruqyah pakek kencing onta?

profile-picture
qulit.qulup memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mantap bener dah kyai maruf amin sang pembasmi penista agama emoticon-Wakaka
 Ma'ruf Amin Sebut Perguruan Tinggi Berperan Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah
yuuuuuks coba digiring ke ekonomi umat saja lebih jelas sasaran n sarkasnya emoticon-Cipok
Isi batok kepala lo cuma isinya kepentingan agama aja ya ruf? Situasi gini dri kemarin blunder terus argument lu sebagai wapres...

Wapres ape MUI sih lu? Eh iya lupa ban serep usangnya jokowow, mau dipake takut mletus, kaga dipake busuk di bagasi...

emoticon-Jempol
Diubah oleh longneversee
Makin kesini,ane No komeng takut dosa
Kalau gw mengkritik, apakah gw auto kadrun?
emoticon-Leh Uga

Diapusi embel2 toleransi mau?
emoticon-Leh Uga

Kalian mengkritik junjungan kalian sendiri? Pilihan kalian sendiri? Kalian autokadrun dong?
emoticon-Leh Uga

Dulu waktu pembagian otak nggak hadir? Nggak kebagian?
emoticon-DP
Diubah oleh maverick4ever
Menuju Indonesia BarokahπŸ‘πŸ˜Š. Sabar Ya Bonk
syariah bikin susah, banyak tuh penipuan berkedok syariah
subannalloh emoticon-EEK!


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di