CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebbdce928c9910e0b2c8f88/budaya-turun-temurun-masyarakat-madura-menyambut-sepuluh-hari-terakhir-bulan-ramadhan

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Ramadhan penuh berkah

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Kembali saya ceritakan tentang kuliner madura. Kemarin saya sudah bahas kuliner Madura berupa nasi jagung dan soto madura. Nah, kali ini ada sedikit berbeda, kuliner satu ini lebih spesial, karena hanya dibuat saat ramadhan saja.

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan


Di bulan ramadhan pastinya orang lebih suka yang segar-segar dan manis. Banyak jenis jajanan dan minuman manis yang mereka buru jelang buka puasa. Untuk yang satu ini tak peru kita buru, karena sebagian besar masyarakat madura membuatnya sendiri di rumah.

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Malam 21 Ramadhan atau yang orang madura sebut maleman salekor adalah malam pertama di 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Malam ini dijadikan momentum spesial bagi sebagian masyarakat madura. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk menyambut 10 hari terakhir bulan ramadhan, yang mana 10 hari tersebut merupakan hari-hari yang penuh dengan pahala di dalamnya. Tak hanya itu, di 10 hari terakhir bulan ramadhan terselip satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar.

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Masyarakat madura memiliki kebiasaan unik turun temurun dalam menyambut malam ke-21 di bulan ramadhan ini dengan cara membuat makanan Lopis dan mebagi-bagikan kepada tetangga terdekat, begitupun sebaliknya. Selain kepada tetangga momentum ini dijadikan kesempatan untuk bersilaturrahim kepada saudara-saudara jauhnya. Kebiasaan ini sudah melekat di kehidupan masyarakat madura.

Momentum ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah karena masih diberikan kesempatan bertemu dengan 10 hari terakhir di bulan ramadhan dan sebagai moment silaturrahim kepada sesama.


Lopis


Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Lupis atau Lopis (dalam bahasa madura) makanan khas Indonesia khususnya daerah Jawa yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang biasanya berbentuk segitiga atau lonjong seperti lontong.

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Lopis ini dihidangkan dengan taburan kelapa muda yang diparut dan kuah gula merah atau gula jawa. Manisnya gula jawa menjadikan lopis ini terasa nikmat legit, dab menjadi menu buka puasa yang sangat rekomended.

Bagi kalian yang suka manis-manis, makanan ini sangat pas untuk menemani buka pyasa kalian.

Budaya Turun Temurun Masyarakat Madura Menyambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Oh iya, ternyata makanan ini bukan hanya menjadi makanan yang dibuat di malam ke-21 di bulan ramadhan saja, karena beberapa orang juga menjualnya di hari-hari biasa.


Sumber : Opini pribadi
Pict. : Docpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh han766
Halaman 1 dari 2
waaah baru tau ternyata ada tradisi kek gini madura kalo menjelang lebaran ,sepertinya enaaak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
tiap idul fitri makan ginian klo lg di madura emoticon-Big Grin

tp yg panjang2 kyk lontong, sm aja sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Rasanya kaya apa gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Yang penting puacanya om.
Jan cibuk tladici tlus gak puaca.
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
10 terakhir ramadhan perbanyak beramal brayy, i'tikaf di mesjid sambil qiyamul lail, jgn lupa ada malam lailatul qadr juga. bukan malah makan makan bray emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi kangen waktu ramadhan gini setelah selasai sholat tarawih kumpul makan bareng sama tetangga komplek.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
gw pernah lama di madura, khususnya pamekasan. dan tradisi ini emang ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
asik ya gan tradisinya. sayang ada corona emoticon-Frown jadi kangen pulang ke kampung mak bapak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tradisi yg darkside nya ga disebutin gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lupis di tmpku selalu ada di pasar
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
haduuhhhh jadi pengin lopis eeeeyyy
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi lapar ini gan haduh gawat
profile-picture
profile-picture
han766 dan introvertpsycho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wew.. Jadi ngiler.. Bukaan nanti pake lupis ah. Dah lama gak makan lupis. emoticon-Ngacir2
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah lopis nih enak manis manis lengket gitu emoticon-Recommended Seller
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Susah nggak ya tapi gaaan
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Baru tau nih ada budaya begini, emang kayanya bagi beberapa orang 10 hari terakhir ramadan itu sakral ya
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Udah pernah gan?
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Waaaah keren, dijual atau buat dimakan sendiri gan?
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Wah gakpapa gan, daripada beli mending bikin sendiri ya
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Betulll dan rasanya pasti lebih jaminan enak
profile-picture
han766 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di