CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebbdac728c9910e0b2c8f74/nasi-sisa-sahur-jangan-dibuang-mending-dibuat-kerupuk-sego-untuk-cemilan-lebaran

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Jangan lupa, sebentar lagi lebaran. Meski lebaran kali ini tampaknya agak berbeda dari lebaran seperti biasanya lantaran wabah corona, tetapi jajanan, kue, beserta saudaranya di meja ruang tamu harus tetap ada, dong.

GanSis suka beli kue jadi atau bikin sendiri?

Bisa beli jadi, bisa bikin sendiri, ya, GanSis. Dan kali ini ane bakal berbagi resep kerupuk lebaran dari bahan yang cukup familiar di dapur.

Murah, mudah, dan dijamin enggak kalah lezat. Bikin nagih.

Nanti resep ini bisa GanSis coba di rumahnya masing-masing, itung-itung biar gak bosen puasa #dirumahaja.

Nama kerupuknya adalah kerupuk sego (sego berasal dari bahasa Jawa yang artinya nasi). Sebab bahan dasar dari pembuatan kerupuk ini memang adalah nasi.

Lebih tepatnya, nasi sisa. Biasanya habis kita sahur, kan, masih ada sisa nasi. Nah, daripada mubazir dibuang, mending kita olah jadi kerupuk.



Berikut bahan yang harus disiapkan:


1. Nasi sisa

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


2. Bawang putih

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


3. Ketumbar

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


4. Garam secukupnya

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


5. Tepung kanji

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!



Step by step dan cara membuat:


1. Nasi sisa direndam di sebuah wadah dengan air bersih selama sekitar 2 hari-an atau sampai benar-benar kering.

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


2. Usai direndam selama 2 hari, pisahkan nasi dari air, dan buang air bekas rendamannya.


3. Cuci sekali lagi hingga bersih dan hilang bau apeknya


4. Letakkan nasi di saringan beberapa menit sebelum dikukus

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


4. Siapkan bumbu berupa 5 siung bawang putih, ketumbar, dan garam secukupnya atau sesuaikan porsi

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


5. Tumbuk bumbu-bumbu tersebut sampai halus

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


6. Campurkan bumbu dan tepung kanji secukupnya ke dalam nasi

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


7. Aduk adonan hingga menyatu merata

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


8. Jika bumbu dan tepung sudah menyatu rata dengan nasi, maka segera kukus dengan waktu selama sekitar 1 jam atau kurang


9. Selesai, angkat nasi dari tempat pengukusan

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


10. Tunggu beberapa menit untuk mengurangi panas


11. Cetak tipis di atas karung bersih menggunakan alat apapun. Biar tidak lengket, baluri minyak pada alat yang digunakan untuk mencetak.

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


12. Bentuk bulat dan tipis

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


13. Jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering dan mengeras

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


14. Jika sudah keras, maka kerupuk sego siap digoreng

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


Goreng yuk, di minyak panas 😉

Begini, nih GanSis, hasilnya setelah digoreng 👇

Quote:


Quote:


Renyah, gurih, rasanya nendang, bikin nagih. Cocok untuk cemilan lebaran atau menemani menu buka puasa. Ini the real testimoni rasa dari ane.

Bisa ditambah taburan bumbu balado atau bumbu pedas lainnya. Makin nikmat 😋

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Bisa juga dimasukkan kemasan, lalu dijual, deh 😙

Yang awalnya hanya nasi sisa yang nyaris terbuang, kini bisa disulap jadi cemilan enak.

Btw, nasi sisanya bisa juga yang hampir basi, ya, Gansis.

Nah, mudah bukan cara membuatnya? Sekarang, jika ada nasi sisa, tidak perlu dibuang. Kasihan pak tani dan juga nasinya emoticon-Frown GanSis daur ulang, praktekkan sendiri di rumahnya masing-masing 😋

😎 Semoga resepnya bermanfaat.

emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel


___o0o___
Isi, narasi: opini & praktek pribadi.
Gambar: dokumentasi pribadi.


Spoiler for Berbagi Cendols:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 14 lainnya memberi reputasi
Enak bingit. Sila coba, GanSis emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pertamax dan enakk nih
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 13 balasan
kalo nyokap gw bilang, ini namanya gendar dan nyokap tiap taun selalu bikin gendar ini emoticon-Genit
Lihat 3 balasan
ih jadi kepengen dah aneee
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 3 balasan
jenenge karak nek gonaku kui
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kerupuk puli kalo di tempat ane bilangnya, kadang di toko tinggal bilang aja beli obat puli udah kelar
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu direndam 2 hari, ya?
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Di tempat saya namanya gendar wkwkw
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah enak gurih gurih ane juga demen sih sama kerupuk rambak begini, cocok buat nyemil kalau lagi iseng atau pas makan nasi gurih gurih kriuk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di