CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Mac Applications & Games /
CARA TEPAT TANGKAL PERETASAN AKUN ZOOM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebbd00a8d9b1716191daae1/cara-tepat-tangkal-peretasan-akun-zoom

CARA TEPAT TANGKAL PERETASAN AKUN ZOOM

Lebih dari 500rb akun Zoom dilaporkan telah dijual di dark web. Tidak hanya kata sandi dan nama pengguna juga dijual oleh para peretas.
Perusahaan keamanan siber IntSights menjelaskan pencurian ini disebebkan oleh pengguna user name  dan kata sandi yang sama dengan yang pernah digunakan di platform lainnya.
|Baca juga : Jurus peretas untuk Curi 500 Ribu Akun Zoom
Peretas mengumpulkan basis data kata sandi dan nama pengguna yang telah dicuri sejak tahun 2013. Kemudian peretas mencocokan kata sandi dan user name  tersebut dengan akun dan kata sandi di Zoom.
“Sayangnya, orang cenderung menggunakan kembali kata sandi. Saya setuju bahwa kata sandi dari 2013 mungkin bisa disebut sudah lama, tetapi beberapa orang masih menggunakannya”. Kata Maor seperti yang dikutip dari Venture Beat.

Oleh sebab itu, cara untuk menangkal pencurian data dengan modus ini adalah dengan mengganti kata sandi secara berkala.
Opdenakker mengatakan bahwa mencegah serangan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pengguna dan perusahaan. Akan tetapi, hal ini tidak akan mudah bagi perusahaan untuk mempertahankan diri dari serangan ini.
Dilansir dari Forbes, hal ini disarankan agar perusahaan bisa menerapkan berbagai kombinasi untuk menghindari penggunaan kata sandi atau user name yang sama demi menghindari serangan peretasan.
Untuk menanggapi pencurian 500 ribu akun Zoom, juru bicara Zoom mengeluarkan pernyataan yang menyatakan hal yang lumrah apabila sebuah layanan konsumen di we menjadi incaran peretas.
Zoom mengatakan peretas memanfaatkan informasi kredensial yang sudah dicuri dari plaform lain. Informasi yang telah dicuri ini digunakan untuk melihat apakah ornag telah menggunakan user name atau kata sandi yang sama di platform lain.
Zoom juga mengatakan saat ini mereka sedang terus menyelidiki dan mengunci akun yang terancam penyerangan peretas.
Nah, jadi untuk kamu yang sedang menggunakan Zoom diharap untuk terus waspada!

Sumber



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di