CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Kapal Sea Rider Dari HDPE Yang Di Klaim Anti Tenggelam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb7d70af7e9353fc1901fe/kapal-sea-rider-dari-hdpe-yang-di-klaim-anti-tenggelam

Kapal Sea Rider Dari HDPE Yang Di Klaim Anti Tenggelam


Maraknya kapal asing, terutama dari China yang masuk ke wilayah Indonesia di Natuna membuat banyak orang sadar bahwa perlu adanya tambahan kekuatan TNI Angkatan Laut  untuk melakukan penjagaan. Itulah mengapa perlu lebih banyak lagi kapal untuk menjaga kedaulatan perairan di Indonesia, mengingat negara kita terdiri dari ribuan pulau dan kaya akan biota laut.

Kapal Sea Rider Dari HDPE Yang Di Klaim Anti Tenggelam

Pada kesempatan pekan lalu saya bertemu dengan salah satu Engineer PT. Iqra Visindo Teknologi Baharika Dicky yang memperkenalkan salah satu produk kapal andalan mereka yang terbuat dari material HDPE di Tower 88 Kasablanka. Fisiknya memang kecil, namun siapa duga manuvernya sangat gesit dan mampu melesat dengan kecepatan 40 knot hanya dalam tempo singkat. Sea Rider adalah salah satu jenis kapal taktis yang dirancang untuk mampu beroperasi di perairan pantai, teluk dan perairan pedalaman sungai dengan fungsi utama sebagai kapal patrol cepat (Fast Patrol Boat) maupun sebagai pangangkut personel dan bekal logistic untuk kepentingan militer/taktis yang dilengkapi dengan alat navigasi dan komunikasi yang canggih.
Menurut Baharika Dicky, Engineer PT. Iqra Visindo Teknologi bagian sisi lambung kapal Sea Rider dikombinasikan dengan tabung/tube yang terbuat dari bahan jenis HDPE yang dipasang menyatu dengan lambung kapal yang juga terbuat dari HDPE dengan sistem sambungan pengelasan HDPE. Pada saat pembuatannya, Kapal HDPE tidak menghasilkan limbah atau debu sehingga ramah lingkungan, bahkan Material HDPE itu sendiri tidak beracun dan telah mendapatkan Seritifkasi Non Health Effect dari Laboratorium NSF Amerika.

Kapal Sea Rider Dari HDPE Yang Di Klaim Anti Tenggelam

Yang menjadi keunggulan kompetitif dari kapal HDPE ini adalah ringan dan tidak dapat tenggelam (Unsinkable). Dengan massa jenis 0,96 g/cm3 yang lebih ringan dari masa jenis air 1 g/cm3 membuat HDPE ringan dan mudah melakukan maneuver sehingga kapal tidak dapat tenggelam (Unsinkable). Serta berkat kemampuan ini, saat terjadi kecelakaan di laut, kapal bisa difungsikan sebagai "pelampung" darurat karena tetap mengapung di permukaan air. Selain itu, tambah Dicky lagi, kapal HDPE 100% bisa didaur ulang menjadi produk lain yang bermanfaat, sehingga tidak menghasilkan sampah.

Kapal Sea Rider Dari HDPE Yang Di Klaim Anti Tenggelam

BACA JUGA :Keunggulan Kapal Nelayan HDPE Anti Tenggelam, Tidak Mudah Pecah Serta Ramah Lingkungan


Dalam hal olah gerak, kapal Sea Rider memiliki kemampuan yang cukup optimal baik dari segi kecepatan, stabilitas pada saat lintas putar maupun kemampuan memecah gelombang perairan pantai. Dengan ketebalan lambung konstruksi yang ada kapal juga mampu meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin penggerak yang ada.
PT. Iqra Visindo Teknologi adalah sebuah perusahaan swasta yang menjadi pelopor lahirnya kapal berbahan HDPE di Indonesia dan sepenuhnya dimiliki sekaligus dioperasikan oleh anak bangsa. Salah satu contoh kapal HDPE buatan PT. Iqra Visindo Teknologi dan karya anak bangsa yaitu : 
Military Life Boat.
Interception Military Boat Rigid Bouyancy Boat (RBB).
Sekoci komandan yang dipergunakan untuk Armabar TNI AL.
Kapal Bintuni Tangguh untuk Polisi Air Papua Barat.

BACA JUGA : Inovasi Kubus HDPE Untuk Pembangunan Dermaga Apung

Kehadiran kapal Sea Rider HDPE ini tentu menjadi solusi terbaik bagi upaya menjaga kedaulatan Negara kesatuan Republik Indonesia, khususnya di perairan wilayah pesisir, danau, sungai dan wilayah pedalaman di Indonesia.

Diubah oleh JelaNdo


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di