CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Memulai 5 Bisnis Ini Tanpa Modal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb7a33c0cad76cb80a9cee/memulai-5-bisnis-ini-tanpa-modal

Memulai 5 Bisnis Ini Tanpa Modal

Memulai 5 Bisnis Ini Tanpa Modal
Di saat banyak orang berani melangkah menjadi seorang pengusaha, ada beberapa orang lainnya yang masih memikirkan, “Aku pengen membuka bisnis, tapi nggak punya modal.” Ya, memang bisnis tidak bisa dipisahkan dari yang namanya modal. Modal adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh calon pengusaha sebelum memulai sebuah bisnis. Tapi percaya atau tidak, modal itu nggak harus berupa uang. Lho, nggak percaya? Sini aku jelasin!
Memang modal sering kali diartikan dengan berapa banyak uang yang kamu miliki untuk memulai sebuah bisnis. Tapi bukan berarti kamu yang nggak punya modal uang tidak bisa membangun sebuah bisnis. Jika memang modal selalu berhubungan dengan uang yang dimiliki, pasti jumlah pengusaha nggak akan sebanyak sekarang. Pasti banyak pengusaha yang hanya akan menjadikan bisnis sebagai angan-angan belaka.
Kenyataannya di era yang serta teknologi ini, seseorang bisa memulai sebuah bisnis tanpa modal. Kamu bisa memanfaatkan apa yang saat ini kamu miliki seperti smartphone dan koneksi internet yang ada. Di zaman sekarang, internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan fasilitas yang kamu miliki ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka sebuah usaha.
Sebelum menjelaskan usaha apa saja yang bisa kamu lakukan tanpa memiliki modal, sebelumnya aku mau menjelaskan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis tanpa modal.
Mulai dari Sesuatu yang Kamu Bisa dan Kamu Suka
Seseorang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada manusia yang tidak memiliki kelebihan dan tidak ada manusia yang tidak memiliki kelemahan. Jangan katakan kamu tidak bisa melakukan apapun. Ingat, segalanya bisa dipelajari. Seseorang yang ahli dalam menggambar, pasti nggak tiba-tiba bisa menggambar begitu lahir ke dunia. Ia pasti belajar dan berlatih sebelumnya. Sekalipun orang tersebut memiliki bakat, jika tidak pernah diasah, bakat nggak akan ada gunanya.
Seseorang dikatakan berbakat karena bisa melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain. Aku yakin setiap orang yang terlahir di dunia ini memiliki bakat masing-masing. Ada yang memiliki bakat melukis, ada yang memiliki bakat menari, ada yang memiliki bakat menyanyi, ada yang memiliki bakat jualan dan masih banyak lagi.
Lalu apa bakat yang kamu miliki? Tidak ada? Beneran tidak ada? Jika tidak ada, berarti kamu harus belajar dan berlatih dari sekarang. Mulailah dari hal yang paling kamu sukai dan mampu untuk kamu lakukan secara berkelanjutan. Kenapa sih kita harus memulai dari sesuatu yang disukai?
Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘bekerjalah berdasarkan hobi, makan kamu akan bahagia’. Pekerjaan-pekerjaan yang berdasarkan hobi itu menjadi idaman banyak orang. Mengapa demikian? Karena dengan bekerja berdasarkan hobi seseorang bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan. Tentu ini jauh lebih mudah dibandingkan bekerja di bidang yang bukan hobi.
Berani Mengambil Risiko
Tidak ada bisnis tanpa risiko. Ketika seseorang memutuskan untuk berbisnis, berarti ia telah berani mengambil risiko. Di luar sana banyak orang yang tidak berani mengambil risiko. Sehingga ia tidak pernah bisa untuk memulai sebuah bisnis karena awal dari berbisnis adalah keberanian untuk mengambil risiko.
Ada beberapa jenis risiko dalam bisnis. Pertama, risiko strategi yang berhubungan dengan cara yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Kedua, risiko kepatuhan yang merupakan ketidakpastian terhadap peraturan yang ada. Ketiga, risiko operasional yang biasanya sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari seperti server error atau salah input data. Keempat, risiko finansial yang berhubungan dengan pembiayaan bisnis. Kelima, risiko reputasional yang berhubungan dengan nama baik bisnis.
Meski bisnis selalu berhubungan dengan risiko yang harus dihadapi, tetapi bukan berarti tidak ada solusi atau jalan keluar dari risiko-risiko yang ada. Bisnis adalah sesuatu yang dimulai dan segala permasalahan yang sebenarnya hanya akan muncul setelah bisnis dimulai. Jadi jika selamanya kamu takut mengambil risiko untuk berbisnis, ya selamanya kamu nggak akan pernah memulai bisnis.
Jangan Takut Gagal
Takut mengalami kegagalan adalah sifat yang sering dimiliki oleh manusia. Siapapun pasti pernah takut gagal. Meski banyak orang yang mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, tapi ketika itu terjadi dalam diri kita ternyata nggak semudah apa yang dikatakan oleh orang lain. Kegagalan sering membuat seseorang takut untuk mencoba dan pada akhirnya tidak mengalami kemajuan apa-apa.
Takut gagal itu wajar, namun bukan berarti kamu bisa mempertahankan perasaan seperti itu di dalam dirimu. Apalagi dalam berbisnis, takut gagal hanya akan membuat ide bisnis yang kamu miliki tidak menjadi kenyataan. Kegagalan memang bisa terjadi kapan saja, namun jika tidak pernah berani mencoba bagaimana tahu akan berhasil atau mengalami kegagalan?
Sama seperti berani mengambil risiko, dalam berbisnis seseorang juga harus siap mengalami kegagalan. Tapi percaya atau tidak sejatinya kegagalan itu dibagi menjadi dua. Kegagalan sementara dan kegagalan permanen. Kegagalan sementara adalah kegagalan yang seseorang alami namun dia masih mau mencoba lagi. Sedangkan kegagalan permanen adalah kegagalan yang dialami seseorang dan ia benar-benar menyerah. Jadi, selagi masih mau mencoba, masih ada jalan untuk sebuah kesuksesan.
Setelah mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis tanpa modal, sekarang kembali ke pertanyaan awal, bisnis apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal?
Bisnis yang Bisa Dimulai Tanpa Modal
Kamu seorang mahasiswa? Atau kamu seorang fresh graduate yang tidak memiliki modal untuk memulai binis? Jangan khawatir, karena ada beberapa bisnis yang bisa kamu mulai bahkan tanpa memiliki modal. Wah, apa saja?
Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membacanya di sini.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di