CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Titah Jokowi Fokus di Pulau Jawa Demi Hajar Corona Sebelum Hari Raya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb40beb41d300c6c56356e/titah-jokowi-fokus-di-pulau-jawa-demi-hajar-corona-sebelum-hari-raya

Titah Jokowi Fokus di Pulau Jawa Demi Hajar Corona Sebelum Hari Raya

Titah Jokowi Fokus di Pulau Jawa Demi Hajar Corona Sebelum Hari Raya
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Biro Pers Setpres)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanganan virus Corona fokus di Pulau Jawa. Jokowi ingin penanganan Corona di Pulau Jawa dilakukan efektif, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dirangkum detikcom, Selasa (12/5/2020), Jokowi menyebut 70 persen kasus positif virus Corona tertinggi ada di Pulau Jawa. Angka kematian tertinggi akibat Corona juga terjadi di Pulau Jawa.

"Berdasarkan data Gugus Tugas, 70 persen kasus positif itu ada di Pulau Jawa, kemudian juga dengan angka tertinggi kematian, 82 persen juga ada di Jawa," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui siaran yang ditayangkan akun YouTube Setpres, Selasa (12/5).

Jokowi meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 fokus menekan penyebaran Corona di Pulau Jawa. Jokowi menggarisbawahi waktu satu hingga dua minggu ke depan atau menjelang Lebaran.

"Untuk itu, saya meminta Gugus Tugas untuk memastikan pengendalian COVID-19 di lima provinsi Pulau Jawa itu betul-betul dilakukan secara efektif, terutama dalam satu-dua minggu ke depan ini," ujar Jokowi.

"Kesempatan kita mungkin sampai Lebaran itu harus betul-betul kita gunakan," sambung Jokowi.

BNPB Rekomendasikan PSBB se-Pulau Jawa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan perlu adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) se-Pulau Jawa. Pasalnya, mayoritas kasus positif dan angka kematian tertinggi virus Corona ada di Pulau Jawa.

"Ada 70 persen kasus yang di Pulau Jawa saja, (kasus) meninggalnya 82 persen, kemudian yang sembuhnya 56 persen. Kita memang perlu untuk melakukan penerapan pemberlakuan PSBB se-Jawa kelihatannya di sini," kata Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah, dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR, Selasa (12/5).

Harmensyah mengatakan belum seluruh daerah dengan kasus konfirmasi positif virus Corona menerapkan PSBB. Karena itulah, pihaknya merekomendasikan daerah dengan kasus konfirmasi positif tinggi menerapkan PSBB dengan dukungan dari daerah maupun pusat.

"Kalau kita lihat sekarang ini belum seluruh daerah menerapkan PSBB. Jadi kami merekomendasikan bahwa daerah yang tinggi angka kasus positif atau konfirmasi, direkomendasikan melaksanakan PSBB atas dasar inisiatif daerah. Tentunya dapat didukung oleh TNI-Polri dan seluruh stakeholder yang ada di daerah maupun pusat," ujar Harmensyah.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 8 lainnya memberi reputasi
Titah Jokowi Fokus di Pulau Jawa Demi Hajar Corona Sebelum Hari Raya
Titah Jokowi Fokus di Pulau Jawa Demi Hajar Corona Sebelum Hari Raya
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
katanya harus berdamai
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
Pak Jokowi,pak Menkes nya kmn kok jarang tampil di tengah wabah ini??emoticon-Traveller
profile-picture
suparijobingung memberi reputasi
Lah !!! PSBB NYA AJA LEBIH LUCU DARI SRIMULAT NGELAWAKNYA !!! 🤣🤣🤣

Ya wajarlah, yg merintah nya kang boong , yg diperintah nya kang nyunat !!!! ASU DAHLAH !!
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
Siaph laksanakeun. emoticon-Nyepi
kemaren katanya suruh damai,

berubah ubah mulu dah emoticon-Tai
Drama sinetron endingnya covid melambat psbb berhasil cihuyyyy
Lebaran udah mepet, gamungkin lawan wabah secepat itu 😅 Realistis aja sih drpd malah makin parah
Uda kliatan psbb gak efektif
Sebenernya di negara2 lain kayak malay/sg lockdown bisa efektif itu krn tingkat tes di masyarakatnya jg tinggi

Lah di indo uda orangnya bandel, yg ada pas alat tes habis malah dibilang kabar baik laporan per hari menurun

Harusnya fokusnya uda gimana biar tes makin menyebar rata kalo uda psbb

Psbb doang mah yg ada rakyat serasa digantung, ngerasa aman kagak tp takut jg enggak krn gak liat sendiri kasusnya di depan mata
Malah kelaparan iya, nekat rame2 lagi jg kan akhirnya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di