CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sedih Deh, Jajanan Tradisional Ini Makin Sulit Dicari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb2982facb953499472381/sedih-deh-jajanan-tradisional-ini-makin-sulit-dicari

Sedih Deh, Jajanan Tradisional Ini Makin Sulit Dicari

Sedih Deh, Jajanan Tradisional Ini Makin Sulit Dicari

Bagaimana Ya Nasib Jajanan Tradisional Sekarang?


Agan Sista, kalian semua yang lahir di era 90-an pasti inget banget dong bagaimana melimpah ruahnya jajanan-jajanan murah di masa kita? Di sekolah, sudah bertebaran penjual jajanan. Pulang ke rumah, lewat lagi tuh penjual jajanan. Sayang, dulu kita mesti ngambek dulu ke orang tua buat beli jajanan-jajanan itu ya. Giliran sekarang saat kita sudah punya uang sendiri, penjualnya udah susah dicari. BETE banget kan gan? Yuk, kita ingat-ingat lagi jajanan tradisional paling epik pada masanya! Check it out! emoticon-Ngacir2


1. Es Potong 


Spoiler for Jajanan Tradisional Paling Hits di masanya.:


Siapa yang belum pernah cobain es potong yang biasanya dibungkus plastik berlogo unyil ini? Cukup dengan harga Rp 500,- kita sudah bisa menikmati salah satu jajanan tradisional paling nikmat sepanjang sejarah.

Es potong ini biasanya terbuat dari santan, gula pasir dan susu kental manis. Beberapa penjual juga ada yang menambahkan berbagai toping seperti ketan hitam, kacang hijau, nangka dan masih banyak lagi. Kenikmatannya belum berhenti sampai disini. Es potong yang sudah ditusuk dengan tangkai dari bambu ini dicelup kedalam saus coklat yang langsung mengeras menyelimuti es potong. Emm, mungkin es potong ini adalah nenek moyang dari es krim Feast ya gan?emoticon-Ngakak


2. Rambut Nenek


Spoiler for Jajanan tradisional paling ‘ekstrim’ nih!:


Ini rambut bukan sembarang rambut gan. Agan Sista edisi millenial mungkin bisa pamer ke anak jaman sekarang kalau kita sewaktu kecil dulu punya hobi paling greget: cemilin rambut nenek sampai begah!

Walaupun punya nama yang serem, tapi begitu liat aslinya, ternyata jajanan ini bikin ngiler banget sob. Rambut nenek ini aslinya terbuat dari adonan gulali dari gula pasir dan dicampur tepung terigu, kemudian adonan ditarik hingga membentuk helai helai yang tipis. Kebayang kan betapa lelahnya penjualnya membuat rambut nenek ini? Kalau kita sih tinggal emut, langsung lumer deh di mulut. Yummy! 


3. Agar-Agar Hias


Spoiler for Jajanan tradisional yang simpel tapi unik.:


Jangan salah gan, walaupun agar agar ini jajanan paling simpel dalam list kita, tapi ini menjadi termasuk salah satu yang paling artsy. Sebelumnya ada yang kebayang gak sih untung buat gambar di agar-agar kaya gini?

Pokoknya, kalau sudah jam istirahat, lapak abang-abang agar hias adalah salah satu top list buat anak-anak SD nongkrong. Kalau dipersentasikan, hanya 40% yang beli agar-agar, 60%nya nontonin sambil makan jajanan yang lain. Dilema emang kalau kita beli agar-agar ini. Mau dimakan, rasanya sayang banget, terlalu manis untuk dikunyah. Instagramable banget!


4. Gulali


Spoiler for Jajanan tradisional paling rumit tapi manis.:


Jajanan penutup dari list ini. Anak-anak penikmat permen gulali adalah individu yang menikmati proses. Melihat bagaimana sebuah adonan gula panas, dibentuk sedemikian rupa melalui jari jemari pedagang, hingga akhirnya sampai di tangan kita dengan begitu indah. Mulai dari bentuk bunga, matahari, kupu-kupu, bahkan burung yang ekornya bisa kita tiup melalui ekornya. Penjual gulali ini biasanya membawa wajan yang didalamnya sudah terbagi 4 adonan gulali dengan warna yang berbeda tapi rasanya tetap sama dengan harga sekitar 500-1000 Rupiah.

Gulali dengan bentuknya yang indah serta rasanya yang manis memang meninggalkan memori tersendiri, terutama bekas jari-jari penjual yang melekat di gulali kita. Masterpiece!


Gimana Agan Sista, bikin kangen gak sih? Emang kadang kadang masih ada tuh abang-abang yang masih berjualan jajanan di atas, tapi jumlahnya udah sedikit banget. Yang masih bertahan sampai sekarang kayanya cuma telor gulung sama baso tusuk deh emoticon-Mewek
Yuk support jajanan tradisional kita biar gak lekang dimakan jaman!!! emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elanglangit25 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh madeinreaction
eh iya yaaa ko ane udh gapernah liat jajanan jajanan ini emoticon-Frown sama permen merah tu wkwkw
es potong ini legenda bangett suka banget waktu kecil makan es potong suka aja pas abangnya motong esnya gitu
Jadi pengen makanan sprt ini lagi. Tapi jarang ditemui skrg
Jaman ane dulu ada es goyang..biasa sih rasa vanila,coklat ama kcg ijo..

skrg udah syusyaaah nemu emoticon-Frown

Sedih Deh, Jajanan Tradisional Ini Makin Sulit Dicari


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di