CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Curhatan Bakul Kopi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebafcdd68cc9531f6284420/curhatan-bakul-kopi

Curhatan Bakul Kopi

Chapter 1 : Tuangan Pertama


Curhatan Bakul Kopi

Minum kopi bagi bangsa ini adalah sebuah ritual yang tidak bisa ditinggalkan. Ritual yang didukung oleh sebuah kenyataan yang tidak bisa disangkal bahwa negeri ini adalah surga kopi. Banyaknya region yang menghasilkan kopi kopi pilihan, entah itu Arabika, Robusta maupun Liberika. Dengan berbagai macam notes unik menyertainya.

Cara meminumnya pun penuh pesona. Entah sekedar nongkrong di teras atau pos gardu dengan semilir angin pedesaan, sampai di rapihnya bangku bangku kafe dengan segala perlengkapan perang barista di meja bar. Entah yang sekedar di tubruk ala Indonesia, sampai dengan hasil seduhan berbagai macam style brewing yang menjadikan brewer seakan dewa yang sedang beraksi menciptakan secangkir minuman surga.

Ya, kopi, minuman hitam yang keberadaan sulit dipisahkan dari kehidupan negeri ini, walaupun terkadang meminumnya adalah hanya sebagai sebuah life style yang diiringi dengam kebanggaan bila bisa terlihat update pengetahuan kopi di depan pacar. Tetapi kopi tetaplah sebuah bentuk cairan surga yang didalam setiap tetesnya mengalir doa doa petani kopi.

Ini bukan sebuah cerita emoticon-Mewek ini cuma kumpulan tulisan tentang kopi, yang terkadang diselingi resep resep, jadi janganlah agan semua berharap ada adegan seru kungfu macam IP Man, atau adegan romantis macam AADC meskipun di AADC ada adegan Rangga dan Cinta ketemu di kedai kopi yang kebetulan itu kedai kawan ane tempat syutingnya. Janganlah berharap ada adegan poligami macam Ayat ayat Cinta , atau adegan tabrakan lalu jatuh cinta seperti di FTV.
emoticon-Ngakak

Ini cuma tulisan membosankan yang ane tulis di balik kesibukan ane di meja bar sambil menunggu pengunjung yang tak kunjung datang di masa Covid ini.emoticon-Takut

Chapter 2 : Santos Brazil , Caramel Hazelnut


• Chapter 3: Arabika Colol, a Black Magic with Strawberry Candy



• Chapter 4 : Nikmatnya kopi Langkowa Celebes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lebah.coffee
Cafe agan udah ada "pembatasan jarak" belum ?
Begitu pula tata ruang tanpa AC, sebagai gantinya diganti tanaman mungkin ...
Karena sebetulnya .. kalau melihat tabiat anak milenial ('ngopi buat nebeng wifi, sehingga jarang ngobrol RL dengan teman/tamu cafe lainnya), asal ada pembatasan jarak, dan aliran udaranya lancar, kiranya masih aman-aman saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Chapter 2 : Santos Brazil, Caramel Hazelnut

Curhatan Bakul Kopi

Beberapa hari lalu kebetulan di sore hari yang syahdu, ane bongkar simpanan green bean Santos Brazil Natural. Biasanya ane gunain hanya untuk bahan blend espresso, tapi terbawa suasana sore yang syahdu sambil menunggu bedug berbuka yang tak kunjung datang, ingin meroasting untuk profile seduh yang berbeda. Jadilah sekilo bean menjadi kelinci percobaan dengan target roasting development 12 %.
Brum brum... menjelang bedug berbuka, kerjaan meroasting selesai...
Skip ....skip.... resting bean 3x24 jam.
Dan akhirnya... saatnya menyeduh pun tiba. Jreng jreng jreng....

emoticon-Kaskus Radio

Dengan iringan lagu layang kangennya Lord Didi (alm) yang begitu menusuk jiwa para pejuang eLDeeR , ane mulai menyiapkan semuanya.
emoticon-Games

• Brazil Santos Bean 15 gr
• V60 Ceramic Dripper by Tiamo
• V60 paper filter by Brewista
• Air 92° by Indomaret

Step pouring
• 1st pouring : 60 ml , clockwise spiral, 45s
• 2nd pouring : 50 ml, clockwise spiral, 45s
• 3rd pouring : 70 ml, medium central flushing, 45 s
• 4th pouring : 45 ml , bypass 45s

Mungkin banyak yang bingung kenapa metode brew ane berbeda, tetapi disinilah seninya dari pour over. Ada banyak cara yang bisa menampilkan notes yang berbeda pada secangkir kopi yang tersaji.

emoticon-Ultah

Dan jreng jreng jreng...srupuuuuttttt
Notes hazelnut yang diiringi bright sweetnya caramel memenuhi mulut ini...
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Diubah oleh lebah.coffee
ninggal jejak dulu gan. abis gawe balik lagi
profile-picture
lebah.coffee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bikin edukasi tentang kopi di IG, kasi branding yang bagus & jual aja literan kayak yang udah-udah viral itu
profile-picture
lebah.coffee memberi reputasi
Lihat 6 balasan
nonggol aja deh biar bisa nikmati kopi
profile-picture
lebah.coffee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Chapter 3 : Arabika Colol, a Black Magic in Strawberry Candy

Curhatan Bakul Kopi

Colol adalah sebuah wilayah di Manggarai Flores. Topografi berbukit bukit dengan ketinggian 1100- 1300 mdpl menjadikan wilayah ini tidak hanya indah secara landscape, tetapi juga memberikan kekayaan yang berupa kopi yang penuh sensasi.

Seperti jalanan yang berliku di pegunungannya, sejarah kopi di wilayah Manggarai Timur ini juga penuh liku. Diawali dengan penanaman pertama pada tahun 1920 oleh Belanda, lalu diikuti dengan munculnya sayembara oleh pemerintah kolonial Belanda di tahun 1937 yang dimenangkan oleh Bernadus Odjong melahirkan sejarah tersendiri untuk kopi Colol.
Sejarah tersebut sempat ternoda oleh peristiwa di kisaran tahun 70’an dimana terjadi pertentangan dengan pemerintah terkait dengan besarnya pungutan dari pemda kepada masyarakat yang mencapai 60% dan puncaknya adalah pembabatan tanaman kopi produktif hampir seluas 1000 Ha di wilayah Colol tanpa ganti rugi pada tahun 2003 yang berpuncak pada peristiwa “Rabu Berdarah” pada 2004 tidak mengurangi semangat masyarakat adat Colol untuk mengembangkan kopi mereka yang memang istimewa. Hal itu menghasilkan kopi yang bernilai kemudian hari.

Puncaknya, pada 2015 kopi Colol mampu menyabet penghargaan pada Kontes Kopi Indonesia tahun 2015 dan meraih penghargaan Gold Gourmet pada ajang AVPA Gourmet Product 2018 di Paris.
Saat ini produksi kopi Colol menembus 5000 ton/tahun dan terus berkembang.

Nah kali ini, ane mencoba menguliknya dengan metode pour over. Kira kira senikmat apa sih kopi seduhannya. So, yuk mari yuk kita siapkan alat tempurnya dulu

- Arabika Colol Natural Process Development Roast Profile 12%
- Hario V60 V01 Ceramic Dripper
- Brewista V60 Paper Filter

Langkah demi langkahnya nih….biar ga pada kepo. Btw disini ane memakai metode seduh yang biasa ane gunakan di kedai ane. Jadi mohon maaf lahir batin walau lebaran masih kurang berapa hari yak, kalau sedikit melenceng.

- Pouring pertama : 70 ml, clockwise spiral , 45 s
- Pouring kedua : 50 ml, clockwise spiral , 45s
- Pouring ketiga : 50 ml, central flushing , 45s
- Pouring keempat : 55 ml , clockwise spiral, 30 s

Dan sajikan di cangkir kesayangan agan, jangan diminum ya sebelum berbuka puasa hehehe.
Notes yang muncul adalah seperti perpaduan manisnya permen dengan stroberry yang cukup kuat. Aroma fruity nya pun cukup kuat, sedikit berbeda dengan kopi area Bajawa yang cenderung menampilkan notes Blackberry.
Diubah oleh lebah.coffee
Lihat 5 balasan
akoh ga bisa tnpa kopi.sehari minimal 5 gelas. maksimum..tak terbatas..
pdhl dokter dah blg " jgn mnum kopi" bodo amat ahh

gayo..is my fave..soft..
profile-picture
lebah.coffee memberi reputasi
Lihat 10 balasan
ga paham rasa jenis kopi , yang ane tau kopi paling enak adalah kopi hitam yang manis,, semanis drama korea versi comedy romance hahhaa
profile-picture
lebah.coffee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Chapter 4 :Nikmatnya kopi Langkowa Celebes

Curhatan Bakul Kopi

Langkowa, terletak di lereng gunung Lompo Batang, 2.5 jam perjalanan dari Makassar. Dusun yang terkenal dengan masjid megah di tengah hutan yang dibangun oleh Puang, pemilik 30 ha lahan kopi organik sejak tahun 2005, tidaklah jauh dari Malino.
emoticon-Traveller

Kopi dari daerah ini pernah memenangkan kompetisi lelang SCAI Microlot Coffee Auction 2019 di Bandung dengan score 8.46 setelah kerap kali masuk nominasi pada ajang yang sama sejak tahun 2015.
emoticon-2 Jempol

Nah, kali ini ane coba menyeduh bean dari daerah tersebut.
Btw, ane melakukan dua kali profiling pada kopi ini, yaitu 12% dan 14% development progress. Dua profil ini menghasilkan notes yang cukup berbeda dan unik dengan metode pour over. Lets begin it guys !
emoticon-Cool

• Arabika Langkowa Natural, 12% & 14% Roasting Dev
• Koka Albino by Pepeng Klinik Kopi Jogja
• Brewista 155 filter paper

Step by step yah
• Pouring 1 , 70 ml , Clockwise Spiral, 45s
• Pouring 2, 50 ml, Clockwise Spiral, 45s
• Pouring 3, 50 ml, Center Flushing, 30 s
• Pouring 4, 55 ml, Center Flushing, 30s

Dari dua jenis profil roasting yang berbeda tadi, setelah diseduh dan diseruput ternyata cukup terasa sekali perbedaannya.
emoticon-cystg

Bedanya seperti apa?
• Profil 12 % Rasa yang dihasilkan adalah perpaduan peach dengan caramel yang cukup bright. Fruity fragance cukup dominan.
• Profil 14 % Rasa yang dihasilkan adalah perpaduan caramel, almond dengan hint apel. Sementara aroma yang muncul justru adalah spicy.

Penasaran bukan dengan kopi ini? Cobain yuk
Diubah oleh lebah.coffee
Curhatan Bakul Kopi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di