- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Sejarah Singkat Scania Dan Logo Burung Meletnya,Dua Dekade Mengaspal Di Indonesia


TS
si.matamalaikat
Sejarah Singkat Scania Dan Logo Burung Meletnya,Dua Dekade Mengaspal Di Indonesia
Scania adalah salah satu produsen bus dan truk yang terkenal didunia gan sist,di Indonesia sendiri produk Scania bisa kita temui pada bus AKAP.Belakangan ini,produk Scania mulai diminati para pengusaha bus,walaupun memiliki harga yang mahal.Namun Scania mempunyai kualitas jempolan disegmen mesin truk dan bus besar.

Sumber
Yang unik dari Scania adalah logo burung meletnya yang terkenal,kalau gan sist pernah melihatnya dibody bus atau truk.Sudah dipastikan itu produk Scania
,disini ane akan ulas sejarah logo burung melet yang terkenal itu.
Sebelum mengupas logonya,mari kita mengenal sejarah singkat Scania.Scania AB (Aktiebolag) adalah perusahaan yang didirikan di Malmo,Skane,Swedia tahun 1891 (cukup tua juga ya gan sist).Scania sendiri merupakan hasil gabungan dari perusahaan Vabis,nama panjangnya Vagnsfabriksaktiebolaget i Södertälje (silakan cek google translate
).Vabis sendiri sama-sama bergerak dibidang otomotif,sama dengan Scania.Vabis sendiri awalnya fokus pada produksi truk,sebelum bergabung dengan Scania gan sist.

Sumber
Kemudian tahun 1960 Scania-Vabis bergabung dan diakuisisi oleh SAAB (Svenska Aeroplan Aktiebolaget),SAAB bukan perusahaan sembarangan gan sist.SAAB adalah produsen pesawat tempur dengan kualitas diatas rata-rata dan fitur safety paling baik pada masanya.Beberapa produk pesawat mereka yang terkenal adalah JA73 Viggen dan JA35 Draken,yang dirakit tahun 1960,bisa dilihat gambar dibawah ini.Selain pesawat SAAB juga sempat memproduksi mobil komersil pada masanya.

JA 35 Draken,pesawat rakitan tahun 1960 by SAAB
Sumber

Sumber
Sayang pada akhirnya SAAB snediri malah diakuisisi General Motors pada akhirnya.Setelah ditinggal SAAB,Scania sempat akan dikauisis oleh produsen lain yaitu Volvo dan MAN.Waktu itu bahkan Volvo tinggal menunggu persetujuan dari Uni Eropa,namun hal itu urung terlaksana.Karena Uni Eropa menilai akan ada monopoli penjualan produk,yang hanya akan dipegang satu pabrikan saja.
Setelah gagal diakuisisi,Scania melanjutkan usahanya dan mencoba berdiri sendiri.Hasilnya kita bisa lihat sekarang,dimana produk Scania bersaing ketat dengan Volvo dan MAN.Bahkan di Indonesia sendiri produk milik Scania lebih diminati daripada Volvo,terutama disegmen big bus.
Sekarang kita bahas logonya gan sist,burung melet milik Scania ini terinspirasi dari sosok Griffin.Hewan mitologi Yunani yang berkepala elang dan bertubuh singa
Kepala,kaki,setengah tubuh depannya elang.Sementara kaki dan bagian tubuh belakangnya adalah milik singa.
Logo Griffin juga menjadi lambang provinsi Skane didaerah Swedia bagian Selatan,nama Scania juga terinspirasi dari nama Skane ini.Jika kita perhatikan lebih lanjut,elang adalah simbol dari raja burung,sementara singa adalah rajanya hewan didarat (raja hutan).Perpaduan ini cukup pas menurut ane,dimana dua hewan ini menggambarkan keberanian dan keagungan.Cmiiw

Sosok Griffin
Sumber

Logo Provinsi Skane yang jadi inspirasi logo Scania
Sumber
Logo Scania yang digunakan saat ini adalah logo yang diciptakan tahun 1984, oleh Carl Fredrik Reuterswärd, Seorang pelukis dan pemahat patung dari Swedia.Menurut pendapat Carl,Griffin adalah simbol dari kekuatan,kecepatan, kewaspadaan dan keberanian.
Warna yang dipilih dalam logo tersebut,juga memiliki filosofi menarik.Dimana perpadian warna biru,merah,kuning dan putih.Melambangkan kualitas dari Scania seperti keunggulan,kemakmuran, presisi,tekad,prestise dan keanggunan yang hubungan kuat dengan profil Scania.

Sang pencipta logo Scania
Sumber

Logo Scania dari masa ke masa.
Sumber
FYI produk Scania sendiri masuk ke Indonesia awal tahun 2000-an gan sist,awalnya produknya digunakan sebagai mesin bus bagi beberapa PO.Gak tahu kenapa dulu pengusaha bus memilih produk Scania ini untuk aramada busnya,mungkin bisa jadi mereka sekadar iseng saja ingin mencoba produk impor dari luar negeri dwngan kualitas mumpuni.Untuk meningkatkan gengsi dan persaingan antar sesama PO bus di Indonesia,tapi keisengan itu malah berbuah manis.Dimana kualitas Scania disini berbicara,label mahal yang disandang sepadan dengan performa yang ditawarkan.
Tiga PO yang mempelopori merek Scania dulu adalah Kramat Djati,OBL (Safari Dharma Raya),Putra Remaja.Setelah itu banyak PO lain yang ikut mendatangkan chasis Scania ini,beberapa diantaranya adalah Harapan Jaya dan Nusantara.Awal kemunculannya Scania menawarkan seri K114 dan K124,yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

Scania milik OBL.
Sumber

Scania K114 milik mbak KD
Sumber
Karena animo yang tinggi dari pengusaha bus,United Tractor selaku perwakilan yang menjual
merek Scania di Indonesia.Terus mendukung Si Griffin dipasar bus dan truk Indonesia,dengan setia meghadirkan varian terbaru dari Scania.Selain itu,UT sendiri memiliki anak perusahaan yang sejak 2012 merakit sendiri beberapa varian mesin dan chasis dari Scania.Membuat harganya bisa sedikit lebih ditekan,walaupun sebenarnya dibilang masih cukup mahal dari produk saingannya,yaitu Mercy


Sumber
Untuk Scania K-series disegmen big bus Indonesia,sudah standart Euro 3 gan sist.
Sebenarnya kualitas solar kita sangat buruk,seperti yang pernah ane tulis dithread sebelumnya.Angka cetane yang rendah pada solar kita seringkali membuat filter bbm bus tersumbat,dan membuat performa mesin jadi tidak maksimal
Untuk menyiasati angka cetane yang rendah ini,Scania sudah menyiapkan dua buah filter sekaligus pada produk bus terbarunya.Hal ini dilakukan untuk merespon akan penerapan B30 dari pemerintah,dimana bbm akan dicampur sekitar 30% minyak kelapa sawit.Dua filter ini terdapat pada sasis dan mesin,agar mesin bus sanggup bekerja dengan optimal.
Untuk tipe jenis truknya tidak begitu banyak info yang ane dapat,karena jarang sekali menemui Scania yang dioperasikan sebagai truk.Hanya perusahaan bonafit dan pertambangan saja yang mau mengoperasikan truk merek Scania ini di Indonesia.
Beberapa tipe truk Scania yang ane tahu sperti seri P360,P460 LA,P250 LA,P410 CB.Barangkali ada yang mau menambahkan soal tipe truk milik Scania ini,silakan nanti coret-coret dibawah ya

Truk Scania P460LA.
Sumber
Harga truknya sendiri 11:12 sama harga busnya gan sist,kurang tahu lebih tepatnya berapa kalau untuk truk.Ane perkirakan sampai 9 digit angka harganya
(Cmiiw)
Ok sekian dulu sejarah singkat Scania dan perjalanannya menjelajah Eropa dan dunia,termasuk Indonesia.
Menjadi merek dengan label mahal dengan kualitas jempolan.Semoga tulisan ane bisa menambah wawasan buat kita semuanya,terkhusus dibidang otomotif.Sampai ketemu lagi gan sist

Sumber
Yang unik dari Scania adalah logo burung meletnya yang terkenal,kalau gan sist pernah melihatnya dibody bus atau truk.Sudah dipastikan itu produk Scania

Sebelum mengupas logonya,mari kita mengenal sejarah singkat Scania.Scania AB (Aktiebolag) adalah perusahaan yang didirikan di Malmo,Skane,Swedia tahun 1891 (cukup tua juga ya gan sist).Scania sendiri merupakan hasil gabungan dari perusahaan Vabis,nama panjangnya Vagnsfabriksaktiebolaget i Södertälje (silakan cek google translate


Sumber
Kemudian tahun 1960 Scania-Vabis bergabung dan diakuisisi oleh SAAB (Svenska Aeroplan Aktiebolaget),SAAB bukan perusahaan sembarangan gan sist.SAAB adalah produsen pesawat tempur dengan kualitas diatas rata-rata dan fitur safety paling baik pada masanya.Beberapa produk pesawat mereka yang terkenal adalah JA73 Viggen dan JA35 Draken,yang dirakit tahun 1960,bisa dilihat gambar dibawah ini.Selain pesawat SAAB juga sempat memproduksi mobil komersil pada masanya.

JA 35 Draken,pesawat rakitan tahun 1960 by SAAB

Sumber

Sumber
Sayang pada akhirnya SAAB snediri malah diakuisisi General Motors pada akhirnya.Setelah ditinggal SAAB,Scania sempat akan dikauisis oleh produsen lain yaitu Volvo dan MAN.Waktu itu bahkan Volvo tinggal menunggu persetujuan dari Uni Eropa,namun hal itu urung terlaksana.Karena Uni Eropa menilai akan ada monopoli penjualan produk,yang hanya akan dipegang satu pabrikan saja.
Setelah gagal diakuisisi,Scania melanjutkan usahanya dan mencoba berdiri sendiri.Hasilnya kita bisa lihat sekarang,dimana produk Scania bersaing ketat dengan Volvo dan MAN.Bahkan di Indonesia sendiri produk milik Scania lebih diminati daripada Volvo,terutama disegmen big bus.
Sekarang kita bahas logonya gan sist,burung melet milik Scania ini terinspirasi dari sosok Griffin.Hewan mitologi Yunani yang berkepala elang dan bertubuh singa

Kepala,kaki,setengah tubuh depannya elang.Sementara kaki dan bagian tubuh belakangnya adalah milik singa.
Logo Griffin juga menjadi lambang provinsi Skane didaerah Swedia bagian Selatan,nama Scania juga terinspirasi dari nama Skane ini.Jika kita perhatikan lebih lanjut,elang adalah simbol dari raja burung,sementara singa adalah rajanya hewan didarat (raja hutan).Perpaduan ini cukup pas menurut ane,dimana dua hewan ini menggambarkan keberanian dan keagungan.Cmiiw

Sosok Griffin

Sumber

Logo Provinsi Skane yang jadi inspirasi logo Scania

Sumber
Logo Scania yang digunakan saat ini adalah logo yang diciptakan tahun 1984, oleh Carl Fredrik Reuterswärd, Seorang pelukis dan pemahat patung dari Swedia.Menurut pendapat Carl,Griffin adalah simbol dari kekuatan,kecepatan, kewaspadaan dan keberanian.
Warna yang dipilih dalam logo tersebut,juga memiliki filosofi menarik.Dimana perpadian warna biru,merah,kuning dan putih.Melambangkan kualitas dari Scania seperti keunggulan,kemakmuran, presisi,tekad,prestise dan keanggunan yang hubungan kuat dengan profil Scania.

Sang pencipta logo Scania

Sumber

Logo Scania dari masa ke masa.
Sumber
FYI produk Scania sendiri masuk ke Indonesia awal tahun 2000-an gan sist,awalnya produknya digunakan sebagai mesin bus bagi beberapa PO.Gak tahu kenapa dulu pengusaha bus memilih produk Scania ini untuk aramada busnya,mungkin bisa jadi mereka sekadar iseng saja ingin mencoba produk impor dari luar negeri dwngan kualitas mumpuni.Untuk meningkatkan gengsi dan persaingan antar sesama PO bus di Indonesia,tapi keisengan itu malah berbuah manis.Dimana kualitas Scania disini berbicara,label mahal yang disandang sepadan dengan performa yang ditawarkan.
Tiga PO yang mempelopori merek Scania dulu adalah Kramat Djati,OBL (Safari Dharma Raya),Putra Remaja.Setelah itu banyak PO lain yang ikut mendatangkan chasis Scania ini,beberapa diantaranya adalah Harapan Jaya dan Nusantara.Awal kemunculannya Scania menawarkan seri K114 dan K124,yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

Scania milik OBL.
Sumber

Scania K114 milik mbak KD

Sumber
Karena animo yang tinggi dari pengusaha bus,United Tractor selaku perwakilan yang menjual
merek Scania di Indonesia.Terus mendukung Si Griffin dipasar bus dan truk Indonesia,dengan setia meghadirkan varian terbaru dari Scania.Selain itu,UT sendiri memiliki anak perusahaan yang sejak 2012 merakit sendiri beberapa varian mesin dan chasis dari Scania.Membuat harganya bisa sedikit lebih ditekan,walaupun sebenarnya dibilang masih cukup mahal dari produk saingannya,yaitu Mercy


Quote:

Sumber
Untuk Scania K-series disegmen big bus Indonesia,sudah standart Euro 3 gan sist.
Sebenarnya kualitas solar kita sangat buruk,seperti yang pernah ane tulis dithread sebelumnya.Angka cetane yang rendah pada solar kita seringkali membuat filter bbm bus tersumbat,dan membuat performa mesin jadi tidak maksimal

Untuk menyiasati angka cetane yang rendah ini,Scania sudah menyiapkan dua buah filter sekaligus pada produk bus terbarunya.Hal ini dilakukan untuk merespon akan penerapan B30 dari pemerintah,dimana bbm akan dicampur sekitar 30% minyak kelapa sawit.Dua filter ini terdapat pada sasis dan mesin,agar mesin bus sanggup bekerja dengan optimal.
Untuk tipe jenis truknya tidak begitu banyak info yang ane dapat,karena jarang sekali menemui Scania yang dioperasikan sebagai truk.Hanya perusahaan bonafit dan pertambangan saja yang mau mengoperasikan truk merek Scania ini di Indonesia.
Beberapa tipe truk Scania yang ane tahu sperti seri P360,P460 LA,P250 LA,P410 CB.Barangkali ada yang mau menambahkan soal tipe truk milik Scania ini,silakan nanti coret-coret dibawah ya


Truk Scania P460LA.
Sumber
Harga truknya sendiri 11:12 sama harga busnya gan sist,kurang tahu lebih tepatnya berapa kalau untuk truk.Ane perkirakan sampai 9 digit angka harganya

Ok sekian dulu sejarah singkat Scania dan perjalanannya menjelajah Eropa dan dunia,termasuk Indonesia.
Menjadi merek dengan label mahal dengan kualitas jempolan.Semoga tulisan ane bisa menambah wawasan buat kita semuanya,terkhusus dibidang otomotif.Sampai ketemu lagi gan sist

Sumber: opini,pengamatan dan pemikiran pribadi
Referensi: 1,2,3,4,5,6,7
Ilustrasi foto: blog otomotif,google image
Diubah oleh si.matamalaikat 12-05-2020 19:01






feraldi2001 dan 173 lainnya memberi reputasi
172
16.4K
204


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan