CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eba87e7a2d19539a35aa8c8/mudik-pulang-kampung-dilarang-silaturahmi-dalam-kota-boleh

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini memang terasa sangat berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Pandemi korona yang hampir menjangkiti seluruh negara di dunia jadi penyebabnya. Di Indonesia sendiri, sejak awal pemerintah sudah menghimbau masyarakatnya untuk tetap bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah saja. Meski sebagian masyarakat masih banyak yang tak mempedulikan himbauan tersebut.

Setali tiga uang dengan himbauan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah; sebagian masyarakat nampaknya juga kurang peduli dengan himbauan untuk tidak mudik ditengah pandemi. Himbauan pemerintah ini jelas dimaksudkan agar memutus mata rantai penyebaran virus dari kota, yang rata - rata sudah zona merah, ke kampung halaman masing - masing. Himbauan masih tidak mempan, pemerintah akhirnya membuat aturan tegas untuk melarang mudik, yang disertai dengan sanksi yang akan didapat oleh masyarakat yang nekat mudik.

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
Penyekatan dilakukan oleh aparat di ribuan titik untuk menghalau para pemudik yang nekat mudik. Bagi mereka yang melewati check point dan ketahuan akan mudik, mereka dihalau oleh petugas untuk putar balik ke kota asal. Meski beberapa diantaranya masih mencari - cari cara agar tetap bisa pulang kampung dengan melewati jalur tikus yang tak terpantau petugas. Hal ini tambah diperumit lagi dengan banyaknya oknum yang menawarkan pengantaran mudik menggunakan kendaraan pribadi dengan biaya yang terjangkau. Meski beberapa tetap terpantau petugas, lebih banyak lainnya yang tetap bisa tiba di kampung halaman.

Belum lagi pemudik yang lebih dulu pulang kampung sebelum aturan larangan mudik diterapkan. Mereka yang sudah pulang kampung duluan ini jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan ribu orang. Padahal, sesampainya dikampung halaman pun mereka juga belum tentu diterima oleh masyarakatnya, karena dikhawatirkan menularkan virus. Di banyak tempat, pemudik di isolasi terlebih dahulu sebelum benar - benar di ijinkan bertemu dengan keluarganya. Ada yang di isolasi di rumah berhantu, di tengah sawah, bahkan ada yang di kucilkan di dekat kuburan. Semua dilakukan demi memberi contoh kepada yang lain agar tak mudik dulu, jika tak ingin diperlakukan seperti itu dikampung halaman.

Alasan tak ada pekerjaan, bahkan tak ada lagi biaya untuk bertahan hidup dikota jadi salah satu penyebab mereka tetap ngeyel untuk pulang kampung. Dikampung mereka bisa berkumpul bersama keluarga. Menurut mereka, untuk urusan makan lebih mudah diusahakan jika berkumpul dengan keluarga. Padahal dengan mudik, bahaya penyebaran virus mengintai anggota keluarga mereka. Orang yang kelihatan segar bugar dan sehat belum tentu ia tak membawa virus. Bisa saja sebenarnya dalam dirinya terdapat virus dan kemungkinan bisa menularkannya kepada anggota keluarga yang lain.

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
Jika untuk mudik ke kampung dilarang, lalu bagaimana dengan mudik skala lokal dalam satu kota yang sama? Ternyata pemerintah tidak melarang mudik skala lokal seperti ini, meski dengan pembatasan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Jika memang alasan penyebaran virus jadi satu - satunya alasan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus, seharusnya pemerintah berpikir cermat untuk juga melarang kegiatan silaturahmi yang saat ini bisa dilakukan dengan cara lain, melalui media online misalnya. Bukankah meski mudik lokal juga berpotensi untuk menyebarkan virus? Sebagaimana yang kita tahu, kepatuhan masyarakat Indonesia memang terbilang masih rendah. Dilarang saja masih banyak yang ngeyel, apalagi kalau di bolehkan.

Apalagi momen lebaran kali ini pasti bakalan banyak masyarakat yang saling mengunjungi saudara - saudaranya untuk bersilaturahmi. Dengan tidak dilarangnya kegiatan yang berpotensi membuat kerumunan seperti ini bukan tak mungkin kasus positif akan semakin meningkat paska lebaran. Hal yang sama sekali tak kita inginkan. Apalagi pemeritah sudah optimis korona akan segera bisa diakhiri dan semua kembali berjalan normal. Namun jika kebijakannya justru membuat hal sebaliknya, rasanya optimisme tersebut hanya jad angan - angan saja. Semoga saja pemerintah arif dan tak pilih kasih dalam membuat kebijakan. Melarang mudik ke kampung berarti juga harus melarang mudik lokal yang sama - sama berpotensi menyebarkan virus.


Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Opini Pribadi




Spoiler for Jangan Di Scan..:

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Spoiler for :


profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 26 lainnya memberi reputasi
Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
PertamaxforTS

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
profile-picture
profile-picture
Oshirai.kaze dan adeutut memberi reputasi
Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
profile-picture
adeutut memberi reputasi
ga bisa mudik dan silaturahmi langsung krn psbb diwilayah penyangga jkt diperpanjang gan, lwt sosmed palingan.
emoticon-No Hope

yg ke tmp ibadah tp positif covid-19 aja ttp ngeyel ga mau dirawat apa lg yg pulang kampung krn covid-19, tp dilematis jg gan krn kebanyakan pekerja yg dirumahkan atau di phk.
utk makan sehari2 aja mereka bingung(bagi yg ga ada tabungan), ini diminta utk tidak pulkam tp ga ada uang dan bantuan sama jg bohong.
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
adeutut dan powerpunk memberi reputasi
Quote:


Ini seperti simalakama..
Dilarang mudik spy nggak nyebar virus tp di sisi lain di ibukota sdh nggak ada kerjaan..
Semoga korona cepat berlalu..

emoticon-Nyepi
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?

Kata mbah kakung suruh silaturahmi online emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
adeutut dan powerpunk memberi reputasi
inget, lebaran tanpa salam salaman gan ,hiks kok sedih yaaa
profile-picture
profile-picture
adeutut dan powerpunk memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Silaturahmi ke rutan boleh kan? Ane pengen ditengokin keluarga & pacar2 ane dong emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
adeutut dan powerpunk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Manut sama mbah kakung aja..

Silaturahmi onlen, salamannya onlen jugak..

profile-picture
profile-picture
adeutut dan Betjanda memberi reputasi
Quote:


Lebih sedih lg yg nggak bisa mudik, demi memutus mata rantai penyebaran virus Gan..

emoticon-Mewek
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kemaren kita sempet bukber keluarga besar loh
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
yg penting d bwh umur 45 kn.
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Gak lama lagi juga ada aturan baru lg. Makin pusing dah emoticon-Traveller
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Quote:


Ditahan dulu Gan..
Yg nggak boleh itu kerumunannya bukan silaturahminya..

emoticon-Big Grin
Quote:


Simalakama sih kebijakan ini..
Siapa yg menjamin usia di bawah 45 punya imun kuat,..
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pro-kontra selalu tercipta, karena tidak ada istilah "benar" ataupun "salah" secara mutlak bagi logika
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Quote:


Berat nih bahasanya..


emoticon-2 Jempol
Diubah oleh powerpunk
yg penting kalo udah demam mah mending ga usah kemana mana

Mudik Pulang Kampung Dilarang, Silaturahmi Dalam Kota Boleh?
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Quote:


Kalau bisa sih, biarpun sehat nggak usah kemana2..
Tp apa daya dapur harus tetep ngebul..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di