CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
mengenang permainan jaman dahulu sebelum ada gadget
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eba842b5cf6c44a7716f0ff/mengenang-permainan-jaman-dahulu-sebelum-ada-gadget

mengenang permainan jaman dahulu sebelum ada gadget

halo gan n sist 
apa kabar kalian semua, semoga kita semua di beri kesehatan di pasca pandemi covid 19. amin yra emoticon-Blue Guy Smile (S)
 kali ini ane mau sedikit posting permainan di jaman ane kecil, mungkin di antara para suhu suhu kaskus pernah mengalami kejayaan permainan tradisional jaman dulu. emoticon-Angkat Beer
langsung aja gan ane mulai membuka satu satu apa aja permainan jaman dulu yang bisa menyatukan teman teman kita sewaktu kecil

1.PETAK UMPET
gan n sist pasti ingat permainan tradisional Indonesia ini? Permainan ini sering dimainkan ketika masa kanak-kanak. Ya, petak umpet memang permainan yang sangat populer tak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Permainan petak umpet dimainkan oleh minimal dua orang tapi lebih banyak lebih ramai. Saat bermain, ada satu orang yang harus jadi kucingnya. Dia berhitung mulai dari satu sampai dua lima. Setelah teman-temannya bersembunyi, yang menjadi kucing harus menemukan teman-temannya tersebut. Kalau salah satu temannya yang bersembunyi itu berhasil menyerang sarang si kucing, berarti dia harus kembali berjaga dan menjadi kucing. Permainan ini berakhir jika semua temannya berhasil ditemukan oleh si anak yang menjadi kucing tersebut. 

2.CONGKLAK
Ternyata permainan congklak yang kita sangka berasal dari Indonesia, aslinya merupakan permainan yang dibawa oleh pedangan Arab. Selain dari Arab, ada juga yang menyebutkan bahwa permainan tradisional Indonesia masa kanak-kanak ini berasal dari Mesir. Permainan ini sudah dimainkan dari 15 abad sebelum masehi. Di negara kita, permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan zaman dulu. Congklak dimainkan dengan menggunakan papan congklak yang terbuat dari kayu atau plastik menggunakan bermacam-macam biji asem atau biji kuwuk kerang. Biji-bijian itu akan diputarkan untuk mengisi lubang-lubang pada papan congklak. Seseorang dinyatakan menang jika dia bisa mengambil semua biji asem atau kuwuk kerang milik lawan 


3.GOBANG SODOR
Permainan tradisional Indonesia ini melibatkan banyak orang. Masih ingat dulu masa kanak-kanak betapa serunya saat main gobang sodor? Permainan ini dimainkan oleh dua tim. Tiap tim anggotanya paling minimal berjumlah tiga orang. Gobang Sodor akan semakin seru jika dimainkan oleh banyak orang. Tempat bermainnya berupa lapangan yang diberi garis kotak-kotak. Satu tim yang main harus bisa melewati pemain yang sedang jaga di garis kotak-kotak. Skor dihitung jika tim yang bermain bisa melewati semua pemain yang jaga dan kembali ke tempat asalnya tanpa tersentuh oleh tim yang berjaga. 

4.LOMPAT TALI
Masih ingat keseruan main lompat tali di masa kanak-kanak? Permainan tradisional Indonesia ini biasanya dimainkan oleh tiga orang minimal dengan alat permainannya berupa tali yang disusun dari karet gelang. Yang bermain harus bisa melewati tali yang dipegang oleh anak yang berjaga dengan ketinggiannya dimulai dari selutut sampai akhirnya melebihi kepala atau disebut merdeka. Jika pemain berhasil melewati semua ketinggian, dia dinyatakan menang. 


5.EGRANG
Serunya bermain egrang yang terbuat dari bambu ini karena pemain harus bisa berjalan dengan menaiki egrag. Biasanya permainan tradisional Indonesia ini dilombakan oleh anak-anak dengan cara berkompetisi siapa yang paling cepat jalannya ketika menggunakan egrang. Yang paling cepat dialah yang pemenangnya. 


6.BOLA BEKEL
buat sist masih ingat cara bermain bola bekel? Permainan tradisional Indonesia ini membutuhkan bola bekel dan biji kuwuk kerang. Mudah sekali cara bermainnya, cukup pantulkan bola bekel lalu ambil biji kuwuk itu satu per satu dan naik jumlahnya menjadi dua-dua dan seterusnya. Jika bola terlepas atau biji kuwuk tak berhasil diambil maka permainan dinyatakan gagal dan giliran bermain diberikan pada lawan. Pemenang adalah pemain yang berhasil mengambil seluruh biji kuwuk tersebut dalam satu tangkapan di tahap terakhir.


7.BANCAKAN
Untuk memainkan permainan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat ini diperlukan genting dan bola. Yang berjaga disebut ucing. Dia harus menyusun genteng dengan benar saat pemain yang lain bersembunyi. Ucing harus mencari teman-temannya yang bersembunyi dan saat berhasil menemukan temannya itu, dia harus berteriak bancakan sambil menginjak batu. Ucing akan terus berjaga jika teman-temannya yang bersembunyi berhasil merobohkan susunan genteng.


itulah 7 permainan tradisional yang kelak buat kenangan kita bisa ceritain ke anak dan cucu kita kelak.
sekian dulu thread dari ane semoga bisa menjadi hiburan buat agan n sist
silahkan coment buat agan n sist thanks udah mampir ke marih.emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
jieretronizerz dan yuki26 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di