CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Outdoor Gear /
Tips Merawat Sepatu Safety
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eba280f65b24d47bd2e836d/tips-merawat-sepatu-safety

Tips Merawat Sepatu Safety

Tips Merawat Sepatu SafetySepatu safety akan awet dan tahan lama jika Anda melakukan perawatan dengan baik. Sebaliknya, jika Anda tidak benar dalam merawat sepatu safety, maka sepatu Anda tidak akan bertahan lama. Banyak yang belum mengetahui cara merawat sepatu safety dengan baik dan benar sehingga sepatu safety cepat rusak sebelum waktunya.

Perawatan sepatu safety cukup berbeda dengan perawatan sepatu-sepatu yang lain pada umumnya. Dalam perawatannya, harus memperhatikan aspek fungsinya sebagai alat pelindung. Berikut tips-tips untuk merawat sepatu safety Anda, agar lebih awet dan memaksimalkan fungsinya.


Menyimpan dengan Benar

Sepatu safety harus disimpan pada tempat yang kering dan suhu sedang karena bahan dasarnya terbuat dari kulit. Jika diletakkan pada tempat yang lembab, maka kulit akan mudah menjamur dan akan cepat jebol. 

Penyimpanan pada suhu sedang juga bertujuan agar bahan karet pada bagian bawah sepatu tidak cepat rusak karena pemanasan suhu, misalnya karena sering ditaruh di bawah cahaya matahari langsung.

 

Penyemiran Secara Teratur

Penyemiran sepatu secara teratur sangat penting dalam perawatan sepatu safety. Apabila sepatu jarang disemir maka akan tampak kotor dan dekil. Anda pasti tidak mau menggunakan sepatu yang dekil dan kotor untuk pergi kerja. Selain itu, sepatu akan cepat rusak dan jebol bila terlalu lama dalam keadaan dekil dan kotor. Dalam menyemir, sebaiknya menggunakan conditioner atau semir khusus sepatu safety agar menjaga minyak alami pada bahan kulit sepatu safety.

Setelah menyemir, gulung sepasang kaos kaki lama atau kain lembut seukuran bola tenis dan gunakan kain tersebut untuk mengkilapkan sepatu. Untuk menghilangkan goresan kecil pada sepatu safety, usap lembut sepatu kulit Anda dengan kain basah dan biarkan sepatu mengering. 

Jika terdapat goresan, maka pakaikan semir sesuai dengan warna sepatu Anda untuk menutupi goresan tersebut, gosokkan secara perlahan.


Teknik Mencuci

Ketika mencuci sepatu safety, pastikan Anda menggunakan deterjen yang bersifat lembut. Apabila Anda membersihkan sepatu dengan deterjen yang bersifat keras, maka bahan pewarna sepatu safety akan pudar sehingga membuat warna sepatu jadi lentur dan tidak pantas untuk dipakai. Bahkan, untuk sepatu safety berwarna putih tetap harus dicuci dengan deterjen yang lebih lembut. 

Selain dengan deterjen, Anda dapat memakai pasta gigi atau shampo mencucinya. Sikat sepatu secara rata supaya kulitnya tidak rusak dan tahan lama.


Mengatasi Jamur

Apabila sepatu safety telah menjamur, maka gunakan pembersih semprot khusus. Semprotkan secara merata kemudian sikatlah sisi yang berjamur dengan sikat halus seperti sikat gigi. Jangan terlalu keras dalam menggosokkannya agar warna sepatu tidak pudar. Selanjutnya, nyalakan kipas angin dan biarkan hingga spray khusus tersebut mengering.

 

Cara Menjemur

Jemurlah sepatu safety pada terik matahari yang tidak terlalu panas selama 7 hingga 11 menit. Sepatu safety tidak dianjurkan terlalu lama terkena panas karena dapat berdampak pada kerusakan bahan sepatu, khususnya sepatu safety dari metal dan karet. 

Pada saat menjemur, Anda harus menaruh ganjalan pada sepatu pelindung supaya bentuk sepatu tidak berubah atau kusut. Kulit sepatu mudah berubah bentuk dan kusut karena air dan panas. Bahan ganjalan yang dapat Anda pakai adalah kain kering yang bersih, busa, spons, atau gabus.

 

Menjaga Agar Tetap Kering

Jangan sekali-kali Anda menggunakan sepatu safety dalam kondisi kaki basah. Kaki yang basah bisa cepat menebarkan bakteri dan kuman secara cepat. Jika bakteri dan kuman telah berkembang, maka sepatu safety akan cepat bau dan dapat mengakibatkan penyakit kulit. Maka dari pakailah sepatu dalam keadaan kaki kering dan sepatu dalam keadaan kering pula. Jika Anda dalam kondisi terburu-buru maka lap terlebih dahulu kaki basah Anda dengan handuk kering sebelum memakai sepatu.

Terlalu sering memakai sepatu safety saat kaki basah bisa menyebabkan sepatu menjadi sangat bau. Untuk mengatasinya, maka kaki Anda harus betul-betul kering saat menggunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih supaya tidak ada bakteri dan kuman yang terbawa. 


Menghilangkan Bau

Untuk menghilangkan bau Sepatu safety Anda bisa memakai semprotan khusus sepatu (shoes spray). Cara penggunaannya yaitu dengan menyemprotkan pewangi pada luar dan dalam sepatu. Biarlah selama 10 menit supaya cairan pewangi mengering dan melekat pada lapisan sepatu. Setelah 10 menit, maka Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri.

 

Mengatasi Sisi Yang Terkelupas

Apabila sisi sepatu sudah ada yang mengelupas atau copot, maka Anda bisa merekatkan kembali dengan memakai lem sepatu. Jangan sampai memakai lem lain seperti lem besi, lem kayu, atau lem PVC karena akan mengakibatkan kerusakan bagian sepatu dan sambungan yang dibentuk tidak kuat.



Perawatan pada Outsole dan Insole

Periksa outsole sepatu safety Anda seminggu sekali untuk melihat tanda-tanda adanya retakan, keausan, atau adanya benda tajam atau benda asing yang tertanam pada sol. Jika ada benda tajam atau benda asing yang tertanam pada sol, segera bersihkan/hilangkan karena dapat mengurangi performa sepatu safety Anda.

Jangan mengubah insole tanpa sepengetahuan safety officer karena mungkin komponen tersebut memiliki fitur anti statis. Hindari juga menempatkan sock liner/orthotics tambahan pada sepatu tanpa konsultasi dengan produsen sepatu.


Sepatu safety akan awet dipakai jika Anda merawatnya dengan cara yang benar. Lakukan tips-tips di atas agar sepatu safety Anda lebih tahan lama dan performa sepatu dalam menahan dampak bahaya berfungsi dengan optimal. 





Diubah oleh slophisticated


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di